Sukses

3 Alasan Mengapa Anda Harus Minum Air Dingin Selama Berolahraga

Tak hanya menyegarkan, ternyata minum air dingin selama berolahraga sangat disarankan para ahli karena ragam manfaat baiknya.

Liputan6.com, Jakarta - Minum air adalah cara terbaik untuk mengisi kembali cairan selama dan setelah berolahraga. Tetapi pernah tidak Anda memperhatikan atau mempertimbangkan pemilihan suhu air yang bakal kalian minum? Jika tidak, mungkin Anda merugi.

Menurut American Collage of Sport (ACSM) dan International Society of Sport Nutrition (ISSN), minum air dengan suhu dingin sangat direkomendasikan pada orang yang berolahraga.

Melansir dari Medicine Net, Jumat (26/8/2022), air dingin tidak hanya menghidrasi tubuh, tetapi juga dapat mengurangi suhu tubuh inti yang mungkin meningkat karena aktifitas olahraga. Selain itu, minum air dingin setelah berolahraga akan membantu menurunkan detak jantung dan meningkatkan kinerja tubuh dalam pemulihan.

Sebuah studi melaporkan bahwa jika Anda minum air dingin saat berolahraga, maka tubuh cenderung tidak mengalami dehidrasi dan akan dapat berolahraga untuk waktu yang lebih lama, bahkan tanpa rasa lelah.

Memang tak melulu harus air dingin. Anda juga bisa minum air suhu ruangan saat melakukan latihan fisik. Bagaimana pun air tetap sehat dan mampu menghidrasi berapa pun suhunya. Tetapi, air dingin dapat memberikan beberapa manfaat tambahan selama dan setelah Anda berolahraga.

Minuman yang dingin tanpa tambahan es beku lebih direkomendasikan untuk Anda. kesimpulannya, minum air dingin secara signifikan dapat memeditasi dan menunda peningkatan suhu tubuh inti selama sesi latihan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

3 alasan mengapa Anda harus minum air dingin setelah berolahraga

Menurut penelitian, ada tiga alasan penting yang melatarbelakangi pentingnya seseorang mengonsumsi minuman dingin setelah berolahraga, diantaranya:

1. Menurunkan suhu inti tubuh

Saat Anda berolahraga, suhu inti tubuh akan naik dan Anda akan kehilangan cairan melalui keringat. Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa minum air es membantu menjaga suhu inti enam pria sehat tetap stabil.

Dalam penelitian yang melibatkan 45 orang pria sehat dan bugar, peneliti menemukan bahwa minum air dingin memiliki potensi untuk sedikit meningkatkan kinerja atletik sekitar 50% selama sesi latihan 60 menit.

2. Air dingin jauh lebih enak dibandingan suhu lain

Banyak atletik atau orang yang rutin berolahraga menggangap minuman dingin lebih enak, bahkan membuat mereka cenderung minum lebih banyak daripada saat disediakan air suhu ruangan atau air minum hangat. 

Sebuah penelitian juga mengungkapkan, bahwa meminum air dingin saat latihan dapat menurunkan 1,3% berat badan.

3. Membakar kalori

Dalam sebuah penelitian tahun 2013 yang melibatkan 50 wanita muda berusia antara 18-23 tahun, minum 1,5 liter air dingin 30 menit sebelum sarapan, makan siang, dan makan malam, akan memberikan beberapa penurunan berat badan. 

Meski begitu, dibutuhkan penelitian lebih lanjur terkait pembakaran kalori tubuh yang dipicu dari minuman bersuhu dingin.

3 dari 5 halaman

Apa yang terjadi jika Anda minum air dingin selama dan setelah berolahraga?

Saat melakukan latihan intensitas tinggi, Anda harus menjaga diri tetap terhidrasi dengan baik. Dehidrasi bisa terjadi, karena tubuh mengeluarkan banyak cairan berupa keringat yang berlebihan. Jika dibiarkan, dehidrasi bisa menyebabkan komplikasi kesehatan atau mengakibatkan bebagai konsekuensi fisik.

Untuk mencegah terjadinya komplikasi kesehatan di dalam tubuh, air dingin dapat membantu mengatasinya secara alami. Pastikan minum air dingin secara perlahan, berikan waktu pada tubuh untuk menyesuaikan suhu air yang akan Anda masukan sebelumnya.

Apa yang terjadi pada tubuh saat mandi air dingin setelah beroalahraga?

Selain diminum, air bersuhu dingin juga baik dipakai untuk mandi. Saat berolahraga, otot akan mengalami peradangan hingga pembengkakan. Mandi air dingin dapa membantu meredakan nyeri otot, pembengkakan, peradangan dan ketidaknyamanan.

Para ilmuan percaya bahwa mandi air dingin sangat membantu dalam mengobati robekan mikro otot yang disebabkan oleh olahraga daripada mandi air hangat.

4 dari 5 halaman

4 Manfaat yang Akan Anda Dapatkan Jika Mandi Air Dingin Setiap Hari

Manfaat air dingin bagi kesehatan dan kecantikan Anda jauh melampaui panggilan bangun tidur di pagi hari. Dan, faktanya, ini bahkan dapat membantu Anda lebih cepat masuk ke dalam skinny jeans Anda. Dilansir dari Brightside, berikut ini deretan manfaat yang akan didapat jika Anda rutin mandi air dingin setiap hari. 

1. Dapat bermanfaat bagi berbagai bagian tubuh Anda

Selain membangunkan Anda di pagi hari dan membantu Anda merasa segar, mandi air dingin merangsang saraf vagus Anda. Saraf ini mempengaruhi hampir setiap bagian tubuh Anda, termasuk usus, jantung, kantong empedu, dan organ kesuburan. Mandi air dingin dapat sangat bermanfaat bagi ginjal Anda karena air dingin mengurangi kadar asam urat, membantu ginjal Anda mengatasi beban racun dengan lebih mudah.

2. Dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak

Meskipun kebanyakan orang terbiasa mandi air hangat atau mandi sebelum tidur, mandi dengan air dingin sebenarnya bisa sama efektifnya. Air dingin menurunkan kadar hormon stres Anda, membantu Anda rileks dan tertidur lebih cepat. Mandi air dingin juga dapat meningkatkan suasana hati Anda dan meningkatkan hormon perasaan baik Anda dan mencegah insomnia.

5 dari 5 halaman

Membuat rambut Anda berkilau

3. Membuat rambut Anda berkilau

Jika Anda ingin rambut Anda lebat dan sehat, menghabiskan banyak uang untuk sampo dan kondisioner mahal mungkin tidak cukup. Sesuatu yang sederhana seperti menurunkan suhu air dapat bermanfaat bagi kunci Anda dan membuatnya bersinar alami. 

Tidak seperti air panas, air dingin tidak mengeringkan rambut Anda dan menutup serta memperkuat kutikula rambut. Saat Anda mencuci rambut dengan air yang sedikit dingin, lapisan sebum tetap utuh, dan rambut Anda membutuhkan penghalang yang dilumasi secara alami ini agar tetap terhidrasi. 

4. Dapat membantu Anda menurunkan berat badan

Jika Anda pernah mencoba menurunkan berat badan, Anda tahu betapa melelahkannya itu. Untungnya, ada beberapa cara mudah untuk menurunkan berat badan, dan mandi air dingin adalah salah satunya. Ketika Anda mengekspos tubuh Anda ke kondisi dingin, itu mengaktifkan sel-sel lemak coklat yang pada gilirannya menghasilkan panas dan membantu Anda membakar kalori lebih cepat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.