Sukses

Wajib Tahu, Ini 6 Manfaat Naik-Turun Tangga Bagi Kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Seiring dengan banyaknya gedung pencakar langit, penggunaan lift menjadi pilihan utama untuk membantu mobilitas seseorang dari satu lantai ke lantai lainnya. Bagi orang yang bekerja dan ingin sampai di ruangan dengan segera, keberadaan lift atau elevator seolah menjadi penolong. Anda merasa tak perlu repot untuk naik-turun tangga untuk sampai di lantai tujuan.

Padahal, tahukah Anda bahwa naik-turun tangga bisa menjadi satu aktivitas sederhana yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh?

Ya, kegiatan naik-turun tangga dapat Anda jadikan sebagai alternatif jika Anda tidak sempat meluangkan waktu untuk berolahraga. Melansir dari Very Well Health, ada banyak manfaat naik-turun tangga yang baik bagi kesehatan tubuh Anda. Tak hanya mampu membakar kalori, aktivitas sederhana yang satu ini juga dipercaya dapat meringankan tekanan batin.

Karena itu, ada baiknya Anda memikirikan untuk mengurangi penggunaan lift dan kembali menggunakan tangga. Jika dirasa agak berat karena ruangan kerja Anda berada di lantai yang cukup tinggi, Anda bisa kok menyiasatinya dengan cara menggunakan keduanya.

Berikut ini 6 manfaat aktivitas naik-turun tangga yang baik untuk kesehatan tubuh, yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Membakar Kalori

Saat melakukan aktivitas naik-turun tangga, kalori dalam tubuh Anda tidak hanya terbakar ketika Anda menaiki tangga, namun juga saat Anda menuruninya. Setidaknya ada sekitar 0,1 kalori yang terbakar di setiap langkah Anda menaiki anak tangga. Jadi, setiap Anda sepuluh kali melangkah, Anda akan membakar 1 kalori di tubuh Anda.

Selain itu, Anda akan membakar 0,05 kalori setiap langkah menuruni anak tangga. Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa aktivitas naik-turun tangga, yang dianggap sebagai aktivitas fisik dengan intensitas tinggi, membakar lebih banyak kalori per menit daripada jogging dengan tempo lambat.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

2 dari 4 halaman

2. Solusi Bagi yang Mager

Kebiasaan mager atau malas gerak ternyata banyak disebut sebagai faktor penyumbang utama epidemi obesitas global. Aktivitas naik-turun tangga yang mau tak mau harus dilakukan untuk sampai ke ruang bagian atas atau bawah merupakan cara cepat dan mudah untuk keluar dari kebiasaan ini. Lagi pula, anak tangga lebih mudah dijangkau daripada gym atau lapangan bagi Anda yang malas bergerak.

3. Meringankan Tekanan Batin

Olahraga dipercaya dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat membantu perasaan Anda jadi lebih baik dan lebih bahagia. Nah, seperti olahraga lainnya, naik-turun tangga juga bisa memberikan efek tersebut pada Anda yang sedang mengalami stres atau tekanan batin.

3 dari 4 halaman

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Naik-turun tangga yang dilakukan secara rutin dipercaya dapat menjaga kesehatan jantung. Selain itu, aktivitas ini tanpa sadar dapat membantu mengurangi risiko terserang stroke.

Sebuah studi oleh The Harvard Alumni Health Study, yang melibatkan lebih dari 11,000 pria menyatakan bahwa terdapat pengurangan risiko stroke yang dapat dikenali dalam jangka panjang pada mereka yang rutin menaiki tangga.

5. Memperkuat Otot

Aktivitas naik-turun tangga dapat melatih otot kaki, perut, lengan, dan punggung Anda. Semua otot ini akan dilatih sehingga menciptakan sistem muskuloskeletal yang lebih sehat, kuat, dan bugar.

Penggunaan otot tubuh ini juga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar kalori lebih banyak. Hal ini tentu bisa membantu Anda dalam menjalani program penurunan berat badan.

 

4 dari 4 halaman

6. Menjaga Kesehatan Secara Menyeluruh

Naik-turun tangga merupakan cara sederhana meningkat kesehatan Anda secara menyeluruh. Menurut The Journal of American Medical Association’s Physical Activities Guidelines for Americans, para ahli merekomendasikan perubahan kecil pada aktivitas harian Anda. Salah satunya adalah mengganti penggunaan lift dengan naik tangga.

Laporan tersebut menyebut bahwa aktivitas ini dapat meningkatkan kesehatan secara keseluruhan serta mengurangi risiko terkena berbagai penyakit kronis.