Sukses

7 Tanda yang Menunjukkan Ada yang Tak Beres dengan Tubuh Anda

Liputan6.com, Jakarta - Tubuh kita akan berbicara mengenai masalah kesehatan dengan berbagai cara. Namun sayangnya, banyak dari kita tak mengetahui dan bahkan mengabaikannya.

Tubuh kita adalah sistem yang sangat kompleks, di mana semuanya terhubung dalam beberapa cara. Dan itulah mengapa ketika sesuatu tidak berjalan sebagaimana mestinya, ia mengirim pesan ke bagian lain dari tubuh sebagai tanda peringatan.

Nah, penting bagi kita untuk mengetahui tanda-tanda yang diberikan pada tubuh sebagai sinyal bahwa Anda mengalami masalah kesehatan.

Berikut beberapa tanda pada tubuh yang menunjukkan Anda mengalami beberapa masalah kesehatan, seperti melansir dari Bright Side, Rabu (25/5/2022).

1. Kulit kekuningan

Warna kulit kekuningan, sebagian besar disebabkan oleh penyakit kuning dan masalah hati, adalah penyebab kondisi ini.

Kadar bilirubin yang tinggi (pigmen empedu) membuat tubuhmu tidak mungkin membuangnya sebagai limbah. Akibatnya, kulit dan bagian putih mata menjadi kekuningan.

2. Titik-titik putih pada kuku

Titik-titik putih akan muncul setelah cedera kuku atau akibat menggigit kukumu. Namun, jika semua ini tidak benar untukmu, dan Anda masih mengalaminya, itu berarti ada masalah kesehatan yang tersembunyi.

Sebagian besar waktu, itu bisa karena kekurangan seng, kalsium, atau protein.

3. Sudut bibir pecah-pecah

Lecet di sudut bibir muncul karena berbagai alasan. Anda bisa jadi mengalami dehidrasi, atau terlalu banyak terkena sinar matahari. Penyebab lainnya bisa saja karena pasta gigi atau lipstik yang sering Anda gunakan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

4. Sariawan

Luka yang menyakitkan di dalam mulut bisa disebabkan oleh perubahan hormonal atau stres emosional. Kekurangan vitamin B-12 adalah penyebab lain yang membuat luka muncul.

5. Benjolan kelopak mata

Benjolan kecil di kelopak mata disebut bintitan. Itu biasanya tumbuh sangat dekat dengan bulu mata dan membuatmu sakit untuk berkedit, bahkan bisa terasa gatal.

Bintitan biasanya muncul di kulit jika mengalami diabetes atau kulit yang terlalu kering. Bagi wanita, ini juga bisa menjadi tanda bahwa Anda perlu mengganti kuas makeup.

6. Cincin di sekitar kornea mata

Jika Anda melihat lebih dekat pada korneamu dan melihat cincin kebiruan, abu-abu, atau putih di sekitarnya, Anda berarti mengalami arcus senilis.

“Cincin” ini sebenarnya timbunan lemak. Kadar kolesterol yang tinggi membuatnya tampak tepat di matamu. Setiap individu pada akhirnya akan mengalami kondisi ini seiring bertambahnya usia, namun, jika Anda mengalaminya saat Anda masih muda, itu menjadi alasan Anda untuk khawatir.

7. Lidah bewarna cerah

Lidah merah bukan hanya tanda infeksi, tapi juga jerawat dan kekurangan vitamin. Penyebab lain yang mungkin adalah demam berdarah, yang bisa membuat lidahmu pucat tapi dengan bintik-bintik merah cerah.

Selain itu, herpes oral juga bisa menyebabkan lidah bewarna cerah.

 

3 dari 4 halaman

Kesalahan yang sering dilakukan dalam menjaga kebersihan tubuh

Kira-kira apa saja kebiasaan sehari-hari yang selama ini kita lakukan dengan cara yang salah? Dan bagaimana seharusnya?

Untuk itu, ketahui beberapa kesalahan yang sering dilakukan individu dalam menjaga kebersihan tubuh seperti melansir dari Bright Side.

1. Menggunakan panty liner sepanjang hari

Spesialis tidak merekomendasikan memakai panty liner sepanjang hari. Mereka harus diganti setiap 3-5 jam. Selain itu, pembalut mentruasi harus diganti setiap 4 jam, dan jika berat, lebih baik menggantinya setiap dua jam. Sementara untuk menstrual cups, waktu pemakaian yang disarankan adalah 4-6 jam.

2. Menggunakan korek kuping, jepit rambut, atau benda tajam untuk membersihkan telinga

Dokter menyarankan untuk lebih berhati-hati dengan telinga dan berhenti membersihkannya dengan korek kuping. Jangan bersihkan telingamu dengan sesuatu yang lebih kecil dari waslap di jarimu.

Studi juga tidak merekomendasikan penggunaan ear candle karena tidak efektif dan bahkan bisa menyebabkan cedera.

4 dari 4 halaman

3. Pengelupasan kulit setiap hari

Kulit baru diperbarui setiap enam minggu dan pengelupasan yang agresif benar-benar menyebabkan kulit kering dan teriritasi. Menggunakan loofah di kamar mandi sebenarnya adalah pengelupasan mekanis. Anda bisa tetap gunakan loofah hanya dua kali seminggu.

4. Mengganti sol sepatu kurang dari setahun sekali

Sebaiknya ganti sol Anda antara 6-12 bulan dengan penggunaan rutin. Pertama-tama, sol lama berhenti menopang lengkunganmu. 

Kedua, mereka mulai berbau tidak sedap karena bakteri. Itu sebabnya tidak sehat memakai sepatu tanpa kaus kaki.

5. Tidak menggosok ketiakmu

Para ahli mengatakan bahwa ketiakmu juga membutuhkan pengelupasan, terutama jika Anda bercukur. Gunakan loofah untuk mengoleskan lulur lalu kelupas dengan lembut. 

Jika kulit ketiakmu sensitif, gunakan pembersih wajahmu. Lakukan eksfoliasi dua kali seminggu.