Sukses

Selain Pempek, 10 Makanan Khas Palembang Ini Wajib Dicoba

Tidak hanya pempek, makanan yang berasal dari kota Palembang mempunyai ragam dan cita rasa yang unik.

Liputan6.com, Jakarta - Palembang, tempat dengan julukan kota pempek ini merupakan kota tertua di Indonesia. Sejak zaman kerajaan Sriwijaya kota ini sudah memulai peradabannya.

Palembang yang menjadi Ibu Kota Sumatra Selatan memiliki kisah dan ragam makanan yang unik dan jarang diketahui orang umum. Banyaknya ragam makanan di kota ini tidak terlepas dari perannya sebagai salah satu pelabuhan terkemuka pada zaman dahulu.

Sebagai tempat bertemunya banyak budaya, banyak tercipta makanan yang berasal dari akulturasi segala ras di Palembang. Misalnya, Pempek yang awalnya disebut-sebut lahir dari akulturasi pedagang keturunan Tiongkok yang masuk ke Palembang, sekitar abad ke-16 silam.

Namun, apakah kalian tahu kota ini memiliki makanan khas yang enak dan memiliki cita rasa unik selain Pempek?

Berikut makanan wajib yang dicoba apabila kalian ke Kota Palembang dikutip dari Wonderful Indonesia dan Traveloka, Kamis (20/10/2022).

1. Tekwan

Selain pempek, tekwan juga salah satu makanan khas Palembang. Tekwan sebenarnya masih berbahan dasar sama seperti pempek yaitu ikan dan sagu.

Tekwan disajikan dengan kuah kaldu udang yang gurih dan sedap. Bentuk adonan tekwan seperti bakso ikan yang tidak beraturan kecil-kecil, tekwan juga ditambah pelengkap seperti daun bawang, bihun, jamur, dan bengkoang. 

2. Celimpungan

Celimpungan merupakan salah satu model pempek dengan penyajian berbeda. Makanan ini kerap kali ada di hari perayaan di rumah-rumah Palembang. Celimpungan berbentuk sama seperti Tekwan, tak beraturan namun lebih besar.

Kalau Tekwan menggunakan kuah kaldu udang, celimpungan menggunakan kuah kari santan sebagai pelengkapnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Makanan Khas yang Sering Ditemukan di Resto Palembang

3. Model

Model adalah makanan khas palembang yang memakai kuah kaldu udang juga, adonan model diisi dengan tahu digoreng terlebih dahulu sebelum nantinya dituang dengan kaldu udang. Makanan ini sangat cocok dimakan ketika musim hujan.

4. Pindang Patin

Makanan yang selalu ada di resto khas Palembang ini, merupakan hidangan yang berbahan dasar ikan patin dengan kuah sup berwarna coklat.

Kuliner ini memiliki cita rasa asam, manis, dan pedas. Kuliner ini paling sedap disajikan selagi hangat dan dimakan bersama nasi putih serta sambal tempoyak.

5. Mie Celor

Jika kalian bosan dengan masakan ikan, kamu bisa mencoba Mi Celor atau Mie Celor. Mie ini disajikan dengan kuah santan dan kaldu udang kering, irisan telur rebus, seledri cincang, daun bawang, dan bawang goreng.

Hidangan ini disajikan dalam porsi besar. Mie yang digunakan untuk mie celor adalah mie telur sehingga teksturnya berbeda dengan kebanyakan hidangan mie yang dikenal.

Fakta unik bahwa setiap produsen mie telur untuk mie celor ini mempunyai cita rasa yang berbeda. Mie celor dapat disantap kapan pun.

3 dari 4 halaman

Makanan Hari Raya Palembang

6. Malbi

Malbi merupakan salah satu makanan khas Palembang, biasanya dihidangkan saat Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, serta pernikahan adat Palembang. Hidangan ini merupakan pengganti dari rendang yang umumnya dikenal masyarakat Indonesia.

Pengolahan Malbi, yakni daging sapi yang direbus dengan kecap manis dan rempah-rempah. Satu porsi Malbi biasanya disajikan dengan nasi minyak atau oil rice, nasi yang dimasak dengan minyak ghee dan rempah-rempah.

7. Sambal Tempoyak

Sambal Tempoyak merupakan sambal yang paling terkenal dari Palembang. Sambal ini terbuat dari fermentasi durian. Sambal ini memiliki cita rasa asam, pedas, dan manis dilengkapi dengan aroma durian.

Seringkali sambal ini dicampur dengan beberapa bahan seperti udang, daging, bawang, sampai pete yang membuat cita rasanya semakin unik.

4 dari 4 halaman

Referensi Oleh-oleh dari Palembang

8. Martabak Har

Martabak ini merupakan jajanan khas Palembang yang sering dijumpai di kota Palembang. Tidak jauh berbeda dengan martabak lainnya, terbuat dari telur ayam atau bebek .

Namun, satu hal yang membuat Martabak Har unik adalah disajikan dengan kuah kari yang kental.

9. Kemplang

Kerupuk ini wajib kamu jadikan preferensi oleh-oleh khas Palembang. Kemplang biasanya berbahan dasar udang ataupun ikan. Kemplang berbentuk bulat. Cara pemasakan kemplang ada yang dipanggang, dibakar, sampai digoreng.

10. Kue 8 Jam

Sesuai dengan namanya kue ini dibuat selama 8 jam. Apabila tidak 8 jam maka kue ini tidak jadi dan tidak berwarna coklat, kue ini sering dijumpai saat hidangan hari raya maupun dijadikan oleh-oleh dari Palembang. 

Nah, dengan ini kalian tidak hanya tahu tentang pempek saja. Makanan yang enak di Palembang sangatlah beragam karena kota ini memang memiliki sejarah yang sangat panjang. Pastikan icipi makanan-makanan di atas saat berkunjung ke Palembang, ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.