Sukses

Perkuat Ikatan Cinta, 8 Karakteristik Emosional Ini Wajib Anda Punya Saat Menjalin Hubungan Asmara

Liputan6.com, Jakarta - Setiap orang memiliki kebutuhan emosional. Sifat emosional yang dimiliki manusia akan menghasilkan dua dampak berbeda, yaitu baik dan buruk. Hanya ada 8 karakteristik serta ekspresi dari sebuah emosi ini yang ternyata dibutuhkan dalam sebuah hubungan. Tujuannya untuk memperkuat ikatan tersebut.

Selain itu, karakteristik atau bentuk ekspresi ini bisa memberi makna kehidupan dan menjadi alasan utama mengapa kita tetap bertahan bersamanya atau mengapa Anda masih ingin hidup sampai sekarang.

Mungkin kebutuhan orang atas sebuah hubungan sangat beragam, tetapi 8 emosional ini jika dimiliki oleh Anda maupun pasangan ternyata bisa menjadi titik awal yang baik bagi kalian berdua, seperti melansir dari Healthline, Kamis (19/5/2022).

1.     Kasih sayang

Sebagian besar hubungan melibatkan berbagai jenis ekspresi kasih sayang, seperti:

-        Sentuhan fisik

-        Keintiman seksual

-        Kata-kata cinta

-        Sikap yang baik

Kasih sayang ini akan membantu Anda meningkatkan kedekatan atau ikatan dari hubungan tersebut. Adalah benar jika tidak semua orang menunjukkan kasih sayang dengan cara yang sama, tetapi hal ini sudah menjadi tolak ukur bagi mayoritas pasangan lainnya.

Sebagai contoh, saat pasangan Anda tidak menunjukkan kasih sayang dengan cara yang sama, Anda mungkin mulai khawatir dan mempertanyakan ‘apakah dia mencintaiku?’.

Faktanya, masalah pada sebuah hubungan biasanya di picu dari kurangnya kasih sayang, entah itu dari tindakan atau vlisan. Jika hubungan Anda terlihat menghawatirkan seperti ini, coba untuk melakukan pendekatan nonkonrontatif, seperti menyatakan apa yang Anda rasa dan setelah itu memberitahukan apa yang Anda inginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Menerima

Mengetahui pasangan bisa menerima kita apa adanya ternyata dapat membantu menciptakan rasa memiliki dalam hubungan. Penerimaan tidak hanya berarti mereka menerima Anda, tetapi juga sebaliknya.

Rasa memiliki biasanya meningkat ketika:

-        Memperkenalkan Anda kepada keluarga dan teman

-        Merencanakan kegiatan yang akan dilakukan bersama

-        Berbagi mimpi dan tujuan untuk masa depan

-        Meminta saran saat mebuat keputusan

Sayangnya, beberapa orang tidak terbiasa dengan sikap keterbukaan atau mungkin mereka memiliki alasan lain untuk tidak memasukkan Anda ke bagian tertentu di hidup mereka. Jadi, jangan berkecil hati, percayalah bahwa akan ada momen dimana dia akan terbuka kepada Anda.

3. Rasa aman

Hubungan yang sehat seharusnya bisa merasakan rasa aman. Contohnya:

-        Mereka menghormati batasan

-        Meresa aman saat berbagi perasaan

-        Merasa aman secara fisik bersama mereka

-        Percaya mereka mendukung pilihan Anda

Percaya atau tidak, menetapkan batasan yang jelas dapat membantu meningkatkan rasa aman pada diri Anda sendiri.

3 dari 4 halaman

4. Kepercayaan

Kepercayaan dan keamanan sering kali jalan beriringan. Sebab akan sulit untuk merasa aman secara fisik atau emosional dengan seseorang yang tidak dapat Anda percayai.

Ketika Anda memercayai seseorang, Anda akan mudah juga mendeteksi kebohongan yang mereka perbuat. Kepercayaan tidak terjadi begitu saja, tentu Anda perlu mengolahnya dari waktu ke waktu.

Kepercayaan yang rusak terkadang dapat diperbaiki, tetapi ini membutuhkan usaha dari kedua pasangan atau bahkan sering kali butuh bantuan orang terdekat lainnya.

5. Empati

Memiliki empati berarti Anda dapat membayangkan bagaimana perasaan orang lain. kemampuan ini sangan oenting untuk hubungan yang lebih harminonis, sebab bisa memahami satu sama lain serta memperkuat ikatan yang lebih dalam.

Pemahaman tentang situasi mereka dapat membantu Anda menerima apa yang terjadi dan memberi mereka belas kasih, serta pengampunan yang dapat membawa Anda menjadi lebih dekat lagi.

6. Prioritas

Siapa sih yang gak suka jadi orang yang di prioritaskan oleh orang yang kita cintai. Justru bakal aneh kalau Anda tidak merasa sekalipun di nomor satukan. Meski tidak sering, tapi pasti itu pernah terjadi, betul tidak?

Coba bayangkan kalau sebuah prioritas tidak pernah Anda dapatkan, mungkin Anda merasa bahwa mereka tidak benar-benar menghargai kehadiran Anda.

4 dari 4 halaman

7. Connection

'Hubungan' bisa terasa aneh jika Anda tidak pernah terhubung dengannya, atau bahkan jarang berada di satu tempat yang sama. Tanpa koneksi, Anda akan merasa kesepian. Jika Anda merasa hubungan mulai renggang dengan adanya sedikit koneksi atau komunikasi, cobalah cara ini:

-        Ajukan pertanyaan tentang kehidupan sehari-hari

-        Sarankan aktivitas baru untuk dicoba bersama

-        Lakukan perjalanan sehari pada akhir pecan

-        Keluar dari rutinitas monoton agar punya cerita saat kembali bersama

-        Bicarakan kenangan menyenangkan

8. Memberi ruang

Hal wajar saat hubungan berjalan dengan cara tersendat-sendat. Agar hubungan lebih harmonis dengan menerapkan tujuh ikatan emosional di atas, Anda juga perlu memberikan ruang kepada diri sendiri dan pasangan Anda.

Mendapatkan atau diberikan ruang untuk berfikir dan menyendiri secara emosi akan membantu mengatasi pikiran-pikiran dengan cara sehat dan menghindari hal-hal yang merugikan bagi pasangan Anda.

Jika terjadi sebuah masalah dan di saat yang sama Anda tidak memberikan sedikit ruang baginya untuk bernapas, secara naluri manusia mereka akan mengeluarkan luapan emosi yang tidak di perlukan seperti, caci maki atau perlakuan kasar lainnya.