Sukses

4 Manfaat Kesehatan yang Didapat Tubuh Jika Konsumsi Mentimun Tiap Hari

Berikut beberapa manfaat kesehatan terbaik dari mengonsumsi mentimun setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta - Mentimun menjadi salah satu buah hidrasi yang sering diolah untuk berbagai makanan. Buah hijau ini juga memiliki banyak nutrisi yang mendukung kesehatanmu dan menangkal racun.

Karena mentimun sangat mudah untuk ditambahkan ke dalam makanan, banyak individu menjadikannya sebagai buah yang difavoritkan untuk dikonsumsi.

Sementara banyak dari kita terbiasa hanya makan irisan mentimun sebelum makan sebagai salad, namun ternyata mentimun memiliki banyak manfaat kesehatan, di antaranya penurunan berat badan, kesehatan jantung yang lebih baik, nyeri dan pembengkakan.

Tak heran jika mentimun menjadi pilihan yang bagus untuk dikonsumsi secara teratur. Berikut beberapa manfaat kesehatan terbaik dari mengonsumsi mentimun setiap hari, seperti melansir dari Pinkvilla, Rabu (16/6/2022).

1. Bagus untuk gusimu

Menjaga kesehatan gigi yang baik menjadi kunci untuk melawan komplikasi kesehatan. Mentimun, salah satu buah yang bisa membantu mengatur keseimbangan asam di mulutmu, menjaga keseimbangan pH, yang pada akhirnya membantu tubuh mencegah dan menyembuhkan luka kecil dan luka dalam waktu yang lebih singkat.

Mengunyah mentimun secara teratur juga bisa membantu mengurangi risiko penyakit gusi dan penyakit gigi.

2. Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Hidrasi adalah kunci untuk menjaga fungsi vital tubuh. Meskipun penting untuk mengonsumsi 8-10 gelas air dan cairan lain sehari, mentimun adalah buah yang baik dan bisa memenuhi kebutuhan hidrasimu.

Mentimun mengandung kadar air hingga 96%, yang bisa membuatmu tetap terhidrasi dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Mendapatkan cukup air melalui buah-buahan dan sayuran memastikan bahwa sel-sel mendapatkan nutrisi yang tepat, Anda melawan kelelahan dan tetap berenergi setiap hari.

Oleh karena itu, mentimun juga bisa menjadi pilihan camilan yang enak.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Membantu menurunkan berat badan

Mentimun adalah salah satu pilihan penurunan berat badan terbaik dan termudah yang tersedia secara alami. Bahkan, banyak ahli yang menganggapnya sebagai buah yang wajib dimiliki saat seseorang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Mentimun tidak hanya mudah dan ringan di perut, tapi juga mengandung serat dan kandungan air yang baik, dan menjadi pilihan makanan rendah kalori yang sangat baik untuk dimiliki.

Buah hijau ini juga mengandung vitamin dan mineral penting lainnya yang dibutuhkan untuk membuang kelebihan lemak-protein (2 gram), karbohidrat (11 gram), vitamin K (62% RDI), magnesium dan potassium juga. Bukan hanya itu, mentimun juga tidak mengandung lemak.

 

3 dari 3 halaman

4. Meredakan sakit dan nyeri sendi

Jika Anda sering mengalami nyeri sendi, nyeri otot, pastikan makanan Anda banyak mengandung mentimun dan salad hijau lainnya.

Mentimun, tidak hanya baik untuk kesehatan kulit juga meningkatkan tulang dan otot yang lebih kuat. Selain itu, mentimun juga bekerja sebagai agen penyembuhan yang baik untuk sakit dan nyeri.

Faktanya, banyak individu percaya mentimun menjadi obat alami untuk meredakan rasa sakit kronis dan gejala yang berhubungan dengan radang sendi.

Studi tertentu menunjukkan bahwa mentimun, dengan efek pendinginnya, bisa mencegah dan mengontrol respons inflamasi dalam tubuh dan menghasilkan enzim yang baik untuk mengurangi rasa sakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.