Sukses

Sering Merasa Lelah Saat Bangun Tidur? Bisa Jadi Ini 5 Penyebabnya

Sederet penyebab kualitas tidur memburuk yang membuat tubuh terasa kelelahan saat bangun pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Tidur seharusnya menjadi waktu untuk tubuh beristirahat dan mengisi energi. Namun, siapa di antara Anda yang justru merasa kelelahan saat bangun tidur di pagi hari padahal sudah beristirahat dengan jam tidur yang cukup? Ternyata, kualitas tidur turut berperan besar dalam menentukan kebugaran tubuh Anda di saat bangun di pagi hari. 

Tak hanya lelah, beberapa orang bahkan merasakan pening. Bangun tidur dengan kondisi seperti ini di pagi hari tentu dapat mempengaruhi semangat, emosi, dan mood seseorang sepanjang hari. 

Remaja dan orang dewasa mungkin sering merasakan hal ini. Aktivitas yang padat serta tekanan mental dan pikiran terkadang mengganggu kualitas tidur. Selain itu, banyak dari kita yang sering menyepelekan hal-hal kecil di keseharian yang ternyata bisa menjadi bumerang bagi tubuh. Kira-kira aktivitas apa saja yang menyebabkan tubuh terasa lelah saat bangun tidur? Yuk, intip sederet penyebab kualitas tidur memburuk yang membuat tubuh terasa kelelahan saat bangun pagi berikut ini!

1. Cahaya Biru

Dua sampai tiga jam sebelum tidur, hindarilah penggunaan barang-barang elektronik yang memancarkan cahaya biru seperti smartphone. Paparan cahaya biru dapat mempengaruhi sekresi melatonin, hormon yang mengatur ritme dan siklus bangun tidur Anda. Hal ini mengganggu kualitas tidur Anda dan membuat Anda merasa kelelahan saat bangun. Bila harus menggunakan barang-barang elektronik di malam hari, Anda dapat menggunakan kacamata anti cahaya biru untuk menyaring paparannya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Kasur

Lingkungan tidur turut ikut menjadi faktor yang mempengaruhi kualitas tidur Anda. Jika Anda bangun dengan rasa kelelahan dan kaku di beberapa bagian tubuh, kasur bisa jadi penyebabnya. Melansir dari Healthline, idealnya kasur diganti maksimal 9 tahun-10 tahun. Kasur juga bisa jadi tempat bersarangnya berbagai tungau dan debu yang dapat menyebabkan bersin dan batuk di malam hari. Maka penting untuk memperhatikan kebersihan kasur Anda. 

3 dari 5 halaman

3. Suhu Kamar Tidur

Ciptakan suhu kamar yang optimal agar kualitas tidur Anda baik dan dapat bangun dengan segar. Setiap orang punya preferensi suhu kamar tidur yang berbeda, Anda bisa menyelesaikannya. Dilansir dari sumber yang sama, menurut Cleveland Clinic, suhu kamar tidur yang dingin membuat tidur jauh lebih nyaman. 

4 dari 5 halaman

4. Konsumsi Kafein

Apa yang Anda konsumsi sebelum tidur dapat mempengaruhi kualitas tidur di malam hari. Bila tidak ingin badan lesu di saat bangun, hindari mengkonsumsi kafein 3 sampai 7 jam sebelum tidur malam. Selain itu, hindari pula konsumsi alkohol karena dapat menyebabkan kepala pening dan badan capek di pagi hari.

5 dari 5 halaman

5. Gangguan Tidur

Salah satu penyebab Anda kelelahan saat bangun tidur di pagi hari adalah gangguan tidur. Ada beragam gangguan tidur contohnya seperti insomnia. Bila dirasa gangguan tidur sudah sangat mengganggu, Anda bisa konsultasikan kepada orang yang ahli di bidangnya. 

Penulis:

Pathrichia Putriani Syamsury

Universitas Multimedia Nusantara

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.