Sukses

Sejumlah Pemimpin Dunia Berduka atas Tragedi Halloween Itaewon Korea Selatan

Tragedi Halloween Itaewon yang terjadi pada Minggu dini hari, 30 Oktober 2022, waktu Korea Selatan jadi perhatian dunia.

Liputan6.com, Seoul - Para petinggi sekaligus pemimpin dunia dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Inggris, Meksiko, dan masih banyak lagi, mengirimkan ucapan bela sungkawa atas tragedi halloween Itaewon pada Minggu (30/10/22).

Dilansir dari laman Yonhap, Presiden Amerika Serikat, Joe Biden dalam pernyataannya mengatakan,"Kami berduka dengan rakyat Republik Korea dan mengirimkan harapan terbaik kami untuk pemulihan cepat bagi semua yang terluka.".

Dari negara tetangga Korea Selatan, Tiongkok, presiden Xi Jinping secara langsung mengirimkan doa sekaligus ungkapan bela sungkawanya atas tragedi Halloween tersebut.

"Bela sungkawa yang mendalam kepada para korban atas nama pemerintah dan rakyat Tiongkok, dan mengirimkan simpati yang tulus kepada keluarga yang ditinggalkan dan yang terluka," kata Xi Jinping.

Rishi Sunak, Perdana Menteri Inggris yang baru saja dilantik pun turut mengirimkan ucapan bela sungkawa untuk para korban dari tragedi halloween Itaewon.

"Semua pikiran kami bersama mereka yang saat ini merespons dan semua warga Korea Selatan pada saat yang sangat menyedihkan ini," ujar Rishi Sunak melalui pernyataan resminya

Presiden Korea Selatan, Yoon Seok Yeol di hari yang sama langsung mengadakan konferensi pers di kantor kepresidenan Yongsan.

Dia mengumumkan bahwa tragedi halloween di Itaewon ini merupakan keadaan darurat dan menjadi masa berkabung bagi Korea Selatan hingga 5 November 2022.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Jumlah Korban Tragedi Halloween Itaewon

Hingga saat ini, per Minggu malam, 30 Oktober 2022, jumlah korban meninggal dilaporkan terus meningkat hingga menembus angka 153 jiwa tewas.

Sedangkan, untuk korban yang mengalami cedera dilaporkan telah menyentuh angka 133 orang.

Tragedi ini menjadi salah satu tragedi maut besar di bulan Oktober selepas terjadinya tragedi Kanjuruhan di Malang, Jawa Timur.

3 dari 4 halaman

Pembatalan Sejumlah Acara

Selama masa berkabung sejak mencuatnya tragedi halloween Itaewon, sejumlah acara di televisi swasta maupun nasional di Korea Selatan terpaksa harus dibatalkan.

Hal ini semata-mata dilakukan untuk menunjukkan empati kepada para korban.

Selain itu, para televisi juga dapat fokus untuk membagikan berita terbaru seputar jumlah korban tewas dan korban yang cedera atas tragedi ini.

Acara yang turut dibatalkan siarannya antara lain SMTOWN Wonderland 2022, Inkigayo, Animal Farm, Running Man, 1 Night 2 Days, Comedy Big League, Boss in The Miror, hingga King of Masked.

Bahkan, festival musik besar seperti Halloween Strike Music Festival 2022 dan Busan One Asia Festival 2022 juga telah dibatalkan.

4 dari 4 halaman

Kibarkan Bendera Setengah Tiang di India

Dilansir dari laman India Times, tragedi halloween Itaewon yang memakan ratusan korban jiwa ini membuat kantor kedutaan besar Republik Korea Selatan yang berlokasi di Delhi, India, mengibarkan bendera setengah tiang.

Hal ini ditujukan sebagai tanda sekaligus ungkapan duka cita bagi para korban dan juga keluarga yang ditinggalkan.

"Kami mengibarkan bendera setengah tiang sebagai sikap bela sungkawa atas tragedi halloween Itaewon yang terjadi," ujar seorang pejabat senior Kedutaan besar Republik Korea Selatan di Delhi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.