Sukses

Selain Hari Kesehatan Mental Nasional, Berikut 9 Hari Nasional di 10 Oktober

Tanggal 10 Oktober tidak hanya diperingati sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia saja

Liputan6.com, Jakarta - Masyarakat baik yang tinggal di Indonesia maupun mancanegara selalu mengingat 10 Oktober sebagai Hari Kesehatan Mental. Padahal 10 Oktober juga menjadi hari nasional Berjalan ke Taman (National walk to a park day), Hari Penduduk Asli Amerika (native american day), hari metrik (national metric day), National Angel Food Cake Day, hari dekorasi kue (National Cake Decorating Day), hari tas tangan (National Handbag Day), Hari Kolombus (Colombus Day), Hari Menendang Pantat (National Kick Butt Day), dan Hari Bank Online (National Online Bank Day) melansir dari National Day Calendar di laman resminya https://nationaldaycalendar.com/ , Senin (10/10/2022).

Penasaran dengan penjelasan dari masing-masing hari nasional di atas? Yuk simak 9 hari nasional di 10 Oktober yang luput dari perhatian masyarakat lokal maupun universal

1. National Metric Day (Hari Metrik Nasional)

Kaum pelajaran mungkin tidak asing mendengar kata metrik. Ya metrik yang dimaksud adalah dimensi pengukuran untuk mengukur jumlah dan rasio.Dilansir  National Day Calendar, sebelum sistem metrik akhirnya menjadi bentuk pengukuran yang diterima Simon Stevin seorang ahli matematika Flemish pertama kali menyarankan metrik menggunakan sistem desimal sebagai metode pengukuran massa, jarak, dan volume dalam publikasinya tahun 1586 De Thiende (The Ten). 

Sistem metrik yang sudah ditetapkan yaitu:

1. Meteran – pengukur panjang

2. Gram – pengukur massa

3. Liter – mengukur volume

Tidak bisa dihindari bahwa setiap aspek kehidupan pasti tidak lepas dari matematika. Salah satunya dalam hal pekerjaan. Pekerjaan lain yang sebagian besar menggunakan sistem metrik meliputi:

1. Manufaktur

2. Apotek

3. Transportasi

4. Tenaga kesehatan

5. Teknologi

6. Restoran

Cara merayakan National Metric Day yaitu:

1. Ukur kecepatan dan jarak mengemudi dalam kilometer.

2. Konversi resep atau gunakan resep menggunakan sistem metrik.

3. Ukur suhu menggunakan Celcius.

4. Pesan minuman menggunakan sistem metrik.

5. Berikan pengukuran menggunakan sentimeter.

6. Abadikan moment tersebut dan posting di media sosial menggunakan hastag #NationalMetricDay .

 

2. National Angel Food Cake Day

Tanpa disadari 10 Oktober sebagai hari perayaan kue lezat, ringan, dan lembut yang disajikan oleh banyak juru masak rumahan dengan buah atau glasir.

Dilansir National Day Calendar, berasal dari Amerika Serikat dan populer pada akhir abad ke-19, perayaan ini dinamai Angel Food Cake karena tekstur kuenya yang ringan.

Cara memperingati Angel Food Cake Day dengan cara:

1. Panggang angel food cake untuk dibagikan.

2. Undang teman-teman dan suruh mereka mencicipinya

3. Abadikan momen perayaan tersebut di media sosial dengan menggunakan hastag #AngelFoodCakeDay .

 

3. National Cake Decorating Day

Hari dekorasi kue ini diperingati untuk seniman kreatif yang berhasil mengangkat desain kue ke tingkat yang lebih tinggi.

Dilansir National Day Calendar, para dekorator kue profesional memulai karir mereka hanya sebagai hobi saja. Hal ini mereka lakukan untuk mengekspresikan diri dalam bentuk yang dapat dimakan yaitu kue. Ada lima lapisan yang digunakan saat mendekor kue, yaitu:

1. Buttercream – Lapisan gula yang lembut dan sangat mudah menyebar ini enak dan disukai oleh pembuat roti. Itu dibuat dengan gula dan lemak babi, mentega, atau margarin.

2. Cream Cheese Frosting – Dengan menggabungkan butter cream frosting dan cream cheese, frosting yang kaya dan lembut ini cocok dengan cupcake dan red velvet cake.

3. Fondant – Dibuat dengan gelatin, gliserin, shortening, dan bahan-bahan lainnya, frosting yang dapat dipahat dan dapat dibentuk ini membangun berbagai desain pada kue.

4. Meringue – Putih telur, air dingin, dan gula pasir kocok hingga konsistensi berbusa menciptakan frosting yang indah dan lapang. Produk akhir dapat disajikan dingin atau dimasak hingga garing. Pembekuan ini sering ditemukan di atas kue tart atau pie.

5. Royal Icing –  Frosting seperti pasta, Royal Icing mengering menjadi cangkang keras. Terbuat dari putih telur, gula icing, dan jus jeruk nipis, lapisan gula ini siap menerima warna.

Cara merayakan National Cake Decorating Day yaitu:

1. Menghias kue dengan dekorasi favorite kalian. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dan menghargai para dekorator kue. 

2. Undang teman untuk melakukannya dan makan bersama-sama.

3. Abadikan momen tersebut di media sosial dengan menggunakan hastag #CelebrateEveryDay #NationalCakeDecoratingDay 

 

4. National Handbag Day

Hari tas nasional dirayakan untuk mengakui kegunanaan tas yang serbaguna.

Dilansir dari National Day Calendar, tas yang biasa kita gunakan tidak hanya hadir dalam berbagai bentuk dan ukuran. Namun para produsen dapat membuat tas seukuran amplop saja. Tas menarik para penggunanya karena memiliki warna, bentuk, desain/motif yang beragam. Pada awalnya tas digunakan sebagai sarana untuk hidup, namun lambat laun tas dijadikan alat atau aksesoris. 

Cara merayakan National Handbag Day yaitu:

1. Berfoto menggunakan tas favorit kalian

2. Abadikan moment tersebut dan share di media sosial dengan menggunakan hastag #nationalhandbagday.

 

5. National Walk To A Park Day

Dilansir National Day Calendar, ruang hijau adalah halam belakang suatu komunitas. Biasanya perusahaan perumahan menawarkan kepada pembeli dengan hunian yang memiliki taman di sekitar kompleknya. Tujuannya supaya penghuni dapat bermain, saling berinteraksi, dan menemukan manfaat dari alam bebas. Maka dari itu 10 Oktober dirayakan sebagai hari berjalan ke taman. Manfaat lain dari berjalan ke taman yaitu bisa menikmati cuaca dan angin sepoi-sepoi. Hal ini supaya mendorong para komunitas atau penjual perumahan untuk lebih banyak membuat ruang hijau atau taman buat umum. 

Cara merayakan National Walk To A Park Day yaitu:

1. Ajak keluarga, tetangga, atau teman untuk bergabung bersama

2. Berjalan di rute favorit kalian

3. Membawa peralatan olahraga

4. Membawa makanan

5. Membuat acara bersama

6. Membawa buku atau bahan seni

7. Abadikan moment tersebut dan share di media sosial dengan menggunakan hastag #WalkToAParkDay dan @10MinWalk

 

6. Columbus Day

Dilansir National Day Calendar, hari Columbus dirayakan di Amerika Serikat setiap tahun pada hari Senin kedua di bulan Oktober. Bertujuan untuk menandakan kedatangan Christopher Columbus ke Amerika pada 12 Oktober 1492. Christopher Columbus adalah penjelajah kelahiran Italia yang berlayar melintasi Atlantik dan lebih dari sekali. Bahkan, ia melakukan empat pelayaran transatlantik. Yang pertama adalah pada tahun 1492. Oleh karena itu sajak, "Pada tahun 1492, Christopher Columbus mengarungi lautan biru."

