Sukses

Imbas Instagram Down, Cristiano Ronaldo Kehilangan 3 Juta Followers

Imbas Instagram Down, Cristiano Ronaldo Kehilangan 3 Juta Followers

Liputan6.com, Jakarta - Layanan Instagram down pada Senin malam (31/10) atau tepatnya pukul 20.40 WIB. Kini, Instagram sudah kembali normal.

Sejumlah pengguna Instagram sendiri melaporkan akun mereka terkena suspends dan penangguhan akun. Bahkan, tidak bisa login lagi.

Anehnya para pengguna Instagram tidak mengetahui penyebab sebenarnya. Banyak beranggapan, pihak dari Instagram sedang memperbaiki bug hingga bersih-bersih akun yang dianggap anonim.

Dampak Instagram down dirasakan oleh pengguna, di antaranya tak bisa melihat fitur stories dan followers mereka tiba-tiba berkurang drastis.

Melansir dari laman Narcity pada Selasa (1/11) menyebutkan bahwa Cristiano Ronaldo kehilangan 3 juta pengikut (followers) dalam turun waktu 24 jam terakhir, akibat dari imbasnya Instagram down.

Kondisi yang sama yang dirasakan oleh konsultan media sosial, Matt Navarra. 

"Akun Instagram saya sendiri telah kehilangan 1,49 juta pengikut," tulis Matt Navarra di akun Twitter pribadinya.

Dia juga memiliki satu teori tentang apa yang mungkin menyebabkan kesalahan tersebut. Lalu, dia mengatakan bahwa Instagram di iOS mengeluarkan pembaruan aplikasi beberapa jam yang lalu untuk perbaikan bug.

Namun, dia menambahkan,"Tidak jelas apakah itu yang menimbulkan masalah hari ini (Senin, 31 Oktober, 2022).".

Selain dua Cristiano Ronaldo dan Matt, aktor Dwayne Johnson alias The Rock juga merasakan hal yang sama. Dia telah kehilangan lebih dari setengah juta pengikut.

Disusul Kim Kardashian lebih dari 749.000 pengikut lenyap. Sementara pengikut dari Taylor Swift turun 674.000 dan juga Kyle Jenner kehilangan 1,1 juta pengikut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pihak Instagram Klarifikasi dan Minta Maaf

Akibat dari masalah Instagram down, media sosial milik perusahaan Meta itu mengakui ada permasalahan di dalam sistemnya hingga menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh pengguna Instagram.

"Kami menyadari bahwa beberapa dari kamu mengalami masalah saat mengakses akun Instagram. Kami sedang menyelidikinya dan mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis Instagram di Twitter melalui akun @InstagramComms. 

3 dari 4 halaman

#Instagramdown Jadi Trending Topik di Twitter

Tanda pagar alias hastag Instagram down, #Instragramdown, jadi trending topic di Twitter. Melalui pantauan Liputan6.com hingga Selasa (1/11/2022) siang, ada lebih dari 40 ribu tuit dan 73,3 ribu likes yang mengaitkan masalah ini.

Situs Downdetector telah mendeteksi adanya masalah Instagram eror yang terjadi di Amerika Serikat. Di beberapa kota besar seperti New York, Los Angeles, Chicago, Boston, Washington, Atlanta, dan sekitarnya.

Meski demikian, ada sejumlah pengguna di Indonesia mengeluhkan hal sama, yang mana akun mereka kena suspended tanpa alasan jelas dan tak bisa login.

4 dari 4 halaman

Sudah Menyelesaikan Bug Sistem

Pihak Instagram pun bergerak cepat untuk memperbaiki permasalahan tersebut hingga mereka menyatakan telah menyelesaikan masalahnya.

Menurut Instagram, masalah ini terjadi karena ada bug dalam sistem.

"Kami telah mengatasi bug ini sekarang-yang menyebabkan orang-orang di berbagai belahan dunia mengalami masalah dalam mengakses akun mereka dan menyebabkan perubahan sementara pada beberapa jumlah pengikut. Maaf!" tulis perusahaan Meta, dikutip dari akun Twitter @InstagramComms.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.