Sukses

Pahami Cat Calling, Pelecehan yang Paling Sering Terjadi di Jalanan

Pelecehan masih sering terjadi di kalangan mana pun. Salah satunya, cat calling. Jenis pelecehan ini adalah yang paling sering terjadi di jalanan. Berikut hal-hal yang kamu perlu pahami tentang cat calling.

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian perempuan mungkin sudah kebal dengan pelecehan seksual yang terjadi di jalanan atau street harassment. Salah satu yang kerap terjadi adalah cat calling.

Cat calling sayangnya sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang dewasa saat ini. Reaksi terhadap cat calling beragam bentuknya.

Saat kalian memanggil seseorang dengan cara yang tidak biasa, panggilan tersebut mungkin membuat mereka sangat tidak nyaman. Saat seseorang merasa tidak nyaman dengan panggilan yang didapatkannya, itulah yang disebut bentuk pelecehan, terlepas dari niat atau tanggapannya.

Dilansir Rainn, Selasa (8/11/2022), street harassment mencakup komentar, gerakan, atau tindakan yang tidak diinginkan yang ditujukan kepada seseorang di ruang publik tanpa persetujuan mereka.

Biasanya, pelaku pelecehan di jalan mengomentari penampilan fisik, sengaja menghalangi jalan, menatap, mengambil foto seseorang tanpa persetujuan mereka, bahkan masturbasi atau menyentuh di depan umum.

Pelecehan di jalan dapat terjadi pada siapa saja, tanpa memandang jenis kelamin, usia, atau aspek lain dari identitas Anda. Namun, hal ini sering kali ditujukan pada individu karena ekspresi gender, orientasi seksual, atau disabilitas mereka yang sebenarnya terganggu.

Dilansir ReGain, ada berbagai jenis cat calling, tetapi dua bentuk yang paling umum adalah wolf-whistling (bersiul dengan dua nada, yakni berisi nada tinggi awal, diikuti dengan nada rendah) dan teriakan pujian. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cat Calling

 

Salah satu cara paling umum yang dilakukan pria untuk mengobjektifikasi wanita adalah melalui cat calling, sebuah perilaku yang dilaporkan dialami wanita di masa kanak-kanak dan dewasa.

Cat calling tidak harus menggunakan bahasa yang kasar atau dianggap cabul dan menyinggung. Hal ini sering bersifat fisik atau seksual dan lebih sering digunakan ketika laki-laki berpasangan atau berkelompok, daripada ketika mereka sendirian.

Walaupun orang-orang dari semua jenis kelamin dapat melakukan cat calling, tetapi praktik ini biasanya dan secara historis dikaitkan dengan pria.

Seperti yang sering terjadi pada pelecehan seksual, beberapa wanita bersalah karena merendahkan dan menjadikan pria sebagai objek. Namun, secara statistik, pria sering terlibat dalam sebagian besar objektivitas.

3 dari 4 halaman

Pelecehan atau Pujian?

Meskipun awalnya dianggap tidak masalah oleh sebagian orang, cat calling akan bermasalah karena termasuk pelecehan.

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa wanita merasakan efek psikologis negatif setelah di-cat calling. Dampak paling menonjol adalah penurunan harga diri yang berbeda.

Terlepas dari argumen defensif bahwa cat calling adalah pujian, banyak wanita merasa tidak didengar, dan merasa menjadi objek saat disiuli atau dikomentari oleh orang yang tidak dikenal.

Jauh dari berbahaya atau tidaknya, cat calling dapat menimbulkan kerugian mental dan emosional pada wanita atau korban yang terlibat.

Fakta bahwa pelecehan di jalanan melibatkan perilaku intimidasi sehingga para korban menjadi malu dan mengisolasi diri mereka sendiri dalam upaya untuk meminimalkan kejadian pelecehan yang berulang.

Mengutip Psychology Writing, efek dari street harassment, meliputi:

1. Penurunan Kinerja

Penurunan kinerja adalah salah satu efek negatif yang terkait dengan pelecehan jalanan. Ketika orang mengalami pelecehan dalam bentuk apa pun, produktivitas mereka di tempat kerja berkurang.

4 dari 4 halaman

2. Turunnya Harga Diri

Berkurangnya harga diri menyiratkan bahwa individu melihat diri mereka sendiri sebagai kurang berharga tentang orang lain, yang berasal dari ras, jenis kelamin, agama, atau orientasi seksual yang berbeda.

Selain itu, berkurangnya harga diri dapat menyebabkan depresi. Menurut Fairchild dan Rudman, depresi adalah salah satu tantangan yang dialami beberapa orang ketika orang lain melecehkan mereka dengan cara yang merendahkan.

Tak heran, banyak yang beranggapan bahwa depresi sebagai salah satu efek utama yang dialami para korban pelecehan setelah tindakan tersebut.

3. Gaya Hidup

Efek lainnya yang membuat street harassment menjadi masalah yang memprihatinkan, yakni perubahan yang dimulainya dalam kehidupan korban, seperti mengubah cara berpakaian mereka.

Padahal, perubahan gaya hidup individu harus dalam kehendak dan kebebasan mereka sendiri dan bukan melalui rasa takut yang ditanamkan oleh pelaku pelecehan.

4. Menyalahkan Dirinya Sendiri

Dalam beberapa kasus, korban pelecehan akan menyalahkan diri mereka sendiri karena berpakaian dengan cara tertentu atau berperilaku dengan cara tertentu.

Penelitian telah menggabungkan efek negatif street harassment terhadap individu, yang kemudian dipaksa untuk hidup dalam ketakutan dan rasa bersalah terhadap diri sendiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.