Cara merayakan Columbus Day yaitu:

1. Mempelajari lebih dalam tentang Christopher Columbus dan pelayarannya.

2. Abadikan momen tersebut dan posting di media sosial dengan hastag #ColumbusDay

 

7. National Kick Butt Day

Dilansir dari National Day Calendar, hari kick butt nasional diperingati setiap tahun pada hari Senin kedua di bulan Oktober. Ini adalah hari untuk memberi diri Anda tendangan di bokong. Hari ini bertujuan untuk memotivasi pemasar, pengiklan, dan mereka yang berada di dunia bisnis untuk bekerja lebih cerdas dan lebih keras menuju tujuan mereka. Salah satunya saat mengajarkan anak untuk belajar, donasi ke bank makanan empat kali setahun, cuci pirin setiap mala sebelum tidur, dan lain-lain,

Cara merayakan National Kick Butt Day yaitu:

1. Posting kegiatan "menendang pantat" dan gunakan hastag #NationalKickButtDay

 

8. National Online Bank Day

Pada hari Senin kedua di bulan Oktober, Hari Bank Online Nasional. Dilansir dari National Day Calendar bahwa kita tidak perlu membawa ATM untuk membawanya ke bank. Artinya hari itu untuk merayakan keuntungan yang ditawarkan oleh bank online (m-banking).

Manfaat memiliki bank online:

1. Makes your money work harder: Bank online secara tradisional memiliki struktur biaya yang lebih rendah dan suku bunga yang kompetitif, yang menguntungkan Anda, bukan bank.

2. Fast, convenient access: Tidak ada antrean, atau sampai bank dibuka. Banyak bank online buka 24/7 atau 24 jam dalam seminggu - bahkan pada hari libur bank AS - seperti hari ini, Senin kedua bulan Oktober, pengakuan tahunan Hari Columbus.

3. Provides the flexibility to choose where and when you bank: Lakukan transaksi perbankan Anda dengan aman tanpa meninggalkan kenyamanan rumah Anda. Banyak bank online menawarkan layanan pelanggan langsung yang dibantu agen, melalui telepon atau obrolan, agar sesuai dengan jadwal Anda.

4. Offers smart, simple features: Banyak bank online memungkinkan Anda untuk membayar tagihan Anda, mentransfer dana dan melakukan setoran secara elektronik, dan Anda juga dapat melakukan semua tugas ini "saat bepergian" dari perangkat seluler.

5. Gives you greater control over managing your money: Look at your balances and transactions whenever you want, not just when you get a statement.No branches = more environmentally friendly: Perbankan online adalah pilihan lingkungan yang lebih baik karena tidak ada lokasi cabang yang menghabiskan energi, dan Anda akan menyisihkan gas dan emisi dari melakukan perbankan Anda secara online.

Cara merayakan National Online Bank Day yaitu:

1. Buka rekening bank online baru atau ubah kata sandi di akun yang sudah ada

2. Posting di media sosial menggunakan hastag #OnlineBankDay

 

9. Native American Day

Dilansir dari National Day Calendar, hari penduduk asli Amerika yang diperingati setiap tahun pada hari Senin kedua di bulan Oktober. Hari ini merayakan budaya dan kontribusi dari banyak suku asli Amerika. Perayaan ini juga dikenal sebagai Hari Masyarakat Adat. Meskipun tidak dirayakan di semua 50 negara bagian, itu diakui di California dan South Dakota dan mendapatkan popularitas di seluruh negara. Di bagian lain negara itu, perayaan Hari Masyarakat Adat terjadi pada hari ini. Acara-acara seperti tarian tradisional, pertunjukan seni, dan upacara telah mulai menggantikan praktek Hari Columbus. Ketaatan ini berfokus pada perayaan budaya, warisan, dan sejarah suku-suku di seluruh negeri. Setiap bangsa yang beragam membawa tradisi, ritual, dan kepercayaannya sendiri. Hari itu merayakan pengetahuan, kontribusi, dan warisan mereka yang memperkaya. Ini juga merupakan pengingat akan warisan abadi mereka akan kekuatan, energi, dan ketabahan. 

Cara merayakan Native American Day yaitu:

1. Ajak teman atau kerabat untuk mempelajari tentang budaya dan sejarah penduduk asli Amerika. 

2. Hadiri acara di dekat Anda.Kunjungi museum seni atau baca buku karya penulis asli Amerika. 

3. Jelajahi bahasa dan upaya untuk mengembalikan bahasa yang hilang. 

4. Abadikan di media sosial dan gunakan hastag #NativeAmericanDay 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini