Sukses

Ini 5 Tanda Anda Berada dalam Hubungan Sepihak

Berikut ini beberapa tanda Anda berada dalam hubungan yang sepihak

Liputan6.com, Jakarta Di dunia yang sempurna, semua hubungan kita, baik platonis atau romantis, memiliki sifat memberi dan menerima. Namun, ini tidak selalu terjadi dan hubungan sepihak dapat terbentuk tanpa kita sadari. Pelatih hubungan bersertifikat Anna Swoboda menawarkan beberapa petunjuk bantuan yang harus diperhatikan jika Anda berpikir hubungan Anda mungkin sepihak.

Bagaimana seseorang bisa tahu jika hubungan mereka sepihak?

Ada tanda-tanda umum yang seringnya paling baik diamati oleh seseorang di luar hubungan - namun, yang paling umum muncul saat berkomunikasi, berkencan, dan diperkenalkan kepada keluarga/teman.

Meskipun Anda mungkin atau mungkin tidak menyadarinya, hubungan asmara yang sepihak bisa menjadi sangat beracun. Anda mungkin mendapati diri Anda menginvestasikan seluruh waktu dan upaya Anda kepada seseorang dan tidak mendapatkan imbalan apa pun, atau Anda mungkin merasa benar-benar di luar kendali.

Apapun, penting untuk mengetahui kapan harus beralih ke padang rumput yang lebih hijau. Berikut adalah daftar beberapa tanda umum yang memberi tahu Anda bahwa Anda berada dalam hubungan sepihak.

1. Anda melakukan semua perencanaan

Salah satu tanda paling jelas dari hubungan sepihak adalah ketika Anda adalah satu-satunya orang yang mengatur rencana untuk bertemu satu sama lain dan menghabiskan waktu berkualitas bersama. Dalam hubungan yang sehat, kedua orang harus ingin melihat satu sama lain secara setara – tidak boleh sepihak.

Orang-orang yang mengalami hal ini sering merasa seolah-olah mereka adalah satu-satunya orang dewasa dalam hubungan – menggambarkan pasangan mereka dengan karakteristik kekanak-kanakan. Jika Anda merasa seperti ini, mungkin ada baiknya untuk mundur selangkah dan memeriksa hubungan Anda dari pandangan luar.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

2. Komunikasi satu sisi

Apakah pasangan Anda meninggalkan Anda saat dikirim, dibaca, atau hanya terang-terangan membuat Anda takut?

Jika demikian, kemungkinan besar hubungan Anda sepihak. Hubungan yang sehat sepenuhnya didasarkan pada komunikasi yang efektif, terbuka, dan jujur.

Tidak menanggapi pesan pasangan sama dengan mengatakan 'berbicara dengan tangan'. Ini menunjukkan bahwa mereka tidak tertarik dengan apa yang Anda katakan, juga tidak menghargai pendapat Anda.

Yang ini mudah diukur, bandingkan tingkat komunikasi pasangan Anda dengan teman-teman Anda untuk melihat seberapa sepihak itu.

3. Ketidakseimbangan kontribusi keuangan

Situasi keuangan pasangan selalu menjadi topik yang diperdebatkan – di situlah persentase argumen tertinggi muncul. Saat membahas topik ini, kita harus berhati-hati. Jika Anda mendapati diri Anda membayar pasangan Anda jauh lebih banyak daripada yang mereka bayarkan untuk Anda, maka ini mungkin pertanda hubungan yang tidak sehat dan sepihak.

Hubungan adalah usaha tim, kedua orang harus saling mendukung, ini termasuk berbagi biaya dan sesekali memperlakukan satu sama lain. Meskipun melacak setiap pengeluaran dan mencatat apa yang terutang dapat menjadi tanda hubungan yang saling mengontrol – mengetahui bahwa Anda berdua adalah tanda hubungan keuangan yang terbuka dan sehat.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

 

3 dari 6 halaman

4. Mereka tidak bisa diandalkan

Apakah pasangan Anda membatalkan Anda dan kemudian membuat alasan yang tampaknya bodoh untuk membebaskan diri dari kesalahan?

Memang, beberapa hal bisa terjadi, dan pembatalan sesekali dapat diterima tetapi jika itu terjadi berulang kali, itu mungkin merupakan tanda hubungan sepihak. Ambil langkah mundur dan tanyakan pada diri sendiri, apakah pasangan saya membatalkan saya berkali-kali secara tidak masuk akal?

