Sukses

Orangtua, Pentingnya Pemeriksaan Mata Anak Sejak Dini

Liputan6.com, Jakarta - Merawat mata sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan. Sementara kehilangan penglihatan bukanlah bagian normal dan penuaan, jadi sangat penting untuk melindungi penglihatan kita, bahkan jika Anda memiliki kesehatan mata yang baik.

Tak hanya orang dewasa dan lansia, pemeriksaan mata juga berlaku untuk anak-anak. Dokter Spesialis Mata Ratu Windi Meidiana mengatakan orang tua perlu lebih aware terhadap penglihatan anak-anak. Sebab, di zaman modern ini, anak-anak rentan terkena radiasi cahaya dari gadget. Akhirnya, mereka mengalami rabun jauh (myopia) tinggi.

"Makanya, penting untuk pengecekan mata sedini mungkin untuk mencegah terjadinya kerusakan mata, seperti myopia tinggi. Selain itu, orang tua dapat mengontrol agar anak tetap memiliki penglihatan sehat dan terhindar dari kelainan refraksi mata," ucap dr Ratu dalam keterangan tertulisnya, Senin (3/9/2022).

Ia berharap penambahan fasilitas pemeriksaan mata, semakin meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan mata. Khususnya, orang tua dengan anak-anak yang tak lepas dari layar gadget.

Untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait pemeriksaan mata, Kasoem Vision Care kini bisa menjadi pilihan orang tua dan anak-anak untuk melalukan pemeriksaan mata. Apalagi, terletak di pusat perbelanjaan kota Serang.

"Kita tahu, anak-anak punya ketakutan sendiri kalau dengar kata dokter atau rumah sakit. Nah, dengan adanya ini, orang tua bisa ajak anak-anak bermain, sambil lakukan pemeriksaan mata," tambah dr Ratu.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 2 halaman

Pemeriksaan detail oleh Refraksionist Optician

 

Deputy Chief Executive Officer Kasoem Group Trista Mutia Kasoem mengatakan perbedaan utama dengan optik lain terletak pada fokus pemeriksaan. Jika, optik lain fokus pada pemeriksaan tajam penglihatan, Kasoem Vision Care yang sudah berdiri selama 80 tahun memberikan pelayanan lebih dari itu.

"Kasoem Vision Care kini membuka cabang di Serang, Banten. Masyarakat di kota Serang dijamin merasakan pengalaman berbeda saat melakukan pemeriksaan di Kasoem Vision Care. Sebab, mereka akan mendapatkan pelayanan konsultasi hingga pemeriksaan detail oleh Refraksionist Optician.

Adapun pemeriksaan yang tersedia berupa pemeriksaan lapang pandang, kontra sensitivitas, binokuler, strabismus (mata juling), pemeriksaan buta warna, dan screening low vision serta pemeriksaan lensa kontak Rigid Gas Permeable (RGP).

"Diagnosis hasil pemeriksaan menjadi rujukan tim Kasoem Vision Care memberikan perawatan mata kepada pelanggan. Apakah perlu memakai kacamata dengan lensa biasa, lensa khusus atau pengobatan lain," ujarnya.

Layanan pemeriksaan tersebut berlaku bagi anak-anak, dewasa hingga orang tua lanjut usia (lansia). Dengan fasilitas pemeriksaan penglihatan yang lengkap, ia berharap ada peningkatan kualitas hidup masyarakat di sana. Mengingat, mata adalah jendela dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.