Sukses

4 Cara Berhenti Overthinking Saat Jalani Hubungan Asmara

Berikut beberapa cara bagaimana Anda bisa berhenti overthinking dalam hubunganmu.

Liputan6.com, Jakarta - Jika Anda cenderung memikirkan segalanya, terkadang hal-hal bisa menjadi lebih menantang. Ini juga berkaitan dengan masalah dalam hubungan asmaramu.

Masalah muncul ketika pikiran mengembara. Menganalisis dan berpikir berlebihan bisa sangat merugikan, terutama ketika Anda mulai membentuk persepsi yang tidak benar tentang pasanganmu, diri Anda sendiri dan hubungan secara keseluruhan.

Anggap ini sebagai peringatan bahwa pemikiran berlebihanmu telah lepas kendali dan inilah saatnya untuk membuat perubahan jika Anda terus-menerus memikirkan situasi yang bahkan belum terjadi.

Berikut beberapa cara bagaimana Anda bisa berhenti overthinking dalam hubunganmu, seperti melansir dari Pinkvilla, Selasa (2/8/2022).

1. Kembangkan kepercayaan

Hubungan membutuhkan kepercayaan karena itu memungkinkan Anda untuk jujur dan murah hati. Tak perlu dikatakan lagi bahwa salah satu aspek terpenting dari sebuah hubungan adalah kepercayaan.

Ketika Anda memercayai seseorang, Anda yakin mereka memiliki kepentingan terbaikmu di hati dan bahwa Anda bisa bergantung pada mereka untuk bertindak secara moral.

Ide yang baik untuk menanyai pasanganmu apa yang mereka maksudkan sebelum mengambil kata-kata mereka, menganggap mereka bisa diandalkan. Berusahalah untuk memercayai apa yang dikatakan pasanganmu jika mereka jujur kepadamu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Cari tahu akar masalahnya

Selesaikan masalah Anda sebelum Anda bisa belajar untuk berhenti memikirkan sesuatu secara berlebihan. Overthinking adalah manifestasi dari ketidakamanan tertentu atau kecemasan yang mendasarinya.

Kegelisahan ini bisa berakar pada masa kanak-kanak, hubungan yang gagal, harga diri yang rendah, atau masalah dengan kepercayaan.

Menganalisis secara berlebihan dalam suatu hubungan sering kali berakar pada masa lalumu.

3. Bicarakan

Mari kita asumsikan Anda terlalu banyak berpikir karena Anda takut hubungan itu tidak akan berkembang. Bertanya daripada berasumsi. Diskusikan kekhawatiran dan/atau ketakutan Anda dengan pasangan.

Berkomunikasi tidak hanya memungkinkan Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan, tapi juga memperkuat ikatan antara Anda dan pasangan.

Sebelum mencoba menyampaikan maksud, berhati-hatilah untuk menjelaskan apa yang membuatmu kesal, sudut pandang Anda, dan lainnya kepada orang lain.

 

3 dari 3 halaman

4. Nikmati hidupmu selain hubungan

Kecenderungan Anda untuk berpikir berlebihan kemungkinan akan berkurang ketika Anda memiliki berbagai prioritas dalam hidupmu. Ini berlaku untuk kehidupan pribadi dan profesionalmu.

Ciptakan hobi, jaga kesehatan mentalmu dan hormati siapa dirimu. Anda tidak akan terganggu oleh naik turunnya hubungan jika Anda mulai merasa percaya diri.

Berkonsultasi dengan ahli jika Anda masih berjuang untuk mengelola kecemasan hubungan Anda meskipun telah mencoba segalanya.

Dengan bantuan mereka, Anda akan bisa memahami kebutuhan dan perasaanmu serta melihat tindakan pasanganmu tanpa marah atau menghakimi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.