5. Kamu selalu meminta maaf

Bahkan jika Anda tidak melakukan kesalahan, Anda merasa seolah-olah Anda harus meminta maaf; ini bisa menjadi tanda bahwa pasangan Anda sedang memata-matai Anda – ciri utama dari hubungan sepihak. Jika Anda dibuat merasa tidak berharga atau tidak cukup kompeten sehingga Anda harus meminta maaf pada diri sendiri, maka inilah saatnya untuk mengemasi barang-barang Anda.

4 dari 6 halaman

3 Zodiak Paling Introvert, Lebih Suka di Rumah Bahkan di Akhir Pekan

Kita semua kenal mereka. Mereka adalah pejuang yang bekerja dari rumah, “teman yang pendiam”, orang-orang yang bersukacita atas rencana yang dibatalkan. Ya, mereka adalah para introvert.

Menariknya, ada tiga tanda zodiak yang paling tertutup, masing-masing dengan caranya sendiri yang unik.

Di dunia yang sering menekan orang untuk bersosialisasi, menjadi introvert bisa membuat frustrasi dan membingungkan. Kita diberitahu bahwa kita harus berbicara dengan orang yang tidak kita kenal untuk memajukan karier kita dan bahwa kita harus bersosialisasi agar merasa terpenuhi. Beberapa dari kita tidak menikmati memproyeksikan kepribadian kita ke dunia dan tidak ada yang salah dengan itu.

Psikoanalis terkenal Carl Jung berteori bahwa apa yang membedakan introvert dari ekstrovert adalah bagaimana orang memperoleh energi mereka. Jika Anda menemukan bahwa bersosialisasi dan dilihat oleh dunia membuat Anda merasa lebih hidup, Anda mungkin seorang ekstrovert.

Jika Anda mencari ke dalam diri Anda untuk perasaan yang semarak itu, kemungkinan besar Anda adalah seorang introvert.

Apa yang membuat masing-masing tanda zodiak di bawah ini memenuhi syarat sebagai "introvert"? Salah satunya cenderung fokus pada pengejaran spiritual di bagian terdalam dari diri mereka sendiri, yang lain secara konsisten bertanya-tanya bagaimana mereka dapat membuat dunia kecil mereka sendiri lebih baik, sementara yang terakhir hanya lebih suka nongkrong sendirian.

Lalu, zodiak apa saja itu? Ini dia.

5 dari 6 halaman

1. Pisces

Pisces adalah zodiak yang paling introvert. Mereka begitu menarik diri karena satu kaki mereka masuk ke dunia khayalan setiap saat—bermimpi dan bertanya-tanya.

Pisces tidak peduli dengan bersosialisasi atau "dilihat" oleh dunia. Meskipun mungkin saja teman-teman Pisces Anda senang pergi ke luar kota, kemungkinan besar mereka ingin tetap tinggal, merasa nyaman, dan menikmati ketenangan bersama seseorang yang mereka cintai.

2. Virgo

Virgo memiliki reputasi punya lanskap batin yang luas dan intelektual. Ini karena mereka menekankan pada keteraturan, harmoni, dan efisiensi, Virgo suka menjaga diri mereka sendiri.

Mereka adalah salah satu tanda paling cerdas di zodiak, tetapi bukan yang paling sosial atau ramah. Jika Anda entah bagaimana meyakinkan teman Virgo Anda untuk mengadakan pesta dengan Anda, pastikan untuk memberi mereka kendali bebas atas perencanaan — itu membuat mereka tetap waras.

6 dari 6 halaman

3. Taurus

Taurus adalah tanda wildcard dalam daftar ini. Hedonis terbesar zodiak pasti bisa menjadi ekstrovert: Mereka adalah beberapa ahli mixologi terbaik di zodiak dan selalu memiliki reservasi di restoran terbaik.

Namun, Anda cenderung menemukan Taurus menjaga diri mereka sendiri juga. Rumah adalah tempat mereka dapat melakukan apa pun yang mereka inginkan dengan cara mereka sendiri, termasuk memakan makanan ringan favorit mereka tanpa gangguan. Itulah, Taurus. Tidak pernah berubah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.