Sukses

Lihat 10 Potret Makhluk Laut Cantik Ini, Bikin Jiwa Tenang dan Adem

Beberapa makhluk laut memiliki ciri khas tersendiri yang membuat tampilan mereka sangat indah. Dari warna, bentuk, dan faktor lainnya yang mempengaruhi penampilan mereka.

Liputan6.com, Jakarta - Coba kalian pikirkan satu makhluk laut. Ketika kita memikirkan makhluk laut, hal pertama yang muncul di benak kita biasanya adalah ikan yang ditakuti seperti paus dan hiu pembunuh manusia.

Namun jika berbicara tentang keindahan, ada banyak makhluk laut yang dapat menarik perhatian kamu. Beberapa makhluk laut terlihat sangat aneh, bahkan hingga kita berpikir 'apakah mereka dari planet yang sama dengan kita?'

Terlepas dari pikiran tersebut, warna dalam kehidupan hewan memainkan berbagai peran, misalnya untuk menarik lawan jenis, memperingatkan musuh, dan sebagai kamuflase. Seperti halnya hewan darat, spektrum warna yang begitu luas juga terdapat pada binatang laut. 

Namun beberapa makhluk laut memiliki ciri khas tersendiri yang membuat tampilan mereka sangat indah. Dari warna, bentuk, dan faktor lainnya yang mempengaruhi penampilan mereka.

Di seluruh dunia, lebih dari 91 persen spesies laut belum diklasifikasikan oleh para ilmuwan. Dengan begitu ada banyak misteri di lautan biru yang luas, sangat menyenangkan untuk mempelajari semua makhluk laut yang unik.

Jadi jangan heran jika kamu tiba-tiba bertemu dengan hewan laut aneh yang belum pernah kamu temui sebelumnya. Kita bisa melihat keajaiban laut salah satunya dari berbagai spesies hewan yang hidup di dalamnya.

Kebanyakan makhluk yang hidup di perairan laut dalam memiliki bentuk fisik yang sangat berbeda bahkan menyeramkan jika dibandingkan dengan makhluk laut di perairan dangkal. Baik dari ukuran, warna, dan karakteristiknya.

Berikut ini beberapa potret makhluk laut yang indah dilansir treehugger.com, Rabu (9/11/2022):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

1. Nudibranch, dapat berupa berbagai warna dan pola yang cerah dan indah. Warna dan pola indah tersebu adalah mekanisme pertahanan karena tidak memiliki cangkang. Mereka menyerupai tanaman di sekitar mereka untuk menyamarkan diri dari predator.

3 dari 11 halaman

2. Coconut Octopus, adalah makhluk laut yang cantik. Penampilannya terkenal karena kontrasnya antara nada terang dan gelap.

4 dari 11 halaman

3. Mantis Shrimp atau Udang Mantis, stomatopoda ini hanya berukuran empat inci. Mereka memiliki tubuh yang panjang dan berwarna-warni serta mata yang besar dan cerah.

5 dari 11 halaman

4. Leafy Seadragon atau Naga Laut berdaun

6 dari 11 halaman

5. Flying Gurnard

7 dari 11 halaman

6. Christmas Tree Worms, makhluk cantik ini tersebar di seluruh lautan tropis di seluruh dunia, tetapi kemungkinan besar Anda akan menemukannya tertanam di terumbu karang.

8 dari 11 halaman

7. Enypniastes Eximia, warna enypniastes eximia bervariasi dari merah muda cerah hingga coklat kemerahan. Khususnya, ia juga transparan jadi memungkinkan sistem pencernaannya terlihat. Hewan ini dianggap cukup aktif dan kecil, makhluk ini termasuk laut dalam dan ia tumbuh hingga panjang 9 inci.

9 dari 11 halaman

8. Glaucus atlanticus, adalah makhluk biru cantik, juga dikenal sebagai malaikat biru, naga biru, atau burung layang-layang laut. Meskipun sangat cantik serta kecil dan bergerak lambat, monster laut kecil ini memiliki racun yang berbahaya.

10 dari 11 halaman

9. Chromodoris willani, ia adalah spesies siput laut, nudibranch siput laut tanpa cangkang. Hewan ini memiliki penampilan yang cantik dan menggemaskan karena warna dan bentuknya.

11 dari 11 halaman

10. Brittle Star, yang juga dikenal sebagai bintang ular, megah dan gesit dalam gerakannya. Mereka menggabungkan kualitas anggun seperti ular dengan fleksibilitas untuk menarik diri ke arah yang diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.