Sukses

6 Negara Juara Piala Dunia Saat Jadi Tuan Rumah

Berikut enam negara tuan rumah yang berhasil memanfaatkan keuntungan tersebut untuk menjadi juara Piala Dunia

Liputan6.com, Jakarta - Piala Dunia menjadi turnamen sepak bola terakbar di jagat raya. Setiap negara yang berpartisipasi dipastikan tampil maksimal untuk merebut gelar juara.

Hal ini yang membuat menebak juara satu edisi Piala Dunia sulit dilakukan. Banyak faktor yang bisa menentukan hasil turnamen.

Status sebagai tuan rumah harusnya membuat suatu tim punya keuntungan besar dibanding para pesaing. Mereka tidak butuh banyak adaptasi karena sudah mengenal medan pertempuran.

Namun, status tuan rumah juga punya dampak negatif. Beban yang ditanggung semakin berat karena harus menjawab ekspektasi publik yang memberikan dukungan penuh.

Dilansir dari Sportycious, Selasa (22/11/2022), berikut enam negara tuan rumah yang berhasil memanfaatkan keuntungan tersebut untuk menjadi juara Piala Dunia:

1. Uruguay Tahun 1930

Uruguay memulai kampanye Piala Dunia 1930 dalam situasi yang sedikit aneh. Pertandingan pertama mereka melawan Peru ditunda selama tidak kurang dari lima hari karena stadion belum sepenuhnya dibangun.

Uruguay memenangkan pertandingan itu dengan skor 1-0, tetapi tetap saja itu adalah penampilan yang buruk menurut para penggemarnya. Di semifinal Piala Dunia 1930, Uruguay mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 6-1 dan bertemu Argentina, di final yang mengalahkan Yugoslavia dengan margin yang sama di semifinal lainnya.

Pada 30 Juli 1930, tuan rumah Uruguay bertemu dengan teman-teman Amerika Latin, Argentina dan memenangkan pertandingan dengan skor 4-2 saat Guillermo Sabile pencetak gol terbanyak turnamen mencetak gol.

Jules Rimet yang merupakan Presiden FIFA ketiga mempersembahkan trofi Piala Dunia kepada Presiden Asosiasi Sepak Bola Uruguay, Raul Jude.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Italia Tahun 1934

Di Piala Dunia berikutnya, Italia mengulangi apa yang dilakukan Uruguay pada tahun 1930. Pada pertandingan putaran pertama, Italia berhasil mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 7-1.

Italia bertemu Spanyol di perempat final dan pertandingan berakhir dengan skor 1-1. Oleh karena itu, untuk pertama kalinya dilakukan pertandingan ulang dan Italia mengalahkan Spanyol dengan skor 1-0 dalam pertandingan itu dan kemudian mengalahkan Austria dengan selisih yang sama di semifinal untuk mencapai final.

Di final, Italia bertanding melawan Cekoslowakia. Italia tertinggal 0-1 dari Ceko hingga 80 menit pertandingan dan kemudian melakukan comeback yang luar biasa dengan terlebih dahulu mencetak gol penyeimbang untuk mendorong permainan ke perpanjangan waktu dan kemudian mencetak gol kemenangan pertandingan.

3. Inggris Tahun 1966

Anehnya, Inggris hanya mencetak empat gol di Piala Dunia ini selama babak penyisihan grup dan hanya kebobolan satu gol, karena mereka lebih handal dalam bertahan daripada menyerang.

Inggris memenangkan perempat final melawan Argentina dengan skor 1-0 di tengah kontroversi karena pers Argentina menjuluki gol tunggal tersebut sebagai 'perampokan abad ini'.

Di semifinal, Inggris mengalahkan Portugal dengan skor 2-1 untuk bertemu Jerman Barat di final. Pertandingan benar-benar didominasi oleh tuan rumah hingga menit ke-82, tetapi kemudian Jerman Barat melakukan comeback, tetapi akhirnya Inggris memenangkan satu-satunya Piala Dunia mereka hingga saat ini dengan skor 4-2.

3 dari 4 halaman

4. Jerman Barat Tahun 1974

Sekali lagi, negara tuan rumah memenangkan Piala Dunia setelah tuan rumah lainnya memenangkan Piala Dunia terakhir, seperti yang dilakukan Uruguay dan Italia pada tahun 1930-an.

Jerman Barat bertekad sejak awal saat mereka menghancurkan semua jalan di babak penyisihan grup, tetapi kemudian tetangga mereka saat itu, Jerman Timur, mengalahkan mereka dalam permainan yang tidak memengaruhi kualifikasi Jerman Barat untuk putaran kedua, tetapi mereka tetap direndahkan.

Di babak final, Jerman Barat bertemu Belanda dan dalam waktu dua menit setelah pertandingan John Neeskens mencetak gol pertama dari tendangan penalti. Jerman Barat menyamakannya dengan penalti lain dan kemudian Gerd Muller mencetak gol kemenangan.

5. Argentina Tahun 1978

Ini adalah ketiga kalinya secara berturut-turut negara tuan rumah memenangkan Piala Dunia FIFA. Tapi itu sama sekali tidak mudah bagi Argentina, karena mereka berada dalam grup yang sulit bersama Italia, Hungaria dan Prancis dan berada di urutan kedua dalam grup mereka.

Di babak kedua hanya tersisa satu tempat untuk perempat final, yang bisa diambil oleh Argentina atau Brasil dan Argentina-lah yang berhasil melakukan pekerjaan itu dengan meronta-ronta Peru dengan skor 6-0.

Di babak final yang dimainkan di Buenos Aires, Argentina mengalahkan Belanda dengan skor 3-1 di babak perpanjangan waktu dengan Mario Kempes dan Daniel Bertoni mencetak gol-gol yang diperlukan. Ini adalah satu-satunya kemenangan Argentina di Piala Dunia hingga saat ini.

4 dari 4 halaman

6. Prancis Tahun 1998

Setelah jeda 20 tahun, Prancis yang menjadi tuan rumah Piala Dunia tahun itu menjadi juara utama. Prancis mengalami beberapa ketakutan, tetapi mereka berhasil mengalahkan Paraguay dengan skor 1-0 di babak perpanjangan waktu dan kemudian mengalahkan Italia dengan skor 4-3 pada adu penalti di perempat final.

Kroasia bertemu Prancis setelah mengalahkan Jerman dalam hasil yang mengejutkan. Prancis mengalahkan Kroasia dengan skor 2-1 untuk bertemu Brasil di final.

Pada 12 Juli, Prancis bertemu Brasil dan gol Zidane membuat Prancis menang 2-0. Meskipun Prancis dikurangi menjadi 10 orang di babak kedua, Brasil gagal memanfaatkannya dan Emmanuel Petit mencetak gol ke-3 untuk memberi Prancis kemenangan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.