Sukses

5 Tanaman Hias yang Cocok untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mental

Liputan6.com, Jakarta - Mengelola kesehatan mental bisa menjadi tindakan penyeimbangan yang sulit. Terlebih lagi berbagai problem dalam hidup seperti persahabatan, percintaan, pekerjaan, dan keluarga nampaknya bisa memengaruhi otak kita.

Ternyata mendekorasi rumah dengan tanaman tertentu dapat membantu mengalahkan kesedihan dan membuat kalian tetap bahagia dan sehat. Ada penelitian berkelanjutan yang menunjukkan bahwa tanaman dalam ruangan tidak hanya memurnikan udara, tetapi juga memiliki efek menenangkan pada suasana hati, tingkat stres, dan tekanan darah kalian.

Kita semua tahu, bagaimana stres bisa melemahkan, membuat kalian sama sekali tidak memiliki energi. Itu karena tanah tanaman mengandung "outdoorphins" yang merupakan antidepresan alami.

Dengan cara ini, setiap tanaman rumah yang umum dapat meredakan ketegangan otot dan peningkatan aktivitas jantung. Kesehatan mental kita bergerak naik dan turun sesuai dengan keadaan hidup, gaya hidup, dan stres yang kita alami.

Karena itu kita menghadapi masalah mental yang serius seperti depresi atau kecemasan. Di sisi lain, kita memiliki kondisi kesehatan mental yang positif. Di sini tanaman memainkan peran penting dalam mencapai kesehatan mental yang diinginkan.

Bahkan para ilmuwan telah menunjukkan bahwa paparan lingkungan naturalistik, seperti yang memiliki banyak dedaunan, memiliki efek regeneratif untuk tubuh.

Dan efek regeneratif ini dapat diperoleh hanya dengan menambahkan beberapa tanaman di tempat kerja dan rumah kalian. Tidak hanya terlihat indah, tetapi mereka juga hadir dengan banyak manfaat lainnya. Mengutip dari laman Unlimited Greens, Selasa (22/11/2022) berikut lima tanaman hias yang cocok untuk  kebutuhan kesehatan mental:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 6 halaman

1. Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bagus untuk menyembuhkan luka di permukaan dan penyakit kulit, tetapi juga memurnikan udara dari iritasi yang dapat memengaruhi sistem pernapasan kita dan memicu perasaan stres dan tidak nyaman.

Lidah buaya juga merupakan tanaman yang kuat yang dapat memurnikan udara di sekitar kalian. Ini tidak sama dengan filter udara, tetapi dapat membantu mendetoksifikasi udara Anda dari bahan kimia berbahaya. 

Tanaman ini juga sangat direkomendasikan untuk masalah yang berhubungan dengan kulit dan juga digunakan sebagai pengganti banyak produk kosmetik.

3 dari 6 halaman

2. Flamingo Lily

Flamingo lily yang megah adalah tanaman tahunan yang menghasilkan bunga-bunga subur dan indah serta daun yang besar dan mengkilap. Ini bukan tanaman hias untuk penggemar pemula dan membutuhkan pendekatan sentuhan tinggi untuk menjaga kesehatan.

Perhatian dan kesabaran dengan flamingo lily akan dihargai dengan bunga-bunga yang indah. Tanaman ini memurnikan rumah kita dari racun yang terbawa udara seperti formaldehida, amonia, toluena dan xilena, yang dapat berdampak pada kesehatan fisik dan mental kita.

Bunga flamingo lily membutuhkan kelembapan yang cukup tinggi, sehingga merupakan tambahan yang bagus untuk ekosistem tanaman hias dengan tanaman yang menambah kelembapan udara. 

4 dari 6 halaman

3. Melati

Keharuman melati yang cantik tidak harus disediakan untuk bunga yang kalian lihat di luar ruangan. Melati juga dapat tumbuh subur sebagai tanaman hias dalam ruangan. Aroma bunganya memiliki efek menenangkan dan merupakan pilihan yang bagus bagi mereka yang berjuang dengan kecemasan, insomnia atau kualitas tidur yang buruk. Ini adalah tanaman lain yang sangat bagus ditaruh pada samping jendela di kamar tidur Anda.

5 dari 6 halaman

4. Lavender

Aroma Lavender yang lembut dan harum adalah favorit bagi para ahli aromaterapi dan bukan tanpa alasan. Lavender terkenal dapat mengurangi stres dan biasanya diresepkan oleh dokter untuk pasien yang bergulat dengan kecemasan.

Kalian dapat mencoba meninggalkan tangkai lavender dalam vas dekoratif di samping tempat tidur kalian atau menyimpan pot kecil tanaman lavender di kamar mandi. Aromanya yang menenangkan akan membanjiri kamar mandi ketika berinteraksi dengan uap dari pancuran kalian.

6 dari 6 halaman

5. Tanaman Giok

Tanaman giok menyerupai tampilan bonsai karena hampir terlihat seperti pohon kecil. Semak-semaknya yang lebat dapat membawa lebih banyak nuansa luar ruangan ke rumah kalian yang nyaman.

Tanaman ini juga memiliki bakat untuk membersihkan udara dari polutan dalam ruangan yang berasal dari cat dan produk pembersih, yang mengandung bahan kimia yang dapat membuat kita merasa stres dan tidak sehat.

Tanaman ini membutuhkan jadwal penyiraman yang sedikit lebih intensif daripada tanaman lain. Pastikan kalian menyimpan potongan dari hasil tunas-tunas dapat tumbuh dengan sendirinya dan bisa menjadi hadiah yang bagus untuk orang yang kalian cintai.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS