Sukses

Orang dengan Alis Nyambung Punya Kepribadian Unik, Mitos atau Fakta?

Liputan6.com, Jakarta - Bicara tentang kepercayaan, di Indonesia cerita mitos masih dipercaya sebagai sesuatu yang benar adanya. Namun apakah hal tersebut bisa dibuktikan?

Biasanya mitos yang bermunculan datang dari tradisi budaya yang berkembang di kalangan masyarakat. Dilansir Britannica, Rabu (19/10/2022), mitos dapat didefinisikan sebagai simbol yang berhubungan dengan peristiwa aktual, khususnya terkait dengan kepercayaan agama.

Beragam mitos di Indonesia, salah satunya tentang orang yang beralis nyambung memiliki fakta dan mitos tersendiri berkaitan dengan sifat dan kepribadiannya yang unik.

Dilansir Ancestry.com, para ilmuwan mengindentifikasi orang yang memiliki alis nyambung atau unibrow mendapat gen yang disebut PAX3 dari kedua orang tuanya.

Faktanya, orang yang memiliki alis nyambung juga menjadi ciri khas tersendiri dan semakin berkarakter sehingga mudah diingat orang lain, karena alis merupakan bagian wajah yang sangat mempengaruhi penampilan seseorang.

Lantas apa saja mitos dan faktanya?

1. Bisa Melihat Makhluk Halus

Sama seperti orang beralis nyambung, mitos lainnya yang masih suka diperbincangkan yakni mencukur alis bisa melihat tuyul atau makhlus halus lainnya.

“Yang satu ini boleh dipercaya atau tidak karena orang yang beralis nyambung pun tidak menyadari bahwa dirinya punya kemampuan lihat makhluk halus,” jelas Dewi Sundari Praktisi Kejawen, dikutip dari video di YouTube-nya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Keras Kepala

Seseorang yang memiliki alis nyambung dikatakan bersifat keras kepala, nakal, dan susah diatur.

“Sebenarnya pemahaman ini pada dasarnya hanya muncul karena orang yang beralis nyambung memiliki tatapan yang lebih tajam, jadi terlihat seperti diintimidasi,” ujar Dewi

Faktanya, jika kita akrab dengan orang tersebut, ia bisa saja memiliki kepribadian yang kompleks, cenderung pemalu, tidak enakan, atau lain halnya.

3. Memiliki Gairah yang Tinggi

Salah satu kepribadian yang sering dikaitkan dengan orang beralis nyambung adalah memiliki nafsu yang tinggi.

Karena banyak yang beropini bahwa orang tersebut memiliki bulu yang lebat sehingga alisnya bisa nyambung. Pasalnya, secara medis pun dikatakan faktornya berasal dari genetik, ras, hormon, dan asupan gizi.

4. Dekat dengan Jodoh

Menurut Dewi, orang beralis nyambung cenderung mudah mendapatkan pasangan dan mudah menarik perhatian lawan jenis, sehingga tidak sulit untuk menemukan jodohnya.

“Entah itu orang terdekatnya, kawan sekelasnya semasa sekolah, rekan kerjanya di kantor, atau bahkan sahabatnya sendiri,” tambahnya.

3 dari 4 halaman

Sindrom Cornelia de Lange

Terlepas dari berbagai mitos, orang yang beralis nyambung atau orang yang memiliki bulu lebat termasuk salah satu tanda dari sindrom Cornelia de Lange.

Namun hal ini tak perlu dikhawatirkan, karena orang yang memiliki alis nyambung belum sepenuhnya mengidap sindrom Cornelia de Lange.

Dilansir News Medical, sindrom Cornelia de Lange adalah gangguan perkembangan yang banyak mempengaruhi bagian tubuh, salah satunya alis yang melengkung dan bersambung.

Kebanyakan pengidap sindrom ini memiliki wajah yang khas, seperti telinga yang rendah, gigi kecil, bulu mata panjang, hingga bentuk hidung yang berbeda. Selain itu juga, berpengaruh pada gangguan pendengaran dan saluran pencernaan.

Sindrom ini pun memiliki masalah kepribadian yang mirip dengan autisme, dimana suatu kondisi perkembangan yang mempengaruhi komunikasi dan interaksi sosial.

Diketahui, sebagian orang dengan kondisi ini dilahirkan dengan cacat jantung, kejang, mulut sumbing, hingga permasalahan pada mata.

4 dari 4 halaman

Tips Mencukur Alis

Alis yang nyambung dipengaruhi lebatnya bulu, oleh karena itu berikut tips mencukur alis agar terkesan rapih dan tidak berantakan, dilansir Healthline.

- Pegang kulit alis dengan menariknya perlahan ke arah dahi.

- Gunakan pelembab petroleum jelly untuk berjaga-jaga agar terhindar dari gesekan saat dicukur.

- Jika ingin terlihat lebih rapih, bisa membingkai alis menggunakan pensil alis terlebih dahulu.

- Hindari area yang bertekstur, seperti jerawat, tahi lalat, dan lain sebagainya.

- Hindari mencukur terlalu berlebihan di area yang sama.

- Jika sudah sesuai, cuci wajah menggunakan air bersih untuk mengilangkan bulu-bulu yang tersisa saat dicukur dan tak lupa beri pelembab lagi.

Mencukur alis memang membawa sedikit resiko dapat melukai kulit kalian, namun tak perlu khawatir selagi cukurannya bersih maka tidak akan menimbulkan iritasi kulit.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS