Sukses

Sunmori Makin Pede! Kenali Jenis Helm yang Sesuai Motor Kamu

Selain untuk menunjang keselamatan, menggunakan helm yang sesuai dengan motor juga dapat menambah penampilan jadi lebih keren saat lagi riding.

Liputan6.com, Jakarta Sunday morning ride disingkat Sunmori adalah salah satu kegiatan yang ditunggu-tunggu para pecinta motor. Kegiatan berkendara di hari minggu pagi ini, bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan sebelum kembali ke aktivitas kerja di keesokan harinya. 

Sunmori juga bisa menjadi waktu untuk membahas seputar otomotif dan motor bersama dengan bikers lainnya. Mulai dari bahas bagaimana kondisi motor, sparepart, sampai peralatan keamanannya seperti helm.

Seperti kita ketahui, helm adalah alat pelindung kepala ini wajib digunakan saat berkendara, tak terkecuali buat kalian yang suka sunmori. Selain untuk menunjang keselamatan, menggunakan helm yang sesuai dengan motor juga dapat menambah penampilan jadi lebih keren saat lagi riding.

Buat kalian yang pengen ganti atau baru mau beli helm, Yuk! Pahami beberapa jenis helm yang cocok dengan tipe motor yang kalian miliki seperti dilansir dari laman begin-motorcycling.co.uk: 

Full-face

Ini merupakan jenis helm paling aman digunakan dalam berkendara karena terbuat dari bahan yang solid dan bentuknya yang menutupi seluruh bagian kepala. Helim ini memiliki desain yang aerodinamis, membuatnya lebih tangguh menghadapi terpaan angin saat berkendara. Jenis helm ini cocok digunakan untuk mengendarai tipe motor yang menggunakan body fairing dan berkapasitas mesin besar. 

Open-face

Sesuai dengan namanya, saat menggunakan helm ini wajah kalian akan sepenuhnya terbuka, yang membuat pandangan kamu saat berkendara lebih jelas. Helm ini memiliki bobot yang lebih ringan ketimbang helm full face.

Keuntungan menggunakan helm ini saat berkendara adalah kamu masih bisa makan dan minum tanpa harus melepas helm, juga saat berbicara menjadi lebih jelas. Tetap memiliki standar keamanan yang baik, itulah mengapa helm ini paling banyak digunakan oleh pengendara motor. 

Half-face

Ini adalah jenis helm yang segi keamanannya paling kurang, karena bagian sisi depan dan belakang kepala kamu tidak terlindungi dengan baik. Membuat resiko kepala kalian terluka saat terjadi kecelakaan lebih besar. Meski begitu, tak sedikit yang mengenakan jenis helm ini saat mengendarai sepeda motor custom, dengan tambahan penggunaan kacamata guna melindungi mata saat berkendara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Modular/Flip-up

Keempat, ada model modular atau flip-off, ini adalah jenis helm yang menggabung helm full face dengan open face, Memiliki kelebihan dimana pada bagian visor bawahnya dapat di geser ke atas. Tujuannya bisa untuk memberi penglihatan berkendara yang lebih baik, mengurangi rasa gerah saat terlalu lama menggunakan model full face, dan mempermudah komunikasi.

Jenis helm ini cocok digunakan pada jenis motor apa saja, baik fairing, motor bebek, sampai naked bike. Namun, terdapat satu kekurangan, yaitu saat menggunakan jenis helm ini akan terasa lebih berat daripada helm full-face, karena terdapat fitur penyangga dan penggerak visor bawahnya, 

Motocross

Helm jenis ini cocok digunakan untuk melalui medan offroad, seperti jalur di daerah perhutanan. Makanya helm ini dianjurkan hanya dimiliki oleh kalian yang menyukai motor trail. 

Dengan desain visor bawahnya yang panjang guna melindungi dagu, dan mempunyai topi tambahan untuk melindungi wajah dari panas matahari, membuat helm motocross cocok digunakan saat kalian menerabas medan offroad di waktu siang. 

Namun kelemahannya, helm motocross tidak bisa melindungi wajah kamu dari debu dan kotoran, karena kebanyakan model helm ini tidak memiliki kaca bawaan. Jadi kalian harus menggunakan kacamata tambahan yang sebenarnya tidak terlalu efektif guna melindungi wajah. 

Dual Sport

Selanjutnya ada jenis helm dual sport. Jenis ini mirip dengan helm motocross, tapi desainnya terkesan lebih elegan dan aerodinamis dan juga sudah mempunyai kaca pelindung pada visornya. Jenis helm ini cocok digunakan untuk kalian yang mempunyai motor tipe adventure dan naked bike. 

Itulah penjelasan tentang beberapa jenis helm yang cocok digunakan untuk berbagai tipe motor yang berbeda-beda. Keren-keren bukan?

 

Penulis: Akbar Gilang Muhammad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.