Sukses

Deretan Drama Tiket Konser KPop di Indonesia yang Bikin Miris, dari NCT 127 hingga Blackpink

Liputan6.com, Jakarta - Sepanjang akhir tahun 2022 hingga awal 2023 mendatang akan menjadi tahun yang paling menyenangkan bagi para penggemar musik KPop di Indonesia.

Sederet grup musik ternama seperti Seventeen, TXT, ITZY, Stray Kids, NCT 127 hingga Blackpink, satu persatu mulai berdatangan dan menyapa para penggemar lewat konser tur dunia mereka di Indonesia.

Agar bisa melihat sang idola kesayangan, para penggemar pun rela berlama-lama menunggu di depan gadget mereka dan merogoh kocek lebih banyak untuk membeli tiket demi bisa melihat sang idola.

Namun sayang, di balik naiknya nama musik KPop dan juga antusiasme penggemar yang rela merogoh kocek lebih besar, banyak pula oknum-oknum nakal seperti calo tiket yang justru memanfaatkan momen tersebut.

Contohnya saja seperti saat konser NCT 127 di ICE BSD pada 4-5 November 2022 kemarin. Pada penjualan tiket konser hari pertama, NCTzen sudah disambut dengan munculnya akun-akun yang menjual tiket dengan harga tak masuk akal.

Salah satu akun @p******s di Twitter kedapatan menjual tiket konser NCT 127 seharga Rp. 12 juta untuk 2 tiket kategori CAT 1B.

Harga tersebut tentunya tidak masuk akal dan sangat jauh perbedaannya dengan harga tiket yang dijual melalui laman vendor resmi yang hanya sebesar Rp. 2.9 juta per tiket.

“Bagi yang merasa kemahalan, skip saja ya. soalnya aku dapetinnya juga mahal dan penuh drama scam,” tambah akun tersebut dalam cuitannya hingga akhirnya mengundang amarah NCTzen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Penipuan Tiket Blackpink

Tak hanya terjadi saat konser NCT 127, bahkan penjualan tiket Blackpink pun juga dimanfaatkan oleh oknum-oknum nakal seperti calo maupun penipu (scammers).

Penipu yang menawarkan tiket di media sosial seperti Twitter biasanya identik dengan menggunakan foto profil idol KPop dan juga tahun pembuatan akun yang masih baru.

Akun @xdoudou97 bahkan membagikan cerita salah satu temannya yang tertipu sebesar Rp 4.5 juta per tiket oleh orang yang mengaku menjual tiket Blackpink.

Selain penipuan, harga tiket Blackpink yang kerap dijual via Twitter belakangan ini mencapai rentang harga fantastis dan tidak masuk akal, mulai dari harga Rp. 3.9 juta, hingga menyentuh angka Rp. 25 juta tergantung pada kategori tiket yang dibutuhkan.

3 dari 4 halaman

Double Barcode

Saat konser NCT 127 yang berlangsung selama 2 hari di ICE BSD beberapa waktu lalu, masih terdapat keluhan dari beberapa penggemar terkait tiket yang telah mereka miliki.

Pasalnya, ada penggemar bercerita kalau barcode pada tiket miliknya tidak dapat dipindai karena telah terlebih dahulu dipindai oleh pemilik tiket lain yang memiliki barcode yang sama.

Namun, pihak promotor ternyata mengungkapkan bahwa ada double barcode di beberapa tiket. Beruntungnya, pihak promotor tanggap dalam menyelesaikan permasalahan terkait double barcode tersebut.

4 dari 4 halaman

Bot dan Tiket Gaib

Para penggemar Seventeen – Carat – pastinya tidak asing dengan drama tiket soundcheck gaib maupun pembatalan pembayaran tiba-tiba yang terjadi saat war tiket konser Seventeen Be The Sun yang dibuka pada Oktober 2022.

Pasalnya, saat itu sempat viral di kalangan Carat terkait dugaan adanya penggunaan bot ketika melakukan pembelian tiket, terutama tiket kategori pink soundcheck yang sudah habis setelah ticketing dibuka.

Namun, Mecimapro selaku promotor dalam konser tur dunia Seventeen di Indonesia ini akhirnya membuka suara dan melakukan investigasi kepada para penggemar yang melakukan pembelian tiket dengan sistem bot ini.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  • Blackpink merupakan girlgroup tu grup penyanyi perempuan Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment.
    Blackpink merupakan girlgroup tu grup penyanyi perempuan Korea Selatan yang dibentuk oleh YG Entertainment.
    Blackpink
  • NCT 127 adalah sub-unit kedua dari grup vokal pria Korea Selatan, NCT, yang berbasis di Seoul.
    NCT 127
  • SEVENTEEN atau sering disingkat SVT, adalah sebuah grup vokal pria asal Koera Selatan, yang dibentuk oleh Pledis Entertainment.
    Seventeen
  • Kpop adalah kepanjangan dari Korean Pop, yang merupakan jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan.
    kpop
  • Konser
  • Musik