Sukses

Beredar Bocoran Smartphone Layar Lipat Google Pixel Fold, Inikah Penampakannya?

Liputan6.com, Jakarta - Kehadiran smartphone layar lipat dari berbagai merek mulai menjadikan perangkat ini tren di kalangan pecinta teknologi.

Di antara berbagai vendor yang merilis smartphone layar lipat, Google dengan brand Google Pixel-nya belum merilis perangkat layar lipat mereka ke pasaran, setidaknya hingga saat ini. 

Meski begitu, perusahaan asal Amerika Serikat ini disebut-sebut tengah mengembangkan smartphone layar lipatnya sendiri, yang diduga akan mengusung nama Google Pixel Fold

Saat ini, belum ada informasi tentang penampakan dari perangkat layar lipat Google ini. Namun, kanal YouTube populer Front Page Tech belum lama ini membagikan gambar render Google Pixel Fold. 

Perlu diketahui, gambar render tersebut dibuat oleh pengasuh kanal Front Page Tech berdasarkan bocoran dari sumber anonim. Jadi, belum diketahui apakah nantinya Google Pixel Fold yang dirilis bakal sesuai dengan gambar di atas.  

Dilansir GSM Arena, Rabu (16/11/2022), proyek smartphone layar lipat Google Pixel Fold ini dianggap merupakan salah satu proyek Google paling rahasia.

Namun, GSM Arena menduga, perangkat ini mungkin saja diungkap pada Mei tahun 2023. Hal ini berkaca dari acara tahunan Google I/O yang hampir selalu diadakan setiap bulan Mei tiap tahunnya. 

Sementara itu, mengutip Android Authorityleaker Jon Prosser menduga, bocoran Google Pixel Fold akan mirip dengan desain Google Pixel 7 Pro, dengan tata letak kamera yang sama.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Bocoran Kamera dan Harga yang Mahal

Di sisi lain, laman Tom's Guide menyebutkan kemungkinan Google Pixel Fold nantinya menggunakan kamera selfie 9,5MP dalam bentuk punch-hole. Mirip dengan kamera selfie milik Galaxy Z Fold atau Z Flip dari Samsung. 

"Akan ada sejumlah bezel yang lebar di bagian dalam layar yang dapat dilipat. Bezel lebar ini diduga akan dipakai untuk menempatkan kamera selfie, letaknya di sisi kanan atas layar. Kemungkinan akan ada kamera selfie di bagian luar, yang akan menyerupai cutout kamera di tengah layar," kata Prosser, menceritakan dugaannya tentang desain Google Pixel Fold. 

Lebih lanjut, Prosser memperkirakan Google Pixel Fold bakal menjadi adalah smartphone premium yang terbuat dari logam dan kaca.

Sumber GSM Arena menyebut, akan ada dua versi warna pada Google Pixel Fold ini. Warna pertama, disebut Chalk (putih) dan satunya warna Obsidian (hitam).

Prosser menduga, Google Pixel Fold akan dibanderol dengan harga tidak murah. Ia menyebutkan, kemungkinan harganya di atas USD 1.800 atau Rp 28 jutaan. Karena diisukan akan pesaing Galaxy Z Fold series, harga tersebut terdengar cukup masuk akal bagi Google Pixel Fold. 

3 dari 4 halaman

Bocoran Spesifikasi

 

Tom's Guide melaporkan, Google Pixel Fold akan dibekali dengan chip bikinan Google yakni chip Tensor. Chipset ini sebelumnya digunakan di ponsel Pixel terbaru.

Meski begitu, Tensor mungkin tidak bisa  mengalahkan Snapdragon 8 Gen 1, tetapi bisa dibilang chipset ini cukup kuat untuk sebuah smartphone premium. 

Penggunaan chipset Tensor ini pun didukung oleh dugaan benchmark baru-baru ini yang tampaknya menunjukkan Google Pixel Fold menjalankan chipset dengan delapan inti dan kecepatan clock mulai dari 1.8GHz hingga 2.8GHz.

Kecepatan ini sama dengan kecepatan chip Tensor. Selain itu, smartphone layar lipat ini kemungkinan juga bisa dipasangkan dengan RAM 12GB dan GPU Mali-G78. 

Di lain sisi, Operating System (OS) yang digunakan oleh Google Pixel Fold adalah Android 12. Android 12 menghadirkan dukungan perangkat lunak yang lebih baik untuk smartphone layar lipat yang menjalankan sistem operasi Google.

4 dari 4 halaman

Bocoran Ukuran dan Resolusi Layar Google Pixel Fold

Developer Kuba Wojciechowski mengungkap, Google Pixel Fold kemungkinan akan mengusung spesifikasi yang mirip dengan Galaxy Z Fold 4.

Kemungkinan, layar lipat ketika dibuka akan memiliki ukuran 123x148mm yakni 7,57 inci.

Laporan yang sama juga mengungkap, resolusi layar dalam adalah 2.208x1.820 piksel. Resolusi ini sangat mirip dengan resolusi layar Galaxy Z Fold 4 yang punya layar utama 7,6 inci.

Layar tersebut juga kabarnya mengusung refresh rate 120Hz, meski si leaker sendiri tidak begitu yakin tentang hal ini.

Dalam hal tingkat kecerahan layar, diperkirakan akan punya tingkat kecerahan layar hingga 1200 nits dengan rata-rata kecerahan adalah 800 nits.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS