Sukses

Beda Aturan Protokol COVID-19 Negara-Negara Anggota KTT G20

Para pemimpin negara-negara KTT G20 yang berkumpul di Bali dengan persyaratan pengujian COVID-19 dan masker yang ketat

Liputan6.com, Jakarta - Puncak kegiatan Presidensi G20 dilaksanakan mulai hari ini, Selasa (15/11/2022). Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang akan dilaksanakan pada 15-16 November 2022 tersebut mengundang para petinggi negara dan delegasi yang menjadi bagian dari anggota G20.

Dalam pelaksaan KTT G20, para pemimpin negara-negara G20 berkumpul di pulau resor Indonesia di Bali, dengan persyaratan pengujian Covid-19 dan masker yang ketat, meskipun langkah-langkah tersebut sebagian besar telah dilonggarkan di beberapa negara anggotannya.

Seperti diketahui, KTT G20 Ini adalah yang pertama untuk Presiden China Xi Jinping dan ini adalah perjalanan keduanya ke luar negeri sejak dimulainya pandemi, karena negaranya melanjutkan kebijakan zero-Covid untuk penguncian dan karantina yang termasuk paling ketat di dunia.

Negara-negara G20 lainnya memiliki berbagai langkah yang berbeda dan konvensi sosial yang berbeda untuk virus corona, yang selama tiga tahun terrakhir telah menginfeksi 631 juta orang di seluruh dunia dan menewaskan hampir 6,6 juta orang, meskipun vaksin telah secara signifikan memperlambat tingkat kematian.

Berikut ini protokol KTT G20 dan beberapa pendekatan yang berbeda terhadap Covid-19 di antara negara-negara G20.

Kebijakan Protokol Covid-19 dalam Ktt G20

Indonesia, yang memegang jabatan kepresidenan G20, memiliki protokol Covid-19 ketat yang diberlakukan dalam penyelenggaraan KTT G20 ini, termasuk masker, pemeriksaan suhu tubuh, antigen, dan tes usap PCR (polymerase chain reaction), untuk mencegah risiko penyebaran virus Covid-19.

Distrik Nusa Dua menjadi tuan rumah KTT dan telah dikunci (lockdown) sejak 11 November dan akan tetap demikian hingga 17 November.

Empat unit perawatan intensif mini, 23 klinik dan 13 tim medis keliling, akan dikerahkan selama KTT, termasuk lebih dari 400 staf medis.

Tujuh rumah sakit dengan total 1.350 tempat tidur, ditunjuk untuk mengakomodasi peserta KTT yang mungkin perlu diisolasi untuk Covid-19. Kapal Angkatan Laut KRI Wahidin Sudirohusodo juga akan dikerahkan di lepas pantai Nusa Dua sebagai "rumah sakit terapung."

Melansir dari Reuters, Selasa (15/11/2022), berikut beberapa pendekatan yang berbeda di antara negara-negara Anggota G20 terhadap Covid-19.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. China

China mempertahankan salah satu pembatasan Covid paling ketat di dunia, tetapi pada Jumat lalu, China melonggarkan beberapa langkah termasuk memperpendek karantina untuk kontak dekat orang yang terinfeksi dan untuk turis yang masuk dan menghapus hukuman bagi maskapai penerbangan karena membawa terlalu banyak kasus.

Di bawah peraturan baru, waktu karantina di lokasi terpusat untuk kontak dekat dan turis dari luar negeri dipersingkat dari tujuh menjadi lima hari. China juga akan berhenti mencoba mengidentifikasi kontak "sekunder" sambil tetap mengidentifikasi kontak dekat.

2. Jepang

Di Jepang, sebagian besar orang di jalanan terus mengenakan masker wajah, meskipun pemerintah menyarankan agar mereka dapat menghentikannya saat di luar. Sebagian besar tempat umum dan transportasi masih meminta orang untuk memakai masker wajah.

Negara ini mencabut peraturan pada Maret, yakni pembatasan kuasi-darurat yang diberlakukan di Tokyo dan 17 prefektur lainnya yang berpusat pada pembatasan jam untuk restoran dan bisnis lainnya karena infeksi baru telah menurun secara substansial.

Jepang, yang memiliki beberapa langkah perbatasan pandemi paling ketat di antara negara-negara besar mengatakan pada Agustus lalu, mungkin akan mencabut persyaratan untuk tes Covid-19 pra-keberangkatan bagi para turis dan meningkatkan batas harian pada pendatang.

