Sukses

8 Lagu KPop dengan Sentuhan Rock yang Rilis di 2022, Ada Favoritmu?

Khususnya tahun ini, cukup banyak lagu KPop yang dirilis memiliki elemen rock di dalamnya.

Liputan6.com, Jakarta - Seiring perkembangan waktu, musik KPop terus menyebar dan dikenali banyak orang. Bahkan bagi orang yang bukan seorang penggemar KPop, tidak jarang pasti mengetahui dan mendengarkan setidaknya satu atau dua judul lagu KPop.

Penyebaran musik KPop yang semakin meluas ini mendorong para pencipta lagunya untuk mulai bereksperimen dengan genre lagu yang dibawakannya. Motivasi ini pun mulai dimanfaatkan grup-grup KPop untuk merilis musik dengan elemen yang berbeda dan unik.

Umumnya, setiap penyanyi atau grup akan memilih satu genre tertentu yang akan menjadi ciri spesifik dari lagu yang mereka bawakan. Ini dilakukan untuk menunjukkan kesan bahwa saat penggemar mendengarkan lagu tersebut, mereka akan langsung mengetahui kalau lagu itu dinyanyikan oleh mereka.

Namun, tidak jarang juga grup KPop merilis lagu-lagu yang berbeda genre dalam satu album mereka. Meskipun begitu, untuk lagu utama yang mereka bawakan biasanya akan condong terhadap satu genre yang selalu mereka gunakan saja.

Beberapa genre umum yang biasa digunakan dalam musik KPop di antaranya adalah ballad, hip-hop, R&B, sampai genre trot Korea. Semua genre ini memiliki ciri khas musik asal Korea.

Melansir dari 90 Day Korean (18/11/2022), musik tradisional Korea memiliki akar yang panjang dalam sejarah Semenanjung Korea secara keseluruhan dan akan selalu tetap menjadi khas Korea.

Di samping genre yang biasa dibawakan tersebut, beberapa tahun terakhir ini banyak juga grup yang mengadopsi genre rock dan metal.

Beberapa grup KPop awalnya memang selalu memiliki elemen rock dalam lagunya sebagai identitas, tetapi ada juga grup lain yang menyanyikan lagu genre tersebut dengan cara mereka.

Khususnya tahun ini, cukup banyak lagu KPop yang dirilis memiliki elemen rock di dalamnya. Melansir dari Kpopmap, berikut ini beberapa lagu KPop bergenre rock terbaik yang rilis tahun ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Blessed-Cursed - ENHYPEN

Dirilis dalam album Dimension: Answer, lagu "Blessed-Cursed" tidak sepenuhnya memiliki elemen rock. Namun, petikan gitar dalam lagu ini memberikan jalan bagi irama drum dan bass elektronik yang konsisten.

Vokal para member Enhypen pun membuat lagu ini tambah menakjubkan saat dibawakan di atas panggung. Meskipun mereka sudah melakukan debutnya dua tahun lalu, grup ini membuktikan diri mereka mampu membawa setiap konsep lagu dengan nyaman.

3 dari 9 halaman

2. Test Me - Xdinary Heroes

Jika sebagian grup mengadopsi elemen rock ke dalam lagunya sebagai sesuatu yang baru, berbeda dengan Xdinary Heroes. Band di bawah asuhan JYP Entertainment ini dari awal telah memegang genre rock sebagai identitas lagunya.

Dalam lagu mereka yang berjudul "Test Me," misalnya, Xdinary Heroes memanfaatkan suara rock asli dan mengombinasikannya dengan vokal setiap anggota. Tidak jarang mereka melakukan cover lagu grup lain dan mengubahnya ke dalam genre rock band.

4 dari 9 halaman

3. TOMBOY - (G)I-DLE

Pada comeback pertamanya tahun ini, girl group KPop (G)I-DLE menggebrak panggung musik KPop dengan lagu "Tomboy." Tidak hanya adiktif, lagu ini terbukti banyak digemari banyak penggemar musik KPop setelah terus mendapatkan peringkat pertama di setiap acara musik di Korea Selatan.

Terlepas dari kenyataan bahwa (G)I-DLE belum pernah membuat musik seperti ini sebelumnya, instrumental dan vokal para member di dalam lagu memberikan kesan yang sempurna. Koreografi yang mereka gunakan pun menambahkan nilai penampilan mereka di atas panggung.

5 dari 9 halaman

4. ZERO - DRIPPIN

"Zero" tergolong sebagai lagu terbaik yang dirilis oleh boy group Drippin tahun ini. Elemen rock yang dikeluarkan dalam lagu ini diketahui menjadi salah satu pengaruhnya.

Meskipun dasar dari lagu ini merupakan beat trap yang terkesan adiktif, iringan shredding gitarnya yang kasar turut menambah sentuhan liar yang dibutuhkan lagu tersebut. Para penggemar mereka pun senang dengan lagu comeback mereka tahun ini.

6 dari 9 halaman

5. Run BTS - BTS

Lagu yang satu ini bukan termasuk title track, melainkan lagu B-Side dari BTS yang baru-baru ini sedang viral melalui Run BTS Challenge di media sosial. Lagu ini mendapatkan banyak perhatian karena para artis dan grup di bawah agensi HYBE turut serta meramaikan tantangan tersebut.

Hal yang menarik dari lagu ini adalah cara BTS mengombinasikan genre hip-hop dan rock dalam satu lagu. Petikan gitar grungy yang menjadi instrumental dalam lagu ini menjadi salah satu sorotan utamanya, membuat lagu ini terkesan catchy.

 

7 dari 9 halaman

6. VISION - DREAMCATCHER

Dreamcatcher merupakan girl group KPop yang identik membawakan lagu bergenre rock. Mereka tampak terampil dalam membawakan lagu dengan konsep dark di setiap comeback-nya.

Mereka membawakan lagu "VISION" untuk comeback-nya tahun ini. Tidak hanya memiliki lirik yang kuat dan makna yang mendalam di baliknya, iringin instrumental shredding gitar juga terus mengiringi sepanjang lagu.

8 dari 9 halaman

7. Good Boy Gone Bad - TXT

Selain menjadi salah satu boy group generasi empat terpopuler, TXT juga mampu membuat lagu yang dibawakannya terkesan unik dan memiliki identitas. Grup pimpinan Soobin TXT ini ahli dalam menggunakan elemen musik yang beragam dalam lagu mereka.

"Good Boy Gone Bad" merupakan title track untuk comeback mereka tahun ini. Lagu ini diisi oleh instrumental kombinasi antara gitar dan drum conga sebagai dasarnya. Vokal mereka pun turut mendukung konsep gelap yang mereka gunakan dalam video klip.

9 dari 9 halaman

8. RING ma Bell (what a wonderful world) - Billlie

Girl group KPop Billlie, termasuk sebagai grup yang biasa menyanyikan lagu dengan genre yang unik. Contohnya dalam comeback terakhir mereka pada tahun ini, Billlie membawakan lagu pop rock dengan judul "RING ma Bell (what a wonderful world)".

Diiringi instrumental shredding gitar yang konsisten dan monoton mengeluarkan kreasi lagu pop rock yang orisinil. Mereka membawakan lagu ini seolah hanya mereka yang bisa menyanyikannya sehingga terkesan memiliki ciri khas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.