Sukses

Kasus Varian Covid-19 Baru BF.7 Melonjak di Eropa, Ini Gejala yang Harus Diwaspadai

Liputan6.com, Jakarta Meski kasusnya mulai terkendali, namun Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) telah memperingatkan bahwa Covid-19 terus berubah dan mengakumulasi mutasi dalam kode genetiknya dari waktu ke waktu.

Virus ini terus berkembang menjadi lebih kebal, dan para ilmuwan telah menamai varian baru BF.7, kependekan dari BA.5.2.1.7.

Dijuluki "Omicron spawn", para ahli memperingatkan varian baru ini menyebar dengan cepat dan bisa menjadi dominan dalam beberapa minggu.

Di Eropa, Belgia telah melihat sebagian besar infeksi dengan BF.7 membuat 25% kasus, diikuti oleh Jerman dan Prancis pada 10%, menurut cov-lineages.org. Di sisi lain, repositori data Covid diperbarui setiap hari oleh kontributor dari universitas di Inggris dan Australia.

Dr Stuart Ray, wakil ketua kedokteran untuk integritas data dan analitik di Departemen Kedokteran Johns Hopkins, mengatakan kepada Fortune: “Sub-varian baru memiliki perubahan pada protein lonjakan, yakni fitur yang memungkinkannya memasuki sel. Perubahan ini terlihat di varian Omicron lainnya."

“Ini juga memiliki perubahan dalam urutan nukleotida – kadang-kadang disebut sebagai cetak biru suatu organisme – yang dapat menyebabkannya berperilaku berbeda dari sub-varian lainnya."

“Tetapi sejauh mana itu akan menyimpang, jika memang demikian, saat ini tidak diketahui.”

 

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Gejala Covid BF.7

Gejala Covid BF.7 yang harus dikenaliKarena varian BF.7 baru mirip dengan Omicron, tanda-tanda peringatan dini infeksi mungkin termasuk:

  • Batuk
  • Sakit tenggorokan
  • Kelelahan
  • Penyumbatan
  • Pilek.

 

“Sudah lama sejak kita pergi dari Alpha ke Beta ke Gamma ke Delta, lalu ke Omicron. Kita mungkin berpuas diri. Ini mungkin menambah gagasan bahwa ini ada di belakang kita,” tambah Dr Ray.

Kevin Kavanagh, presiden dan pendiri organisasi advokasi pasien Health Watch USA, mengatakan kepada Fierce Health Care: "Siapa pun dapat menebak apakah pertumbuhan cepat BF.7 akan berlanjut."

Erin Prater, menulis untuk Fortune, menambahkan: "Para ilmuwan memperhatikan BF.7 karena membuat kemajuan di bidang sub-varian Omicron yang semakin ramai."

 

3 dari 5 halaman

Cara mengurangi risiko Covid

"Meskipun ada kasus virus corona (Covid-19) di Inggris, ada risiko Anda dapat tertular atau menularkannya," kata NHS.

Badan kesehatan nasional Inggris itu melanjutkan: “Anda masih bisa tertular atau menyebarkannya bahkan jika Anda sudah divaksinasi penuh atau pernah terkena virus sebelumnya."

“Covid-19 menyebar melalui kontak dekat dengan orang yang memiliki virus."

“Orang dengan virus dapat menyebarkannya bahkan jika mereka tidak memiliki gejala.”

NHS melanjutkan: “Anda masih bisa tertular atau menyebarkannya bahkan jika Anda sudah divaksinasi penuh atau pernah terkena virus sebelumnya.

“Covid-19 menyebar melalui kontak dekat dengan orang yang memiliki virus.

“Orang dengan virus dapat menyebarkannya bahkan jika mereka tidak memiliki gejala.”

4 dari 5 halaman

5 Zodiak Ini Paling Jago Menyimpan Rahasia

Memiliki teman, keluarga, dan pasangan yang tidak cepu jadi berkah tersendiri. Pasalnya, kita dapat dengan bebas mengekspresikan dan mengeluarkan uneg-uneg mengenai kehidupan tanpa takut akan disebarluaskan.

Tidak cepu, apa sih artinya? Tidak cepu adalah istilah dalam bahasa gaul anak muda saat ini yang disematkan pada orang-orang yang pandai menjaga hal-hal pribadi ataupun aib orang lain.

Bagaikan rumah, mereka siap menjadi penampung cerita-cerita orang lain. Mereka sangat menjunjung komitmen untuk setia pada janji tidak akan menyebarkan hal pribadi orang lain. Tak jarang juga mereka dapat menjadi pemberi saran terbaik jika diperlukan.

Zaman sekarang sangat jarang menemukan orang yang tak cepu. Dalam hidup sehari-hari saja, aib dan cerita buruk mengenai orang lain jadi santapan manis untuk dijadikan topik obrolan di berbagai kalangan. 

Namun, tak perlu was-was. Beberapa orang masih sangat menghargai etika terhadap hal-hal pribadi orang lain. Ya, si tak cepu. Mereka secara naruliah akan menyimpan rapat-rapat cerita-cerita yang dipercayakan orang lain kepadanya. 

Astrologi mungkin ada hubungannya dengan hal tersebut. Yuk, intip sederet zodiak anti cepu dan paling hebat menyimpan rahasia berikut ini!

 

1. Leo

Dalam hal kecil maupun besar, Leo adalah orang yang mudah dipercaya orang-orang di sekitarnya. Bagai magnet, pemilik zodiak ini sangat disukai oleh banyak orang karena kepribadian mereka yang dapat diandalkan.

Mereka adalah sosok yang sangat mendukung temannya dengan tidak akan pernah menceritakan rahasia seseorang kepada siapapun.

5 dari 5 halaman

2. Scorpio

Terkenal misterius, Scorpio adalah orang yang sangat berkomitmen pada janji. Pemilik zodiak ini tak akan tega untuk membocorkan rahasia orang lain karena mereka tahu bagaimana rasanya ketika dicepuin.

3. Virgo

Virgo adalah penjaga rahasia yang dapat dipercaya. Mereka hebat menyimpan hal-hal privasi orang lain. 

Selain menjadi pendengar dan penyimpan cerita yang baik, Virgo juga piawai memberikan saran terbaik untuk teman yang membutuhkan. Jika kamu mencari orang yang asik diajak cerita dan berdiskusi, Virgo salah satunya.

4. Pisces

Begitu seseorang menceritakan sesuatu padanya, Pisces akan menutup rahasia tersebut rapat-rapat.  Pisces sangat menghargai privasi seseorang. Mereka senang mendukung temannya secara emosional ataupun lewat bantuan-bantuan kecil. 

5. Capricorn

Capricorn punya prinsip hidup yang tegas. Mereka terkenal mempunyai etika dan nilai-nilai hidup yang baik.

Sekalipun sedang mengalami kerenggangan dengan seseorang, Capricorn tidak akan menyebarluaskan rahasia orang tersebut. Bagi pemilik zodiak ini menyebarkan privasi orang adalah hal yang kotor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China
    COVID-19
  • Angka kasus Covid-19 di Indonesia kini sudah mencapai angka 3.686.740 per hari Senin, 9 Agustus 2021.
    Covid Indonesia
  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan nama-nama baru untuk varian virus corona SARS-CoV-2 yang terdeteksi di berbagai negara.
    Varian Covid
  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Omicron
  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    varian omicron
  • COVID