Sukses

5 Kebiasaan Baik yang Sebenarnya Buruk Bagi Kesehatan

Ketahui apa saja kebiasaan baik yang sebenarnya buruk bagi kesehatanmu.

Liputan6.com, Jakarta - Kebiasaan kita sehari-hari memengaruhi perilaku kita lebih dari yang kita sadar, dan penting untuk mempertimbangkan apa yang kita pikirkan secara teratur.

Menurut penelitian, kebiasaan sebenarnya bisa merusak, jadi jauh lebih baik untuk memiliki pengetahuan tentang apa yang benar-benar baik dan buruk bagimu.

Oleh karena itu, ketahui apa saja kebiasaan baik yang sebenarnya buruk bagi kesehatanmu, seperti melansir dari Bright Side, Jumat (9/9/2022).

1. Menggunakan obat kumur

Zat yang digunakan dalam obat kumur tidak dirancang untuk membersihkan bakteri, mereka sebenarnya adalah beberapa bahan yang diperlukan untuk membuatnya.

Kebanyakan obat kumur mengandung zat yang bisa menyebabkan mulut kering, membawa sedikit bakteri dan kuman ke mulutmu. Hal ini menyebabkan bau mulut.

Cobalah untuk menggunakan "obat kumur terapeutik" yang tidak mengandung zat-zat ini dan memiliki mentol atau fluorida sebagai gantinya.

2. Makan kacang

Kacang memiliki sesuatu yang disebut fitat, yang merupakan asam yang menghalangi produksi kalsium. Agar tulang kita tetap sehat, kita perlu makan makanan yang membantu tubuh kita menyerap kalsium.

Makan kacang melakukan yang sebaliknya, karena tidak membiarkan tubuh kita menyerapnya, yang bisa menyebabkan tulang lebih lemah.

Kekurangan kalsium juga bisa menyebabkan gigi menjadi lemah. Namun, kita tidak boleh menghindari makan kacang secara keseluruhan karena cukup sehat.

Cukup rendam dalam air selama beberapa jam sebelum dimasak.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Makan bayam

Bayam sebenarnya memiliki kalsium, tapi juga memiliki sesuatu yang disebut oksalat yang bisa mengganggu produksi kalsium.

Anda tidak boleh berhenti makan bayam, tapi kombinasikan dengan makanan lain yang mengandung kalsium. Misalnya, Anda bisa mencampur keju dan bayam untuk mendapatkan mineral penting yang dibutuhkan tubuh ini.

4. Mengenakan pakain ketat

Mengenakan pakaian modis dan mengikuti tren itu bagus, tapi tidak selalu sehat. Misalnya, mengenakan jeans ketat bisa menyebabkan infeksi jamur pada wanita, terutama jika Anda banyak berkeringat.

Sangat penting untuk mengenakan pakaian yang memungkinkan aliran darah ke seluruh tubuhmu.

3 dari 3 halaman

5. Naik sepeda

Meskipun mengendarai sepeda memiliki banyak manfaat kesehatan, penelitian menunjukkan bahwa itu tidak terlalu baik untuk membentuk tulang yang kuat. Pada kenyataannya, itu bisa membahayakan mereka.

Sangat mengendarai sepeda, Anda sedang duduk dan itu bukan aktivitas fisik yang menahan beban. Meskipun terasa seperti Anda menggunakan kaki Anda dengan berat, kekuatan yang Anda berikan pada pedal tidak dilakukan dengan cara yang mempengaruhi tulang Anda, seperti tulang belakangmu.

Juga, jika Anda telah bersepeda selama bertahun- tahun, Anda lebih rentan terhadap patah tulang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.