Sukses

Kerap Tidak Disadari, Ini 10 Manfaat Minum Air Hangat Bagi Kesehatan

Kita semua sadar akan pentingnya air minum. Setiap manusia perlu minum setidaknya 7 hingga 8 gelas air setiap hari untuk menghidrasi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Kita semua sadar akan pentingnya air minum. Setiap manusia perlu minum setidaknya 7 hingga 8 gelas air setiap hari untuk menghidrasi tubuh.

Meskipun kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi air biasa, para peneliti telah menunjukkan bahwa minum air hangat memiliki beberapa manfaat eksklusif untuk kesehatan Anda.

Melansir Boldsky Rabu (11/23/2022), menurut pengobatan Tiongkok dan India kuno, memulai hari dengan segelas air hangat membantu memulai sistem pencernaan dan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Minum air hangat dapat meredakan hidung tersumbat dan bahkan dapat membuat Anda merasa rileks.

Air hangat adalah pengatur tubuh alami dan meminumnya bisa menjadi langkah mudah untuk menjalani hidup sehat. Minum air hangat membantu meningkatkan sirkulasi darah, membersihkan saluran hidung, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan kekebalan tubuh Anda.

Minumlah air hangat setelah makan atau minumlah tiga atau empat kali setiap minggu, secara teratur. Banyak orang minum air hangat sebagai obat kesehatan holistik, di mana hal itu dilakukan hal pertama di pagi hari atau tepat sebelum tidur untuk kesehatan yang optimal.

Selain itu banyak manfaat kesehatan lainya yang ditawarkan dari mengonsumsi air hangat sebagai berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membantu Pencernaan

Minum air hangat membantu menenangkan dan mengaktifkan saluran pencernaan Anda. Saat air hangat melewati perut dan usus Anda, organ-organ pencernaan terhidrasi dengan lebih baik dan mampu menghilangkan limbah dengan cepat. Selain itu, air hangat juga bertindak sebagai pelumas yang menjaga pencernaan Anda tetap berjalan.

2. Menyembuhkan sembelit

Masalah perut umum yang berkembang karena kelangkaan air dalam tubuh, sembelit disebabkan ketika endapan tinja di usus mengurangi pergerakan usus.

Konstipasi membuat buang air besar menjadi sulit dan kadang-kadang bisa sangat menyakitkan. Minumlah segelas air hangat saat perut kosong di pagi hari untuk meningkatkan pergerakan usus dan menyembuhkan sembelit. Minum segelas air hangat akan membantu usus untuk berkontraksi dan mengeluarkan limbah lama dari tubuh.

3. Meredakan hidung tersumbat

Uap dari air panas dapat meredakan sakit kepala sinus. Menghirup uap ini dalam-dalam akan melonggarkan sinus yang tersumbat dan karena Anda memiliki selaput lendir di seluruh leher Anda, minum air hangat akan mencegah penumpukan lendir.

 

3 dari 4 halaman

4. Menenangkan Sistem Saraf

Minum air hangat dapat membantu menenangkan sistem saraf pusat Anda dan melumasi tubuh Anda. Dengan sistem saraf yang berfungsi dengan baik tanpa masalah, tubuh Anda akan berkurang rasa sakit dan nyeri.

5. Membantu penurunan berat badan

Minum air hangat membantu memecah timbunan lemak dari tubuh dan membantu dalam penurunan berat badan. Saat minum air hangat, tubuh Anda menurunkan suhu internal Anda, meningkatkan metabolisme Anda.

Minumlah segelas air panas atau hangat dengan lemon atau madu atau keduanya, setelah makan. Lemon memiliki serat pektin yang mengontrol keinginan makan dan sangat ideal untuk orang yang sedang menjalani diet alkali.

6. Meningkatkan sirkulasi darah

Air hangat membantu memecah timbunan lemak dan endapan yang menumpuk di sistem saraf. Hal ini, pada gilirannya, meningkatkan sirkulasi darah dalam sistem Anda karena air hangat membantu organ peredaran darah Anda untuk berkembang dan membawa darah lebih efektif ke seluruh tubuh Anda.

 

4 dari 4 halaman

7. Menghilangkan Racun

Minum air hangat membantu mengeluarkan semua racun berbahaya dari tubuh, sehingga membersihkan sistem Anda. Ketika Anda minum air hangat secara teratur, sistem endokrin tubuh Anda akan aktif dan menyebabkan Anda berkeringat. Hal ini membantu dalam menyingkirkan racun dan menghilangkannya dari tubuh.

8. Meredakan rasa sakit

Minum air hangat meningkatkan aliran darah ke jaringan, memungkinkan otot-otot untuk rileks. Hal ini dapat membantu dengan semua jenis rasa sakit dari nyeri sendi hingga kram menstruasi. Jika Anda mengalami sakit perut, sakit kepala atau nyeri tubuh, minumlah segelas air hangat untuk mendapatkan bantuan instan.

9. Mengelola stres

Jika Anda merasa stres akhir-akhir ini, minumlah air hangat untuk meredakan stres Anda. Kortisol adalah hormon stres yang menyebabkan stres pada Anda. Efek air hangat membuat otak Anda rileks dan menenangkan Anda, sehingga mengurangi tingkat stres Anda.

10. Mengurangi nyeri haid

Salah satu manfaat utama lainnya dari minum air hangat adalah dapat membantu mengurangi kram menstruasi. Panas air menghasilkan efek menenangkan dan menyejukkan pada otot-otot perut, sehingga meredakan kejang dan kram.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.