3. Korea Selatan

Pemerintah Korea Selatan telah melonggarkan pemakaian masker di luar ruangan sejak pertengahan September. Masker tidak perlu dipakai dalam berbagai kegiatan, salah satunya perhelatan olahraga.

Sejak 1 Oktober, Korea Selatan juga telah menghapus persyaratan pengujian PCR Covid-19 untuk turis yang masuk. Pemerintah Korea Selatan telah melonggarkan pembatasan Covid-19 baru-baru ini karena infeksi di negara itu secara bertahap menurun. 

3 dari 4 halaman

4. Amerika Serikat

Hampir semua aturan Covod di Amerika Serikat telah dilonggarkan dan rekomendasi oleh Pusat Pengendalian Penyakit AS telah melonggarkan langkah-langkah yang disarankan.

Negara bagian AS dan kota-kota besar tidak lagi mengharuskan masker untuk dikenakan di pusat transit. Ada beberapa persyaratan yang tersisa bagi orang-orang untuk menunjukkan bukti vaksinasi atau tes negatif, tetapi dengan beberapa pengecualian untuk sekolah, universitas, dan pekerja perawatan kesehatan.

CDC merekomendasikan orang-orang yang berada di transportasi umum dan di pusat transportasi untuk mengenakan masker, tetapi tidak lagi diwajibkan oleh maskapai penerbangan atau di gedung-gedung federal.

Pada Juni, CDC membatalkan persyaratan bagi orang yang tiba di negara itu melalui udara harus memiliki dites negatif Covid-19. Tetapi sebagian besar pengunjung asing yang tiba dengan pesawat terbang masih harus menunjukkan bukti vaksinasi Covid.

5. Jerman

Semua pembatasan utama, termasuk persyaratan bekerja dari rumah, berakhir pada 20 Maret, namun mengenakan masker kelas medis di transportasi umum dan kereta api jarak jauh masih diperlukan.

Jerman melonggarkan pembatasan Covid-19 secara bertahap, dimulai dengan mengizinkan pertemuan pribadi di dalam ruangan bagi mereka yang divaksinasi atau pulih dari virus pada Februari, dan mengakhiri pemeriksaan di toko-toko untuk bukti vaksinasi atau tes negatif.

Mulai Maret, pemerintah meningkatkan ukuran maksimum yang diizinkan untuk acara di luar ruangan menjadi 25.000 orang, dan klub malam dibuka kembali untuk penerima tiga dosis vaksin atau dua dosis vaksin ditambah tes Covid negatif.

4 dari 4 halaman

6. Turki

Turki melonggarkan sebagian besar pembatasan virus corona pada Maret, hampir dua tahun setelah kasus pertamanya diidentifikasi, dan mencabut mandat masker dalam ruangan sejak Mei.

Pejabat kesehatan pada bulan Maret mengatakan perang melawan penyakit ini akan dilakukan pada tingkat individu daripada di seluruh masyarakat dan orang-orang tanpa gejala tidak akan diuji.

7. Afrika Selatan

Afrika Selatan yang telah mencatat kasus dan kematian akibat virus corona terbanyak di benua Afrika. Negara ini mengatakan pada Juni, telah mencabut aturan Covid-19 yang mewajibkan penggunaan masker di ruang publik dalam ruangan, membatasi ukuran pertemuan dan memberlakukan persyaratan masuk di perbatasannya.

8. India

India mulai melonggarkan pembatasan pergerakan pada pertengahan tahun lalu untuk memungkinkan lebih banyak bisnis beroperasi. Pengaturan perjalanan internasional sekarang sebagian besar berada pada tingkat sebelum pandemi.

India melonggarkan aturannya tentang pengujian, karantina, dan penerimaan rumah sakit pada Januari, untuk membebaskan sumber daya bagi orang-orang yang paling membutuhkan, tetapi masih merekomendasikan jarak sosial, mencuci tangan, dan memakai masker. Aturan tentang masker bervariasi antar negara bagian.

Pengujian wajib untuk kontak dari kasus yang dikonfirmasi dibatalkan awal tahun ini kecuali mereka sudah tua atau berjuang melawan kondisi lain, dan periode isolasi dikurangi setengahnya menjadi seminggu. Rumah sakit disarankan untuk hanya merawat orang yang sakit parah.

9. Argentina

Argentina, salah satu negara dengan kematian per kapita terbanyak di dunia, bersama dengan negara-negara tetangganya di Amerika Latin.

Argentina telah melonggarkan kontrol perbatasan yang ketat, mengizinkan lebih banyak kegiatan komersial dan mencabut mandat masker luar ruangan, meskipun merekomendasikan penggunaannya di dalam ruangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.