Sukses

Konsumsi 9 Makanan Ini untuk Mendapatkan Seks yang Hebat dan Tak Terlupakan

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin pernah mendengar tentang afrodisiak seperti cokelat dan stroberi untuk membuat Anda bergairah, tetapi apakah benar-benar ada korelasi antara nutrisi dan seks dan jika demikian, makanan apa yang terbaik untuk seks?

Faktanya, ternyata banyak makanan bergizi mengandung nutrisi yang dapat mempengaruhi hormon atau meningkatkan aliran darah untuk membantu meningkatkan kenikmatan hubungan intim.

Untuk diketahui, dorongan seks yang rendah bisa menjadi cara tubuh berkomunikasi bahwa ia membutuhkan sesuatu. Oleh karena itu, pertanyaannya bukan hanya bagaimana kita dapat meningkatkan gairah seks kita, tetapi mengapa dorongan seks kita berkurang?

Berikut ini makanan yang bila dikonsumsi dapat meningkatkan gairah dan libido Anda. Dihimpun dari Theeverygirl, ini dia.

1. Madu mentah

Jika Anda memutuskan antara pemanis untuk ditambahkan ke kopi Anda, Anda mungkin dapat memilih madu yang dapat membantu meningkatkan libido.

“Madu dikemas penuh dengan kebaikan alami, termasuk mineral yang dikenal sebagai boron,” jelas Reda Elmardi, ahli gizi bersertifikat, pelatih, dan editor di The Gym Goat.

“Boron telah ditemukan untuk membantu memperkuat tulang, meningkatkan koordinasi otot, meningkatkan sintesis protein, dan membantu meningkatkan produksi testosteron alami.”

Meskipun kita mengasosiasikan testosteron dengan laki-laki, setiap jenis kelamin memiliki kombinasi hormon seks, dan testosteron berkorelasi langsung dengan dorongan seks. Madu mentah (cari varietas organik atau manuka) dapat membantu meningkatkan produksi alami hormon libido.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

2. Buah beri

Anda mungkin sudah tahu buah beri baik untuk kulit bercahaya dan mengandung serat untuk usus yang sehat, tetapi beberapa ahli mengklaim bahwa mengonsumsinya adalah rahasia kehidupan seks yang lebih baik.

Menurut Dr. Markus Ploesser, seorang psikiater integratif dan ahli umur panjang, buah beri seperti stroberi dan raspberry mengandung seng, yang penting untuk pengaturan tingkat testosteron.

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menemukan bahwa orang yang makan makanan kaya blueberry telah meningkatkan aliran darah ke alat kelamin setelah hanya tiga minggu. Dengan kata lain, buah beri adalah sumber antioksidan, fitonutrien, dan serat yang sehat.

3. Alpukat

Alpukat ternyata dapat membantu menaikkan dorongan seks. “Alpukat kaya akan vitamin E, yang merupakan antioksidan kuat yang terlibat dalam pelebaran pembuluh darah. Hasilnya, Anda mendapatkan cukup suplai darah ke berbagai bagian tubuh, termasuk alat kelamin,” jelas Barbara Santini, psikolog dan penasihat seks dan hubungan.

 

3 dari 5 halaman

4. Safron

Rempah-rempah ini ditanam terutama di Iran, Yunani, Maroko, dan India, namun Anda dapat menemukannya di sebagian besar toko kelontong.

“Bahan kimia yang ditemukan dalam safron telah terbukti memperbaiki disfungsi ereksi pada pria dan meningkatkan pelumasan bagi wanita,” jelas Lord.

Sebuah studi 2012 memberi wanita dengan hasrat seksual rendah 30 mg safron setiap hari selama empat minggu dan menemukan itu mengurangi rasa sakit terkait seks dan meningkatkan hasrat seksual dan pelumasan, dibandingkan dengan plasebo. Anda dapat menambahkan safron ke saus salad, biji-bijian, bumbu perendam, atau sayuran panggang.

5. Tiram

Makanan laut berlendir mungkin bukan makanan pilihan ketika Anda memikirkan "seksi," tetapi tiram telah lama dikenal karena efek afrodisiaknya. Sementara para ahli berbeda pendapat tentang apakah benar tiram merupakan afrodisiak, tiram diketahui mengandung nutrisi khusus yang dapat meningkatkan gairah seks.

Menurut Dr. Ploesser, tiram meningkatkan dopamin, yang merupakan neurotransmitter yang meningkatkan libido. “Tiram adalah afrodisiak klise karena mengandung seng, yang diperlukan untuk produksi prolaktin pada wanita,” ungkap Candela Valle, ahli gizi MYHIXEL.

 

4 dari 5 halaman

6. Semangka

Semangka mungkin adalah buah favorit Anda yang menyegarkan, tetapi buah ini ternyata juga memiliki manfaat yang serius. Selain kandungan airnya yang tinggi dan nutrisi yang bermanfaat untuk berbagai fungsi tubuh, semangka juga memberi keajaiban untuk kehidupan seks Anda.

“Semangka adalah salah satu makanan paling efektif yang mengandung asam amino yang ditingkatkan secara seksual (citrulline) yang membantu pembuluh darah untuk rileks dan meningkatkan gairah seks,” jelas Steve Theunissen, ahli gizi diet dan pelatih pribadi bersertifikat.

7. Fenugreek (kelabat)

Fenugreek berasal dari India dan Afrika Utara. Baik biji maupun daunnya telah digunakan sebagai bumbu makanan dan obat herbal untuk mengobati berbagai penyakit selama berabad-abad. Ternyata, tanaman ini juga dapat meningkatkan kesehatan seksual untuk waktu yang lama.

"Fenugreek mengandung bahan kimia yang memiliki sifat mirip dengan estrogen dan testosteron," jelas Lord. “Penelitian yang melihat keefektifan fenugreek untuk meningkatkan hasrat seksual menunjukkan bahwa fenugreek efektif di area ini untuk pria dan wanita.”

Adapun mengapa ramuan itu mempengaruhi libido? Salah satu alasannya adalah karena tanaman ini merupakan sumber seng yang baik, yang merupakan nutrisi penting yang berkaitan dengan kesehatan organ seksual.

 

5 dari 5 halaman

8. Anggur merah

Anggur merah mungkin salah satu dari sedikit minuman beralkohol yang bermanfaat untuk libido. “Anggur merah mengandung quercetin, yang mungkin menjelaskan respons positif dalam dorongan seks,” kata Dr. Anderson, Ph.D., seorang terapis seks dan hubungan.

Sebuah studi tahun 2009 di The Journal of Sexual Medicine menunjukkan satu hingga dua gelas anggur merah sehari meningkatkan hasrat seksual dan pelumasan pada wanita.

"Para peneliti mencatat bahwa minum lebih dari dua gelas anggur merah setiap hari atau menikmati jenis minuman beralkohol lainnya tidak menghasilkan hasil yang sama."

9. Bawang putih

Anda mungkin berpikir bawang putih adalah pembunuh kehidupan seks Anda, sebab tidak ada yang menyukai napas berbau bawang putih. Akan tetapi nutrisi yang dikandungnya ternyata dapat meningkatkan seks Anda dengan menurunkan kortisol.

“Bawang putih mengandung senyawa yang dikenal sebagai allicin, yang membantu menurunkan kadar hormon yang dikenal sebagai kortisol secara alami,” jelas Elmardi. “Kortisol menekan sistem kekebalan dan juga menekan produksi alami testosteron. Karena allicin dalam bawang putih membantu menurunkan kortisol secara alami, ini membantu menjaga kadar testosteron Anda tetap stabil."

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS