Sukses

Tak Hanya Wanita, Laki-Laki Juga Butuh Pakai Skincare

Liputan6.com, Jakarta - Perawatan wajah melekat dengan sejumlah wanita yang menginginkan kulit mulus, seperti tanpa dosa. Selain itu, kondisi kulit wajah yang sehat pun selalu didambakan oleh semua orang, baik perempuan maupun laki-laki.

Akan tetapi, sebagian orang malas untuk melakukan perawatan wajah. Padahal, salah satu cara mendapatkan kulit sehat adalah menggunakan produk perawatan wajah.

Meskipun menjaga pola hidup yang bersih dan sehat tetap bisa membantu menjaga kesehatan kulit. Produk perawatan wajah atau skincare diciptakan bukan untuk perempuan saja, laki-laki pun bisa menggunakannya.

Dilansir dari Times of India, Senin (14/11/2022), perawatan dasar untuk mendapatkan kulit sehat merupakan suatu hal yang harus dilakukan oleh semua pria. Perubahan kondisi iklim dan pergeseran perspektif telah merubah segalanya. Oleh karena itu, penting bagi laki-laki untuk mulai perhatian dengan jenis dan kondisi kulitnya.

Konsultan Dokter Kulit Medis dan Kosmetik, Dr. Neha Dubey menjelaskan kulit merupakan bagian paling banyak yang dimiliki oleh tubuh manusia, baik perempuan ataupun laki-laki.

“Kulit adalah organ terbesar dari tubuh manusia, ini berlaku untuk wanita dan pria. Namun, ada perbedaan struktrual antara keduanya,” kata Neha.

“Misalnya, kulit pria cenderung berminyak dan lebih tebal karena adanya pengaruh hormon testosteron dari pria itu sendiri,” sambungnya.

Nyatanya, terdapat beberapa permasalahan dan kondisi kulit yang sering terjadi pada laki-laki. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Sekresi Sebum

Pria cenderung mempunyai kondisi wajah berminyak, karena kulit memiliki kelenjar sebaceous (kelenjar yang menghasilkan minyak alami pada kulit) dan pori-pori yang lebih aktif dibanding perempuan.

Adanya kelebihan sekresi sebum inilah yang membuat kulit wajah laki-laki lebih terlihat berminyak, sehingga menimbulkan jerawat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Ketebalan dan Kolagen Kulit

Rata-rata pria memiliki ketebalan kulit wajah sekitar 20 persen lebih tebal dari kulit wanita. Oleh karena itu, kandungan kolagen yang dimiliki laki-laki lebih banyak.

Hal ini yang menyebabkan kulit wajah pria terlihat lebih awet muda dan kencang dibanding kebanyakan perempuan.

Kandungan kolagen yang dimiliki laki-laki memengaruhi tanda-tanda penuaan yang lebih lambat dari perempuan, meski memiliki usia yang sama.

Akan tetapi, kandungan kolagen pada kulit akan terus berkurang seiring bertambahnya usia seseorang. Maka dari itu, laki-laki tetap membutuhkan perawatan wajah. Cobalah untuk memilih produk perawatan wajah yang tidak terlalu berminyak dan ringan digunakan.

Namun, perlu diperhatikan pula, karena sebagian dari laki-laki kemungkinan memiliki kondisi kulit cenderung kering yang membutuhkan produk dengan kandungan ceramide dan pelembab lainnya.

3 dari 4 halaman

Produk Perawatan Wajah yang Penting untuk Pria

Beberapa faktor mungkin memengaruhi bagaimana seseorang menjaga kondisi kulitnya. Adapun laki-laki yang tidak ingin repot dan hanya mau menggunakan produk perawatan dasar saja.

Untuk kasus ini, kalian para laki-laki disarankan untuk mencuci muka dua kali sehari, setelah itu menggunakan pelembab dengan SPF di siang hari.

Gunakan krim malam yang mengandung retinol bersamaan dengan kandungan peptide di malam hari.

Selain itu, bagi kalian yang memang peduli dengan kondisi kulit wajah, bisa melakukan perawatan di klinik kecantikan. Kalian dapat memilih perawatan, seperti membersihkan pori-pori dan mencukur janggut dengan laser.

Tingkat kesadaran pria terkait kondisi dan permasalahan kulit membuat semakin banyak produsen mulai memproduksi produk perawatan khusus pria.

Pilihlah salah satu produk yang sesuai dengan jenis kulit dan umur kalian agar permasalahan kulit bisa teratasi. Dengan begitu, kalian akan mendapatkan kulit sehat dan mulus.

4 dari 4 halaman

Tahap Perawatan Wajah Pria

Dilansir melalui Kiehls, rutinitas perawatan kulit akan bervariasi untuk setiap individu berdasarkan jenis kelaminnya.

Tersedianya berbagai macam produk memudahkan laki-laki untuk mencocokan mana produk terbaik untuk kulitnya.

Dengan begitu, rutinitas perawatannya tidak berhenti sampai di sabun cuci muka saja. Berikut merupakan tahapan dalam melakukan perawatan wajah:

Mencuci Muka

Penelitian menunjukKan, pria menghasilkan sebum empat kali lebih banyak daripada wanita, yang berarti laki-laki cenderung mengalami minyak berlebih, pori-pori besar dan jerawat.

Oleh karena itu, perawatan wajah seperti mencuci muka tak boleh dilewati oleh laki-laki. Jika malas membersihkan wajah, minyak akan menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Gunakan Pelembab

Meskipun laki-laki memproduksi lebih banyak minyak dari wanita, pria tetap butuh menggunakan pelembab. Adapun manfaat yang didapatkan jika menggunakan pelembab, di antaranya mencerahkan kulit kusam, mengecilkan pori-pori dan melawan tanda penuaan.

Jangan Lupakan Tabir Surya

Kulit pria cenderung sensitif terhadap sinar UV yang membuat mereka rentan terkena kanker kulit. Apalagi, aktivitas mereka yang terpapar langsung dengan sinar matahari, seperti berkendara dengan motor. Oleh karena itu, laki-laki disarankan menggunakan tabir surya di pagi dan siang hari.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS