Sukses

Potret 14 Ras Kucing dengan Bulu Tak Mudah Rontok, Cocok jadi Hewan Peliharaan

Berikut ras kucing dengan bulu yang tidak mudah rontok

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda menyukai kucing, tetapi pikiran memiliki bulu di mana-mana di rumah membuat Anda tidak nyaman, memelihara ras yang tidak berbulu atau berbulu pendek mungkin merupakan pilihan terbaik Anda.

Mengutip Newsweek, Senin (7/11/2022), ras kucing dengan bulu yang lebih halus atau bulu yang sangat pendek biasanya lebih sedikit rontok daripada ras yang berbulu panjang atau dengan batang rambut yang lebih tebal.

Namun, penting untuk dipahami bahwa tidak ada ras kucing yang benar-benar 'bebas rontok'.

"Sebagian besar kucing yang tidak berbulu tidak benar-benar botak dan memiliki bulu seperti bulu persik," ungkap Vicki Jo Harrison, Ketua Asosiasi Kucing Internasional (TICA).

Ras yang tidak berbulu memang membutuhkan perawatan yang sedikit lebih banyak. 

"Bulu kucing memungkinkan bulunya menyerap minyak dari kulitnya. Akibatnya, kucing dengan sedikit atau tanpa bulu perlu dimandikan secara teratur. Pastikan Anda menggunakan sampo yang diformulasikan untuk kucing," kata Vicki.

Ras kucing yang tidak berbulu juga bisa lebih sensitif terhadap sinar matahari dan suhu dingin. Jadi, penting untuk menjaga mereka tetap hangat selama musim dingin dan juga membatasi waktu mereka di tempat yang cerah, seperti jendela dan pintu, selama jam-jam puncak matahari.

Berikut adalah beberapa ras kucing berbulu pendek dan tidak berbulu yang tidak akan meninggalkan bulu di mana-mana.

1. Sphynx

Seekor kucing Sphynx meraih mainannya saat mengikuti kompetisi kecantikan kucing internasional di Bucharest, Rumania (14/4). (AP/Vadim Ghirda)

Sphynx adalah kucing yang secara alami tidak berbulu berkat mutasi genetik dan pilihan utama bagi orang-orang yang berharap untuk mengurangi alergi kucing mereka.

Teresa Keiger dari The Cat Fanciers Association mengatakan bahwa beberapa Sphynx memiliki sedikit bulu seperti bulu persik di tubuhnya. Seperti semua kucing yang tidak berbulu, mereka akan membutuhkan perawatan dasar.

Keiger menjelaskan bahwa seperti halnya manusia, kulit semua kucing mengeluarkan minyak, dan menyeka tubuh mereka dengan lembut akan membantu mengurangi minyak ini.

Ia juga mengatakan bahwa kucing-kucing ini adalah teman yang sangat menyenangkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 14 halaman

2. Cornish Rex

Meskipun Cornish Rex memiliki bulu, bulu kucing ini lebih sedikit rontok daripada ras lain. Bulu mereka keriting dan sangat pendek.

Cornish Rex juga merupakan jenis yang sangat menyenangkan, sehingga mereka bisa menjadi pilihan yang sempurna bagi seseorang yang menginginkan teman bermain yang aktif untuk diri mereka sendiri atau hewan peliharaan mereka yang lain.

 

3 dari 14 halaman

3. Devon Rex

Devon Rex adalah jenis kucing berbulu keriting lainnya dengan bulu pendek. Kieger mengatakan bahwa kucing ini akan mengembangkan ikatan yang sangat erat dengan pemiliknya, dan mereka menyukai perhatian.

 

4 dari 14 halaman

4. Burmese

Burmese adalah kucing kecil dengan bulu yang pendek dan halus yang secara alami memiliki bulu yang lebih sedikit daripada ras lainnya.

Menurut Cat Fanciers Association, mereka memiliki banyak kasih sayang untuk orang-orang mereka, ingin berada di sisi mereka sebanyak yang mereka bisa-tetapi tanpa terlalu menuntut.

 

5 dari 14 halaman

5. Birman

Sekali melihat bulu yang luar biasa halus dari trah ini mungkin membuat Anda membayangkan bulu-bulu yang menutupi setiap permukaan yang melekat di rumah Anda, tetapi juri dari The Cat Fanciers Association, Hope Gonano, mengatakan bahwa, trah ini relatif tidak terlalu banyak bulu karena bulunya yang tidak berjumbai yang membutuhkan perawatan minimal.

Selain itu, Birman pada dasarnya cerdas, lembut dan penuh kasih sayang. Mereka merespon dengan baik terhadap pelatihan dan dapat beradaptasi untuk hidup bersama anak-anak dan hewan peliharaan lainnya di rumah Anda.

 

6 dari 14 halaman

6. Exotic Shorthair

Sering digambarkan sebagai Persia berambut pendek, Exotic Shorthair memiliki bulu yang tebal dan lebat dan jarang rontok.

Meskipun mereka membutuhkan beberapa sisiran untuk menghilangkan bulu mati dengan benar. Sebagai ras yang tenang dan santai, Exotic Shorthair sangat penyayang dan dapat beradaptasi dengan mudah dimanapun.

 

7 dari 14 halaman

7. Russian Blue

Russian Blue umumnya rontok selama dua sampai tiga minggu hanya sekali atau dua kali setahun dan mudah untuk dirawat.

Mereka memiliki bulu ganda yang lembut dan padat dengan warna biru perak yang khas. Ras berukuran sedang dengan bentuk tubuh yang anggun dan berotot, Russian Blue memiliki temperamen yang lembut dan dikenal mudah untuk dilatih.

 

8 dari 14 halaman

8. Siamese

Menurut Gonano, kucing Siamese memiliki bulu yang tidak terlalu banyak perawatan yang dapat dirawat dengan cara disikat dengan sisir bergigi halus.

Setelah bulu-bulu mati mereka dihilangkan, mereka akan lebih sedikit.

Dengan telinga yang besar, mata biru yang khas, dan bentuk tubuh yang ramping dan langsing, Siamese senang berada di sekitar dan mengobrol dengan orang-orang mereka. 

9 dari 14 halaman

9. Oriental Shorthair

Karena hubungannya dengan keluarga Siamese, Oriental Shorthair juga mudah dirawat.

Panjang dan ramping seperti Siamese, Oriental Shorthair berbeda dalam pewarnaan mereka, yang bisa datang dalam lebih dari 300 warna dan pola yang meliputi eboni, putih, dua warna dan tabby.

Ras yang penuh kasih sayang dan menghibur, kucing-kucing ini suka menjadi pusat perhatian dan bisa menjadi sensitif jika diabaikan atau ditinggalkan sendirian terlalu sering.

 

10 dari 14 halaman

10. Donskoy

Menurut The International Cat Association, ras elegan ini dapat ditemukan dengan empat jenis bulu yang berbeda yang datang dalam berbagai warna. Semua kecuali satu jenis bulu biasanya tidak berbulu, membuat Donskoy menjadi pilihan yang tidak berbulu.

Beberapa Donskoy memiliki bulu tambal sulam atau bulu persik pendek yang bisa sangat lembut saat disentuh. Mereka adalah kucing yang mudah bergaul dan senang menjadi pusat perhatian.

 

11 dari 14 halaman

11. Bengal

Bengal yang khas dikenal karena bulunya yang menakjubkan dengan bintik-bintik yang jelas dan marmer seperti macan tutul akan mengingatkan Anda pada sepupu kucing liar ini.

Kucing ras ini memiliki bulu yang lembut seperti beludru saat disentuh dan tidak mudah rontok.

Menurut The Cat Fancier's Association, Bengal memiliki rasa ingin tahu, atletis, dan penuh kasih sayang. Kucing ini suka bermain dan sangat cocok untuk orang tua hewan peliharaan yang menyukai teman yang menarik dan cerdas.

 

12 dari 14 halaman

12. Peterbald

Menurut The International Cat Association, Peterbald mungkin sama sekali tidak berbulu atau memiliki berbagai macam bulu mulai dari bulu persik pendek hingga sedikit lebat dan lembut - tetapi semua varietas memiliki bulu yang tidak terlalu lebat.

Kucing yang menggemaskan ini memiliki tampilan yang penuh rasa ingin tahu berkat telinganya yang besar seperti kelelawar.

Peterbalds dikenal sangat cerdas, vokal, dan sangat penyayang-jika Anda menginginkan kucing yang tidak akan meninggalkan sisi Anda, ras yang ramah ini adalah pilihan yang bagus untuk kucing dengan bulu yang tidak terlalu lebat.

 

13 dari 14 halaman

13. Minskin

Persilangan antara ras Sphynx dan Munchkin, Minskin memiliki bulu yang jarang dengan bercak-bercak bulu yang lebat dan lembut yang sering ditemukan di wajah, telinga, hidung, kaki, dan ekor mereka.

Menurut The International Cat Association, bulu mereka yang minim sangat sedikit rontok dan hadir dalam semua warna dan pola.

Minskin umumnya ramah dan senang berada di sekitar manusia dan hewan lainnya. Meskipun mereka memiliki kaki yang pendek, mereka sangat atletis dan suka bermain dan tidak memiliki masalah untuk mengimbangi rekan-rekan mereka yang berkaki lebih panjang.

 

14 dari 14 halaman

14. Tonkinese

Kucing Tonkinese memiliki bulu yang lembut dan minim rontok, pendek, halus dan sempurna untuk dibelai.

Cat Fancier's Association mencatat bahwa mereka memiliki 12 warna bulu dengan berbagai pola.

Verbal, ingin tahu, dan selalu senang memiliki teman, Tonkinese adalah teman yang hebat yang akan menghibur dengan kejenakaan mereka yang menyenangkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.