Sukses

Bak Anime, 10 Ras Kucing Ini Miliki Mata Besar

Liputan6.com, Jakarta - Selain warna bulu atau jenis bulu, keunikan lain pada kucing yang menonjol adalah ukuran matanya. Kucing dengan mata besar sangat lucu, dan beberapa memiliki penampilan bak kartun anime.

Ras kucing dengan mata besar termasuk ras yang sudah dikenal, seperti Persia yang cantik atau Tonkinese serta Singapura yang miliki tubuh lebih eksotis.

Mata merupakan salah satu cara kucing berkomunikasi. Ukuran pupil, kedipan mata, tatapan mata-semuanya merupakan tanda potensial tentang pikiran kucing kamu dan tindakan yang akan dilakukannya.

Secara medis, ras kucing bermata besar memiliki fungsi yang sama seperti kucing lainnya. Namun, dari beberapa ras yang memiliki mata besar seperti, Persia dan Burmese lebih rentan terhadap katarak. Semua kucing, apa pun rasnya, dapat mengalami katarak di usia tua mereka. 

Mengutip The Spurce Pets, Kamis (1/12/2022), berikut 10 ras kucing yang miliki mata besar:

 

1. Cornish Rex

Sering muncul dalam daftar kucing berbulu keriting atau kucing hipoalergenik, Cornish rex memiliki kepala berbentuk segitiga yang membuat posisi dan ukuran matanya yang berbentuk oval menonjol. Mata dari ras ini sering berwarna emas, hijau, biru, coklat, dan hazel.  

 

2. Devon Rex

Mirip dengan Cornish rex, Devon rex juga terkenal karena bulunya yang keriting. Ras ini juga memiliki mata besar berbentuk oval yang memberikan tampilan luar biasa.

Tubuhnya yang ramping membuat mata dan telinga terlihat besar. Kucing dengan bulu keriting ini sering kali memiliki warna mata aqua, dan kucing dengan bulu colorpoint sering kali memiliki mata biru yang indah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 9 halaman

3. Singapura

Salah satu kucing terkecil juga merupakan ras kucing dengan mata yang paling besar. Singapura, yang berasal dari jalanan Singapura, adalah ras kucing terkecil yang terdaftar di The International Cat Association (TICA).

Kucing ini terkenal karena matanya yang besar, ekspresif, dan penuh kasih sayang, serta sifat yang menyenangkan.

Mata Singapura yang berbentuk seperti almond ini biasanya berwarna cokelat, hijau, atau kuning. Mata yang besar dan terbuka lebar merupakan karakteristik dari ras ini.

3 dari 9 halaman

4. Sphynx

Biasanya ras ini dikenal karena kulitnya yang tidak berbulu, sphynx juga dikenal karena tatapannya yang menarik dan ekspresinya yang hampir mirip manusia.

Mungkin karena kurangnya bulu pada tubuh mereka, sphynx akan menarik perhatian kamu dengan matanya yang besar dan berbentuk unik.

4 dari 9 halaman

5. Persia

Miliki wajah yang kecil dan datar, mata bulat dan penuh menonjol pada ras kucing yang tampak eksotis.

Persia juga dikenal memiliki mata berwarna biru cerah, hijau, atau tembaga yang memberikan kontras yang indah dengan bulu mereka yang panjang dan halus. 

5 dari 9 halaman

6. Scottish Fold

Ciri yang paling khas dari Scottish Fold mungkin adalah telinganya, yang tampak terlipat dan rata dengan kepala.

Namun yang tidak boleh diabaikan adalah Scottish Fold memiliki mata yang bulat dan besar, memberikan kucing ini tampilan yang lucu dan klasik. 

6 dari 9 halaman

7. Burmese

Ciri khas yang oleh semua kucing Burmese adalah mata bulat besar berwarna hijau bercahaya atau emas berkilau.

7 dari 9 halaman

8. Tonkinese

Selain memiliki mata yang besar dan bulat, kucing ini memiliki warna mata yang eksotis seperti aqua, biru langit, ungu, dan emas. Ras satu ini merupakan hasil persilangan antara Burmese dan Siamese, yang memiliki warna bulu yang mencolok dan gen yang bervariasi. 

8 dari 9 halaman

9. Abyssinian

Abyssinian adalah kucing yang tampak eksotis karena berbagai alasan, tidak sedikit dari mereka memiliki mata yang besar dan ekspresif.

Menariknya, kucing ini memiliki mata berbentuk almond yang cukup unik di dunia kucing. Mata kucing ini memiliki sudut bersudut yang khas dan tidak berbentuk bulat seperti kebanyakan ras kucing bermata besar.

 

9 dari 9 halaman

10. Ocicat

Unik dalam penampilannya yang mirip macan tutul, ocicat memiliki mata yang besar dan berbentuk almond. Lebar mata mereka biasanya lebih lebar mata ras lain. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS