Sukses

Warna Favorit Bisa Ungkap Kepribadianmu hingga ke Sisi yang Tersembunyi, Cek di Sini

Liputan6.com, Jakarta - Color psychology atau psikologi warna tidak hanya terkait dengan berbagai perasaan tetapi dapat membentuk persepsi dan kepribadian kita. Untuk menguatkan penyataan tersebut, sudah menjadi rahasia umum bahwa pemasaran, branding atau bahkan penjualan telah menerapkan psikologi warna selama bertahun-tahun lamanya.

Sebagai contoh, di dalam pusat perbelanjaan Anda mungkin akan tertarik dengan produk yang dikemas warna-warna cerah, seperti merah, orange, atau kuning. Tak hanya itu, bahkan warna merah di pasar raya telah tertanam dibenak Anda sebagai bentuk promosi berupa potongan harga atau sesuatu yang menguntungkan pembeli.

Sama halnya penjualan, kepribadian seseorang juga bisa dinilai berdasarkan warna kegemaran mereka. Hal ini pun berhubungan dengan etos kerja, pemikiran, emosi dan tingkat motivasi seseorang.

Berbagai penelitian dan eksperimen selama tahun 2010-2019 telah membuktikan bahwa warna bisa menunjukan kepribadian seseorang. Apa saja arti setiap warna dalam ilmu psikologi tersebut? Melansir dari Bigthink.com, Jumat (1/7/2022), berikut informasi selengkapnya.

1. Merah

Merah adalah pilihan warna berani yang dikaitkan dengan kegembiraan, gairah, bahaya, sensasi, energi dan aksi. Anda mungkin memahami betul bahwa beberapa merek menggunakan warna merah sebagai bentuk ajakan membeli (‘pesan sekarang’ atau ‘belanja sekarang’). 

Warna merah adalah warna intens yang mampu memancing emosi kuat dan mendorong Anda untuk membeli sesuatu. Ini juga berkaitan dengan kepribadian seseorang, penyuka warna merah biasanya memiliki karakter seperti berikut:

-       Berani

-       Pencari sensasi

-       Pencinta petualangan

-       Bisa menjadi sedikit implusif

-       Bisa menjadi pelaku intimidasi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 5 halaman

Orange dan kuning

2. Orange

Orange atau oranye sering mewakili sifat kreatifitas, kebahagiaan, kebebasan, kesuksesan, dan keseimbangan yang menyatukan semuanya. Dalam sebuah pemasaran biasanya warna oranye dipakai sebagai bentuk peringatan atau catatan penting pada situs website.

Sedangkan oranye jika dikaitan pada psikologi warna seseorang, maka orang tersebut dapat dikatakan memiliki ciri kepribadian sebagai berikut:

-       Energi yang menyenangkan

-       Orang yang dikagumi oleh sosial

-       Mungkin juga ekstrovert

-       Suka memelihara sesuatu

-       Menikmati percakapan atau perbincangan mendalam

-       Riang gembira

-       Suka menonjol di dalam perkumpulan

-       Sangat produktif

-       Jika ia pemimpin, maka ia suka terjun langsung dan menyelesaikan pekerjaan

3. Kuning

Warna kuning berarti kebahagiaan dan sesuatu yang positif. Dalam pemasaran biasanya warna kuning diterapkan pada logo untuk membuat pembeli merasa senang saat melihat produk tersebut. Bahkan banyak ikon ‘pengiriman gratis’ disebuat situs memakai warna kuning sebagai dasarnya.

Apabila warna kuning dikaitakan pada psikologi seseorang, maka orang penyuka warna kuning biasanya memiliki kepribadian sebagai berikut:

-       Semangat positif

-       Optimis

-       Riang

-       Petualang

-       Suka menenangkan orang-orang disekitarnya

-       Senyum mereka bisa menular pada orang yang ia temui

3 dari 5 halaman

Biru dan hijau

4. Biru

Warna biru itu layaknya air, sejuk, damai, harmonis, stabil dan dapat dipercaya. Warna ini biasanya menggambarkan sebuah produk yang dikenal karena daya tahan dan kekuatannya. Banyak perusahaan komputer ternama bahkan memakai warna biru pada logo mereka.

Tak jauh berbeda, orang yang menyukai warna biru benar-benar menarik dan Anda bisa sangat beruntung jikalau bertemu dengan si biru, karena mereka memiliki karakter seperti:

-       Ia sangat lembut

-       Dapat dipercaya

-       Penuh kasih sayang

-       Tenang

-       Loyal

-       Kuat

-       Suka menyusun strategi

-       Mudah beradaptasi dengan orang dan lingkungan baru

5. Hijau

Dua hal yang membuat dunia berputar ketika kita melihat warna hijau, yaitu alam semesta dan uang. Orang yang suka dengan warna hijau biasanya berkepribadian seperti:

-       Suka hidup sehat

-       Suka dengan sesuatu yang alami

-       Ambisi untuk sebuah kekayaan

-       Mencari kesejahteraan yang ulet

-       Memiliki kemurahan hati

-       Namun mereka kerap memiliki sifat iri hati dan kecemburuan yang besar

4 dari 5 halaman

Ungu dan merah muda

6. Ungu

Warna ungu dikenal sebagai warna yang membuat frustasi. Orang-orang yang menyukai warna ungu juga dianggap sombong dan ingin menjadi seorang yang istimewa. Selain itu ciri-ciri berikut ini juga ada pada kepribadian ungu:

-       Ia cerdas

-       Menyukai hal unik

-       Menginginkan dirinya menonjol dari orang lain

-       Menyukai musik dan tarian yang tidak disukai orang secara umum

-       Memiliki kreatifitas dan inspirasi yang dapat membahayakan orang lain

-       Mengabaikan orang lain bahkan dunia demi dirinya sendiri

7. Merah muda

Merah muda selalu dikaitkan dengan pribadi seseorang yang agak tidak dewasa dan kekanak-kanakan. Maka dari itu mengapa warna ini sering dipakai pada merek mainan anak-anak untuk menandakan keceriaan yang semu.

Dalam hal ini, orang yang suka dengan warna merah muda memiliki ciri kepribadian seperti:

-       Lugu dan sedikit naif

-       Ia selalu memakai hati dan jarang menggunakan logika

-       Tidak takut mengapresiasikan emosi

-       Penuh cinta terutama pada keluarga

5 dari 5 halaman

Hitam dan Putih

8. Hitam

Warna hitam sering dianggap warna paling netral bagi banyak orang. Dengan warna yang gelap dan tidak mendominasi ini, membuat hitam lebih disukai dan difavoritkan oleh seluruh kalangan. 

Meskipun hitam sering dipakai dan ditandai pada sesuatu yang menyedihkan (kematian atau duka), tetapi hitam sangat kuat dan mewah. Orang yang suka dengan warna ini biasanya memiliki kepribadian seperti:

-       Ia berani

-       Suka mengambil resiko

-       Sedikit implusif

-       Serius (terkadang sedikit serius)

-       Ia sangat kuat (karakter dan tekat)

-       Sering mendapatkan rasa hormat dari teman atau lingkungan

-       Dapat dipercaya

-       Ada kecenderungan untuk mengintimidasi sesuatu

9. Putih

Putih berarti suci dan murni. Warna ini kerap dipakai pada logo rumah sakit atau bahkan acara sakral pernikahan. Orang-orang yang suka pada warna ini memiliki ciri-ciri seperti:

-       Ia polos

-       Tenang

-       Sedikit naif

-       Menyukai hal-hal yang bersih dan teratur

-       Menyukai sesuatu hal yang baru, apabila ada kesalahan ia mudah membuat situasi seperti tidak pernah terjadi