Sukses

Jangan Bingung, Ini 6 Cara untuk Mencari Tujuan Hidup

Gagasan kehidupan hidup tentu berbeda-beda bagi setiap orang karena dibesarkan di pengaruh lingkungan yang berbeda juga.

Liputan6.com, Jakarta - Menemukan tujuan hidup tentu merupakan hal yang sangat ingin diketahui oleh semua orang. Entah dapat diketahui atau tidak, tujuan hidup yang misterius tampak menantang untuk dicapai.

Gagasan kehidupan tentu berbeda-beda bagi setiap orang karena dibesarkan di pengaruh lingkungan yang berbeda juga.

Gagasan tujuan hidup yang biasanya tertanam adalah untuk menikah dan memiliki anak. Tak jarang juga, untuk mendapatkan sejumlah uang atau mencapai posisi tertentu dalam masyarakat.

Namun, jenis pencapaian tersebut seringkali tidak membawa jenis kepuasan yang datang dengan menemukan “tujuan pribadi”.

Mengutip Better Up, Selasa (25/10/2022),  tujuan pribadi bukanlah tujuan akhir yang spesifik dan lebih merupakan dampak yang berkelanjutan pada dunia, secara besar atau kecil. Tujuan pribadi ini sebenarnya memandu dan menopang seseorang dari hari ke hari selama bertahun-tahun.

Bahkan, ketika seseorang mengalami kemunduran dan dunia terasa seperti terbalik, tujuan memberikan stabilitas dan 'arah'.

Itulah mengapa, menemukan tujuan sangat penting untuk menjalani kehidupan yang bahagia dan sehat.

Meskipun pertanyaan 'apa tujuan hidupmu?”'bisa tampak seperti pertanyaan berat, tetapi pertanyaan ini nyatanya layak ditanyakan dan mencoba untuk menjawabnya. 

Oleh karena itu, menemukan tujuan hidup dapat membuka kepuasan dan kesuksesan yang lebih besar di semua bidang kehidupan.

Tak perlu khawatir untuk menemukannya, berikut penjelasan mengenai arti tujuan hidup dan cara yang dapat dilakukan untuk menemukannya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Apa Tujuan Hidup?

Sebenarnya, tidak apa-apa apabila seseorang belum menemukan tujuan hidup, atau bahkan tidak menemukannya sama sekali.

Mengutip Tracking Happines, yang terpenting adalah bagaimana seseorang terus mencoba hal-hal baru dan memiliki keinginan untuk belajar.  

Tujuan adalah 'permainan' panjang dan bukan tujuan jangka pendek, sehingga diyakini seseorang tidak akan pernah sampai ke ujungnya. Tetapi, bahkan dengan tujuan yang kuat, seseorang tetap dapat merasa lelah untuk hidup.

Itulah sebabnya, idealnya, tujuan hidup menyatu dengan apa yang menarik minat dan membuat seseorang merasa senang.

Mengutip Better Up, di Jepang gagasan ini dikenal sebagai ikigai. Ikigai adalah konsep yang mengikuti kegembiraan dan membantu orang menemukan karier impian dan jalur hidup yang mereka jalani.

Konsep ikigai adalah menyatukan makna dalam pekerjaan dan menghubungkannya dengan tujuan pribadi. Di antara pekerjaan, tanggung jawab keluarga, dan ekspektasi sosial, ikigai menarik garis lurus yang menopang seseorang untuk terus berjalan dan menjalani tujuan hidup. 

3 dari 5 halaman

6 Cara untuk Membantu Menemukan Tujuan Hidup

1. Mendonasikan Waktu, Uang, atau Tenaga

Mengutip dari Very Well Mind, jika ada satu kebiasaan yang bisa diciptakan untuk membantu menemukan tujuan hidup, itu adalah membantu orang lain.

Perilaku yang dermawan dan bajik dapat direalisasikan melalui menjadi sukarelawan, menyumbangkan uang, atau sekedar terbuka untuk membantu orang-orang di sekitar kita setiap hari.

Melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain dapat membuat diri merasa seola-olah hidup memiliki makna dan alasan untuk terus berlanjut.

 

2. Mengembangkan Growth Mindset

Memiliki pola pikir yang berkeinginan untuk bertumbuh terkait dengan memiliki tujuan. Terus tumbuh dan menjadi versi terbaik diri sendiri dapat membantu seseorang mengidentifikasi tujuan dan berkomitmen untuk mengejarnya.

Pola pikir bertumbuh juga memungkinkan untuk melihat tantangan sebagai peluang, melihat kegagalan sebagai tempat untuk belajar, dan mendorong diri untuk terus terbuka terhadap kritik yang membangun.

4 dari 5 halaman

Cara Lainnya

3. Mengelilingi Diri Sendiri dengan Orang-Orang yang Positif

Orang-orang yang mengelilingi seseorang mengatakan sesuatu mengenai orang tersebut. Jika seseorang dikelilingi oleh orang-orang yang membuat peurbahan positif, ia akan dapat mengambil inspirasi dari mereka.

Di sisi lain, jika seseorang dikelilingi oleh lingkungan dan orang-orang yang negatif, pola pikir yang negatif akan terbentuk dan mendistraksi seseorang untuk menemukan tujuan hidup yang bahagia.

 

4.  Jelajahi Minat Diri Sendiri

Ketahui topik tertentu yang membangkitkan rasa antusias terhadap diri sendiri. Topik yang tanpa sadar sering dibicarakan dan dibagikan dapat menjadi salah satu indikator untuk mengetahui minat. Pertimbangkan hal-hal yang sering dibicarakan dan disukai mengungkapkan hal-hal yang memberi tujuan hidup.

5 dari 5 halaman

Cara Selanjutnya

5. Singkirkan Rasa Takut

Meskipun latihan ikigai adalah cara yang bagus untuk mulai melakukan brainstorming dan memvisualisasikan tujuan hidup. Tetapi, tentu melelahkan untuk mencoba mencapainya.

Seringkali dalam menemukan tujuan hidup, banyak rasa takut dan kecemasan yang muncul karena mengetahui terdapat hal-hal yang tidak dapat kita lakukan. Ketakutan inilah yang kemudian menahan kita untuk mencapai tujuan dan impian.

Mengutip Bright Space Couching, membuat daftar ketakutan dalam proses menemukan tujuan hidup dapat membantu seseorang untuk tidak kewalahan dan mencari cara untuk berkontribusi pada hal yang menjadi kekuatan diri sendiri.

 

6. Tanyakan Pertanyaan yang Mendorong Diri

Pertanyaan dasar seperti 'apa yang ingin lakukan, bila uang bukan hal terpenting di dunia' kerap menjadi pemicu untuk menemukan tujuan hidup yang benar-benar berada di dalam diri sendiri.

Dengan sering bertanya pertanyaan pemicu dipercaya akan memberikan jawaban yang sebelumnya tidak disadari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.