Sukses

Selain Vitamin A, Ini 5 Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Mata

Sederet vitamin yang wajib Anda penuhi untuk menjaga kesehatan mata.

Liputan6.com, Jakarta - Mata adalah salah satu alat indera terpenting manusia. Melalui mata, Anda dapat melihat segala situasi dan keindahan di lingkungan sekitar. Maka dari itu, sangat penting untuk menjaga kesehatan mata. Tak terbayangkan kesulitan apa saja yang dapat dirasakan bila indera penglihatan ini tidak berfungsi dengan baik. 

Ada beragam faktor yang dapat menurunkan fungsi kerja dan kesehatan mata seperti faktor usia, pola hidup tidak sehat, paparan sinar biru dari alat-alat elektronik, penyakit tertentu, dan masih banyak lagi. Belum lagi dengan risiko penyakit mata yang dapat menghantui contohnya seperti katarak, gangguan retina dan lain-lain.

Untuk mencegah risiko-risiko tersebut, Anda bisa memenuhi beberapa asupan penting seperti vitamin. Tak mahal, banyak sekali kandungan vitamin yang dapat dijumpai pada sayuran dan buah-buahan yang sering dijumpai di pasar dan dapur Anda, lho.  

Kira-kira ada vitamin apa saja yang harus dikonsumsi demi menjaga penglihatan Anda? Yuk, intip sederet vitamin yang wajib Anda penuhi untuk menjaga kesehatan mata berikut, seperti melansir dari Healthline, Sabtu (8/10/2022).

 1. Vitamin A

Vitamin A memainkan peran penting dalam menjaga penglihatan, terutama kornea yang menjadi lapisan penutup luar mata. Kurangnya asupan vitamin A berlanjut dapat membuat saluran air mata mengering.

Bila hal ini terjadi kornea mata dapat melunak dan berisiko terjadi kebutaan permanen. Vitamin A juga bermanfaat menurunkan risiko katarak. Vitamin A bisa ditemukan pada ubi jalar, sayuran berdaun hijau, paprika, dan labu. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Vitamin E

Vitamin E jadi antioksidan berkhasiat melindungi mata dari radikal bebas. Konsumsi vitamin E pun dapat membantu mencegah katarak karena faktor usia.

Vitamin E banyak ditemukan pada kacang-kacangan dan biji-bijian. Selain itu, salmon, alpukat, dan sayuran berdaun hijau juga merupakan sumber vitamin E terbaik.

3 dari 5 halaman

3. Vitamin C

Sama seperti vitamin E, vitamin C juga menjadi antioksidan kuat yang melindungi mata dari kerusakan radikal bebas. Selain itu, vitamin C membantu produksi kolagen dan protein yang bagus untuk mata. Studi menemukan bahwa suplemen vitamin C dapat mengurangi risiko katarak sebesar 45%. Jeruk, kangkung, brokoli dan paprika mengandung vitamin C yang tinggi. 

4 dari 5 halaman

4. Vitamin B6, B9, dan B12

Beberapa jenis vitamin B punya khasiat luar biasa untuk kesehatan mata, terutama vitamin B6, B9, dan B12. Vitamin-vitamin ini membantu menurunkan risiko terjadinya Age-related Macular Degeneration (AMD).

AMD adalah penyakit yang dapat menyerang matikula yakni pusat penglihatan di retina. Penyakit mata ini umumnya menyerang orang-orang dengan usia di atas 50 tahun. Anda dapat menemukan vitamin B pada stroberi, melon, pisang, dan bayam.

5 dari 5 halaman

5. Vitamin B1

Thiamin atau vitamin B1 berperan mengubah makanan menjadi energi dalam meningkatkan fungsi sel. Vitamin ini efektif mengurangi risiko katarak. Selain itu, vitamin B1 bagus untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Makanan yang menjadi sumber thiamin seperti biji-bijian, daging, dan ikan. 

 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.