Sukses

Bisa Tingkatkan Kesehatan Mental, Ini 5 Manfaat Mengoleksi Barang

Berikut manfaat mengoleksi barang untuk kesehatan mental.

Liputan6.com, Jakarta - Mengoleksi benda-benda adalah hobi yang luar biasa. Hobi ini dilakukan orang karena berbagai alasan. Beberapa orang mengoleksi benda-benda hanya karena mereka menyukainya yang lain karena mereka teringat akan kenangan indah.

Album K-Pop, koin, poster, mainan, karya seni, dan perangko adalah beberapa di antara banyak barang koleksi. Beberapa melakukannya untuk kesenangan atau hobi, mempelajari lebih lanjut tentang objek, mencari status, dan banyak yang melakukannya untuk menunjukkan kesetiaan kepada tim, negara, atau kampung halaman mereka.

Jenis barang yang Anda pilih untuk dikoleksi mengungkapkan banyak hal tentang kepribadian Anda dan apapun koleksi Anda, mengoleksi sangat baik untuk kesehatan mental Anda. Melansir His and Hers, Rabu (9/11/2022), berikut beberapa alasan mengapa mengoleksi dapat membantu meningkatkan kapasitas mental.

1. Meningkatkan Pengetahuan

Berkat kemajuan internet, sekarang lebih mudah dari sebelumnya untuk menemukan banyak informasi tentang subjek apapun, tidak peduli seberapa tidak jelasnya.

Ketika Anda adalah seorang kolektor yang rajin mengoleksi sesuatu, maka wajar saja jika Anda ingin tahu sebanyak mungkin tentang subjek spesialis Anda.

Entah itu membaca buku, melakukan riset internet, atau bahkan bergabung dengan forum online dan grup dengan penggemar lainnya, keinginan Anda untuk mengetahui hanya akan terus tumbuh.

Mengetahui banyak tentang hal apapun adalah cara yang bagus untuk membangun harga diri Anda dan juga akan memberi Anda pembuka percakapan instan saat berbicara dengan orang baru, yang hanya akan membantu Anda menumbuhkan kepercayaan diri Anda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Meningkatkan Kreativitas

Mengoleksi barang terkadang dipandang sebagai sesuatu yang aneh atau culun, tetapi pada kenyataannya banyak seniman dan penulis memilih untuk memiliki koleksi.

Anda akan sering menemukan bahwa orang-orang kreatif mengoleksi benda-benda yang mereka anggap merangsang secara visual atau yang meningkatkan perasaan koneksi mereka dengan dunia di sekitar mereka.

Karya seniman modern Jean Miro, misalnya, terinspirasi oleh benda-benda yang ia kumpulkan selama berjalan-jalan, seperti batu-batu, kayu apung, dan kerang laut. Semua ini adalah benda-benda koleksi umum dan benda-benda yang sering menginspirasi kreativitas orang lain.

Shelley Carson, seorang peneliti kreativitas yang sangat dihormati, menulis bahwa "Kreativitas adalah tindakan mengambil potongan-potongan informasi-dari penyimpanan ingatan, pengetahuan, dan keterampilan internal Anda atau dari lingkungan eksternal dan menggabungkannya kembali dengan cara-cara baru dan orisinal untuk menghasilkan ide atau produk baru yang memiliki tujuan." Mengumpulkan informasi bisa memainkan peran kunci dalam hal ini, membantu memicu ingatan dan menginspirasi gagasan baru.

 

3 dari 4 halaman

4. Mengurangi Stres

Kita hidup di lingkungan yang semakin membuat stres. Stres tidak hanya berdampak negatif pada kesehatan mental Anda, tetapi juga berdampak negatif pada kesehatan fisik Anda.

Stres dapat menyebabkan serangkaian reaksi fisik termasuk, insomnia, tekanan darah tinggi, kelelahan, peningkatan detak jantung, pusing dan kepala terasa ringan.

Menemukan metode pengurangan stres yang tepat yang sesuai untuk Anda sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik Anda, dan mengoleksi benda adalah bentuk pengurangan stres yang bagus.

Banyak kolektor melaporkan bahwa menghabiskan waktu dengan koleksi mereka membuat mereka merasa rileks, tidak stres, dan lebih mampu untuk bersantai. Mengoleksi menyediakan ruang yang aman di mana Anda dapat meninggalkan kekhawatiran Anda dan meninggalkan stres dunia di belakang Anda.

 

 

4 dari 4 halaman

5. Membuat Bahagia

Kekuatan kebahagiaan tidak boleh diremehkan dan sebagian besar kolektor memilih untuk mengoleksi hanya karena hal itu membuat mereka bahagia. Orang yang lebih bahagia adalah orang yang lebih sehat. Mereka lebih produktif, memiliki tingkat energi yang lebih tinggi, dan jauh lebih mungkin merasa nyaman dengan diri mereka sendiri dan tentang pencapaian mereka.

Para peneliti di Universitas Harvard bahkan menemukan bahwa individu yang memiliki pandangan hidup yang lebih bahagia dan positif, lebih kecil kemungkinannya untuk terkena penyakit yang mengancam jiwa.

Hidup ini terlalu singkat untuk menghabiskan hari-hari Anda dengan perasaan sedih, kecewa atau kesepian. Jika ada benda tertentu yang membuat Anda tersenyum saat melihatnya, atau memikirkannya, mengapa tidak mulai mengoleksinya? Hal ini merupakan obat penawar bagi jiwa dan Anda mungkin akan terkejut dengan betapa banyak hal itu memperkaya hidup Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini