Sukses

Seperti 1899, 4 Film Ini Berlatar di Atas Kapal dan Penuh Misteri

Liputan6.com, Jakarta - Kemarin pada Kamis, 17 November 2022, layanan media streaming terkenal Netflix baru saja merilis serial terbaru mereka berjudul 1899.

Serial 1899 diciptakan oleh Jantje Friese dan Baran bo Odar, filmaker dari Jerman yang juga membuat serial Dark (2017-2020).

Serial 1899 bercerita mengenai sebuah kapal uap migran bernama Kerberos yang sedang dalam perjalanan ke kota New York, Amerika Serikat.

Para penumpang yang menaiki kapal tersebut membawa banyak harapan dan impian mereka untuk memulai kehidupan yang baru.

Namun, perjalanan yang awalnya normal dan biasa saja berubah secara tak terduga ketika menemukan kapal migran lain bernama Prometheus, yang selama ini telah dilaporkan hilang selama 4 bulan di laut lepas. Seketika perjalanan para penumpang ke tanah penuh janji tersebut berubah menjadi mimpi buruk yang mengerikan.

Sama seperti Dark, serial 1899 juga kental akan unsur misteri yang akan membuat para penonton bertanya-tanya kebingungan.

Mulai dari misteri hilang tak berbekasnya para penumpang kapal Prometheus yang berjumlah lebih dari 1.400 orang, kematian yang mendadak mulai kerap terjadi di kapal Kerberos setelah menemukan kapal Prometheus, hingga masalah-masalah pribadi yang dimiliki para penumpang kapal Kerberos sehingga memilih pergi untuk membuat kehidupan yang baru.

Selain itu, hal unik dari serial yang terdiri dari 8 episode ini adalah latarnya, yakni tahun 1899 di kapal migran di tengah-tengah laut.

Nah, buat kalian yang tertarik, terdapat beberapa rekomendasi film yang sama seperti 1899, yakni berlatar di kapal dan mengandung misteri melansir situs resmi Netflix. Berikut film-filmnya:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

1. Death on the Nile (2022)

Death on the Nile adalah film tahun 2022 karya Kenneth Branagh. Selain sebagai sutradara, Kenneth Branagh juga tampil sebagai bintangnya, yakni dalam peran sebagai detektif Hercule Poirot.

Film ini merupakan adaptasi dari novel berjudul sama karya Agatha Cristie. Film ini bukanlah yang pertama kalinya mengangkat novel tersebut ke dalam layar kaca atau layar lebar.

Pada1978, film berjudul sama pernah digarap sutradara John Guillermin di bawah EMI Films. Lalu adapatasi kedua yakni dalam salah satu episode serial televisi Agatha Christie's Poirot pada 2004. 

Film Death on the Nile (2022) bercerita mengenai perjalanan berlibur detektif Hercule Poirot di Sungai Nil menggunakan kapal, yang terganggu karena adanya pembunuhan seorang ahli waris muda di kapal itu.

Death on the Nile (2022) dibintangi banyak bintang Hollywood besar. Contonya ada Gal Gadot, Letitia Wright, dan Armie Hammer. 

3 dari 5 halaman

2. Triangle (2009)

Triangle adalah film horor psikologis tahun 2009 yang ditulis dan disutradarai oleh Christopher Smith. Fim ini dibintangi Melissa George, Michael Dorman, dan Liam Hemsworth.

Film berdurasi sekitar 99 menit ini bercerita mengenai seorang ibu tunggal yang melakukan perjalanan berperahu dengan beberapa temannya.

Ketika mereka terpaksa meninggalkan kapal mereka, mereka menaiki kapal laut terlantar, di mana mereka merasa yakin sedang dikuntit oleh seseorang.

Film ini kental akan unsur misteri, darah, dan time-loop.

Walau secara komersial gagal, film ini mendapat respons kritik yang cukup bagus. Di Rotten Tomatoes misalnya, film ini mendapatkan skor 80 persen dari kritikus dengan 66 persen dari para penonton umum. 

"Triangle berlayar ke perairan yang aneh, tetapi tamasya horor yang cerdas dan dilakukan dengan baik ini melabuhkan keistimewaannya dalam cerita yang sangat menakutkan." tulis Rotten Tomatoes dalam situsnya.

4 dari 5 halaman

3. Ghost Ship (2002)

Ghost Ship adalah film horor supernatural yang dirilis tahun 2002. Film berdurasi sekitar 91 menit ini disutradarai oleh Steve Beck, yang setahun sebelumnya membuat Thirteen Ghosts (2001).

Ghost Ship (2002) bercerita mengenai tim kru penyelamat yang menemukan kapal penumpang tahun 1962 yang telah lama hilang mengambang tak bernyawa di wilayah terpencil Laut Bering.

Saat menginjakan kakinya, mereka sadar bahwa para penghuninya yang telah lama meninggal mungkin masih ada di dalam kapal itu.

Kejadian aneh pun kerap terjadi dan mengintai setiap anggota dari tim kru penyelamat tersebut.

5 dari 5 halaman

4. Death Ship (1980)

Death Ship adalah sebuah film horor tahun 1980 yang disutradarai oleh Alvin Rakoff. Film ini setelah dirilis menerima ulasan beragam yang kebanyakan negatif, tetapi dianggap sebagai film klasik. Contoh kecilnya posternya, yang menginspirasi poter film Ghost Ship (2002).

Film ini bercerita mengenai orang-orang yang selamat dari tabrakan pelayaran yang tragis, yang kemudian diselamatkan oleh kapal hitam misterius yang muncul dari kabut.

Tidak disangka-sangka, kapal yang menyelamatkan mereka itu adalah kapal penyiksaan Nazi yang telah mengarungi lautan selama bertahun-tahun, yang selalu memikat para pelaut yang lengah dan tidak menaruh curiga.

Death Ship (1980) berdurasi sekitar 91 menit. 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS