Sukses

Seberapa Penting Jalin Relasi Bagi Mahasiswa saat Kuliah dan Apa Benefitnya?

Seberapa penting punya relasi saat kuliah bagi mahasiswa dan apa keuntungannya dalam dunia kerja?

Liputan6.com, Jakarta - Jaringan dan suatu relasi profesional yang aktif sangat penting dalam hal pertumbuhan karier, khususnya untuk para mahasiswa yang memang ingin melanggah ke jenjang karir secara profesional.

Mengutip dari laman Clevers, Sabtu (29/10/2022), ada banyak cara yang bisa dilakukan mahasiswa untuk dapat mencari suatu relasi profesional dalam fase perkuliahan.

Salah satunya, dengan mengikuti organisasi yang memungkinkan buat kamu untuk mencari dan mengenal relasi secara luas karena sistem kerja organisasi membutuhkan banyak jaringan.

Akan tetapi sebenarnya ada cara lain yang sangat sederhana dan bermanfaat yaitu dengan mengikuti acara-acara networking. Acara tersebut bisa saja berbentuk seminar, studi independen dan workshop.

Namun, bagi banyak mahasiswa, bahkan hanya dengan memikirkan acara networking, mungkin tampak sangat menakutkan dan mengintimidasi.

Tetapi kenyataannya, acara-acara semacam ini tidak hanya bermanfaat tetapi juga sangat bermanfaat, dan percaya atau tidak, acara-acara ini juga bisa sangat menyenangkan.

Jika kalian adalah seorang mahasiswa yang akan memulai karir secara profesional atau bahkan jika kalian tidak tahu apa yang ingin kalian lakukan setelah kalian lulus.

Sebenarnya acara networking akan membuka banyak pintu dan bahkan dapat mempermudah untuk mempersempit pekerjaan yang tepat yang ingin kalian lamar.

Relasi selain mempermudah untuk mencari suatu pekerjaan, juga dapat sebagai acuan dan contoh nyata bagaimana kita melihat orang-orang yang sudah profesional bekerja dan memulai karier mereka. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tempat Dapatkan Saran dan Dukungan Karier

Ini adalah salah satu cara terbaik bagi mahasiswa untuk mendapatkan akses langsung ke saran dan dukungan karier.

Dengan berbicara dengan orang yang berpengalaman dalam industri tertentu merupakan manfaat utama, tidak hanya untuk siswa tetapi untuk semuana.

Ketika kalian mengikuti sebuah acara networking, nantinya kalian akan memiliki kesempatan untuk mengajukan pertanyaan penting terkait dengan karier tertentu yang mungkin kalian miliki.

Apalagi jika kalian terlibat dengan organisasi atau project kampus yang harus melibatkan kerja sama dengan profesional.

Gali terus peluang, cari dan amati apakah jenjang karier yang mereka lakukan sesuai dengan keinginan dan kemampuan yang kalian miliki dan pertimbangkan hal tersebut sebagai acuan pada masa depan.

Para ahli juga merekomendasikan agar kalian mendapatkan kartu nama dan LinkedIn sebanyak mungkin, karena kalian tidak pernah tahu siapa yang mungkin perlu kalian hubungi di masa depan.

3 dari 4 halaman

Relasi Mengeratkan Rasa Sosialisasi

Menghabiskan banyak waktu di kampus atau di sekitar ribuan mahasiswa sering kali bisa menjadi monoton. Jadi mengapa tidak mempertimbangkan untuk menghadiri berbagai jenis acara networking?

Dan jika Anda benar-benar berani, cobalah untuk melakukannya sendiri!

Acara networking menyediakan suasana yang bagus untuk bersosialisasi sekaligus meningkatkan kemungkinan karier kalian, jadi ini adalah situasi yang saling menguntungkan.

Kalian akan bertemu dengan banyak orang lain lagi dari berbagai macam latar belakang dan jurusan.

Karena organisasi saat kuliah melakukan hubungan sebagian besar dengan lingkungan internal kampus dan kebanyakan dilakukan hubungan oleh sesama mahasiswa.

Jadi cobalah keluar dari zona nyaman dan lakukan sosialisasi dengan banyak orang profesional agar lebih banyak lagi relasi yang kalian jalanan.

Ketika kalian mengalami kesulitan, kalian dapat menghubungi kontak-kontak tersebut.

4 dari 4 halaman

Meningkatkan Peluang Kerja

Memperluas kontak telah terbukti membuka pintu ke peluang baru untuk bisnis, kemajuan karier, pertumbuhan pribadi, atau hanya pengetahuan baru.

Bagi mahasiswa yang cenderung pemalu atau pendiam, membangun jaringan adalah cara yang sangat baik bagi kalian untuk membangun kepercayaan diri.

Dengan terus menempatkan diri kalian di luar sana dan bertemu orang baru, kalian secara efektif melangkah keluar dari zona nyaman kalian dan membangun keterampilan sosial yang tak ternilai serta harga diri yang akan selalu membantu Anda di masa depan.

Intinya adalah, semakin banyak kalian berjejaring, semakin kalian akan tumbuh dan belajar bagaimana membuat koneksi yang bermanfaat.

Manfaatkan relasi dengan sebaik mungkin karena kesempatan ini tidak datang dua kali.

Jangan lupakan kewajiban sebagai mahasiswa dalam mengerjakan tugas dan menuntut ilmu pengetahuan, namun pikirkan juga apa yang akan kalian lakukan saat sudah lulus nanti. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.