Sukses

Studi: Tidur Siang yang Lama Meningkatkan Risiko Penyakit Hati Berlemak

Liputan6.com, Jakarta Sebuah penelitian baru menunjukkan mereka yang tidur siang terlalu lama memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit hati berlemak.

Penelitian menemukan mereka yang tidur siang lebih dari 30 menit di siang hari, di samping waktu tidur larut malam dan bahkan mendengkur, sangat terkait dengan risiko lebih tinggi terkena penyakit ini.

Temuan para ilmuwan juga menunjukkan bahwa mereka yang kurang tidur di malam hari, dan mencoba menebusnya dengan tidur siang, berisiko lebih tinggi terkena kondisi kronis. Kerusakan hati yang parah yang menyebabkan sirosis (jaringan parut pada hati) juga dapat terjadi.

Hubungan antara gaya hidup dan penyakit hati berlemak diselidiki lebih lanjut dengan para peneliti di Cina yang mengamati perilaku tidur yang dilaporkan sendiri dari 5.000 orang dewasa Cina dengan penyakit hati berlemak.

Para peneliti menemukan bahwa kualitas tidur atau kekurangannya secara drastis meningkatkan risiko sejumlah penyakit termasuk perlemakan hati.

Penelitian tersebut menambah semakin banyak penelitian yang menghubungkan efek berbahaya dari kualitas tidur yang buruk dalam tubuh.

Ditemukan juga bahwa orang gemuk dan "malas bergerak" menderita efek samping yang lebih buruk dari kualitas tidur yang buruk.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Perbaikan tidur turunkan risiko

Untungnya, dengan perbaikan kebiasaan tidur, para peneliti juga menemukan bahwa risiko tersebut dapat dikendalikan.

"Studi kami menemukan peningkatan moderat dalam kualitas tidur terkait dengan penurunan 29% risiko penyakit hati berlemak," kata penulis studi Dr Yan Liu dari Sun Yat-Sen University di Guangzhou, Cina.

“Studi kami memberikan bukti bahwa peningkatan moderat dalam kualitas tidur sudah cukup untuk mengurangi risiko penyakit hati berlemak, terutama pada mereka yang memiliki gaya hidup tidak sehat."

“Mengingat bahwa sebagian besar subjek yang menderita kualitas tidur yang buruk kurang terdiagnosis dan diobati, penelitian kami membutuhkan lebih banyak penelitian ke bidang ini dan strategi untuk meningkatkan kualitas tidur.”

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 5 halaman

Pentingnya tidur yang teratur

Hati memiliki jamnya sendiri, dan cedera pada hati dapat mengacaukan jam tersebut. Para ilmuwan juga menemukan kurang tidur mengubah metabolisme hati dan kandungan lemak.

Kehilangan tidur satu malam dapat mempengaruhi kemampuan hati untuk memproduksi glukosa dan memproses insulin, meningkatkan risiko penyakit metabolik.

Apa itu sirosis?

Sirosis adalah jaringan parut pada hati yang disebabkan oleh kerusakan hati jangka panjang. Kondisi ini mungkin tidak menimbulkan gejala di awal.

Gejala selanjutnya termasuk merasa sakit dan lelah, kulit dan mata kuning, kulit gatal dan perut bengkak.

4 dari 5 halaman

Ini 5 Manfaat Konsumsi Kacang Almond Tiap Hari Bagi Kesehatan

Tidak dapat disangkal bahwa kacang almond adalah pembangkit tenaga nutrisi. Tubuh kita membutuhkan vitamin, mineral, dan nutrisi untuk berfungsi dengan baik. Ini harus menjadi makanan pokok dalam diet Anda. Ahli gizi dan ahli kesehatan merekomendasikan makan beberapa dari mereka sebagai camilan tengah hari untuk menghindari makan berlebihan dan meningkatkan pengisian energi.

Ayurveda adalah salah satu dari sedikit sistem pengobatan yang dikembangkan di zaman kuno yang banyak dipraktikkan di zaman modern. Menurut Ayurveda, tubuh berada dalam keadaan paling sehat jika dan ketika Vata, Pitta dan Kapha seimbang. Ketidakseimbangan apa pun akan menyebabkan penyakit kesehatan. Berasal dari kepercayaan yang kuat pada khasiat nutrisi almond, konsumsi almond setiap hari sering dikaitkan dengan kesehatan yang baik.

Dr Vishakha Mahindroo, Ahli Ayurveda Senior menyarankan lima manfaat utama dari mengonsumsi almond setiap hari. Apa saja? Ini dia.

1. Bermanfaat untuk pasien diabetes

Mengonsumsi almond dapat membantu mencegah beberapa komplikasi diabetes, seperti kelemahan. Menurut Ayurveda, almond dapat membantu dalam kondisi diabetes yang berhubungan dengan gangguan klinis seperti obesitas, sindrom metabolik pradiabetes.

5 dari 5 halaman

2. Baik untuk kulit dan rambut

Konsumsi almond setiap hari, menurut Ayurveda, dapat memberikan kelembapan pada jaringan tubuh, memperbaiki warna kulit dan meningkatkan cahayanya. Kacang almond tidak hanya baik untuk kesehatan kulit secara keseluruhan, tetapi juga dapat mengobati rambut beruban dini dan rambut rontok.

3. Meningkatkan kesehatan kognitif

Menurut Ayurveda, seseorang harus mengonsumsi almond setiap hari untuk memperkuat sistem saraf mereka. Secara tradisional juga dipercaya bahwa konsumsi almond meningkatkan daya ingat.

4. Berharga Untuk sistem reproduksi

Konsumsi almond dapat mendukung potensi jaringan dan fungsi reproduksi dan dianjurkan untuk dimakan setiap hari untuk menuai manfaat terbaik.

5. Meningkatkan massa dan kekuatan otot

Salah satu cara sehat untuk menambah berat badan secara bertahap adalah dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti almond. Almond mampu meningkatkan massa dan kekuatan tubuh, menurut Ayurveda.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS