Sukses

4 Cara Sederhana dan Mudah untuk Menghilangkan Lemak Perut

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki perut buncit tentu sangat menjengkelkan. Tumpukkan lemak di sisi kiri dan kanan membuat penampakan perut tak sedap dipandang.

Bahkan, individu dengan perut yang sempurna juga memiliki beberapa lemak perut. Itu tentu sangat normal. Namun, kelebihan lemak perut bisa membahayakan kesehatan Anda dengan cara yang tidak dilakukan oleh jenis lemak lainnya.

Meskipun Anda tidak pernah merasa terdorong untuk menurunkan berat badan, kehilangan lemak perut menjadi tujuan paling utama karena itu adalah lokasi paling berbahaya untuk menyimpan lemak.

Berbagai cara pun dilakukan demi bisa menghilangkan lemak perut. Mulai dari olahraga hingga menjalani pola hidup sehat yang menjadi salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi lemak di perut.

Untuk itu, ketahui beberapa cara mudah untuk menghilangkan lemak perut dan menjalani hidup yang lebih sehat, seperti melansir dari Pinkvilla, Kamis (12/5/2022).

1. Pertimbangkan rencana makan daripada diet

Untuk menghilangkan lemak perut, Anda harus memilih rencana makan sehat yang bisa Anda patuhi. Makan berbagai sayuran dan kurangi konsumsi garam, gula, lemak jenuh dan lemak trans dari sumber industri sangat penting untuk diet sehat.

Untuk mencapai hasil yang sama, Anda bisa makan dalam porsi yang lebih kecil, membatasi ngemil, atau menghindari makan yang emosional. Tidak diperlukan perhitungan kalori, hanya membuat pilihan makanan yang lebih baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

2. Terus bergerak

Aktivitas fisik dan terutama berjalan adalah cara terbaik untuk membakar lemak perut. Jumlah latihan yang diperlukan untuk menurunkan berat badan ditentukan oleh tujuanmu.

Lebih baik memulai dengan perlahan dan berusaha keras daripada mencoba terlalu keras dan menyerah. Salah satu pendekatan sederhana adalah berkomitmen untuk berjalan cepat 10 menit setelah makan malam, dan secara bertahap meningkatkan waktu saat Anda menjadi lebih nyaman dengan gerakan harian.

3. Utamakan kualitas tidur yang baik

Tidur sangat penting untuk keberhasilan penurunan berat badan Anda. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, pastikan Anda cukup tidur selain mengikuti pola makan sehat dan rutin berolahraga.

Jauhkan perangkat elektronikmu dari Anda untuk tidur malam yang nyenyak jika Anda ingin menghilangkan lemak perut karena semakin lama Anda tidur nyenyak, semakin banyak kalori yang Anda bakar.

4. Angkat beban

Latihan yang berfokus pada inti dengan kompenen HIIT bisa menghasilkan keajaiban untuk mencapai perut yang kencang. Bahkan latihan kekuatan sedang yang dikombinasikan dengan latihan aerobik membantu membangun massa otot tanpa lemak, menyebabkan Anda membakar lebih banyak kalori sepanjang hari, baik saat istirahat maupun selama berolahraga.

3 dari 4 halaman

Penyebab perut buncit

1. Konsumsi Alkohol

Lemak perut bisa disebabkan oleh minuman alkohol. Minuman beralkohol mengandung kalori yang tidak memberikan manfaat bagi tubuh kita. Hal ini dikarenakan minuman alkohol tidak mengandung nutrisi. 

Jika Anda ingin mengurangi lemak perut dan Anda seorang pecandu alkohol, lebih baik Anda berhenti atau setidaknya menguranginya secara bertahap. Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC), wanita diperbolehkan konsumsi alkohol satu gelas perhari, sedangkan pria boleh mengonsumsi dua gelas perhari.

2. Kurang Bergerak atau Olahraga

Kurangnya aktivitas fisik akan menyebabkan lemak perut. Jika Anda ingin menghilangkan lemak perut, Anda dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara teratur agar membuat Anda tetap bugar dan mencegah terjadinya perut buncit. 

Tidak harus melakukan olahraga yang berat, dengan melakukan jalan pagi atau jalan sore bisa membantu Anda mengatasi perut buncit. Lebih baik bergerak, meskipun sedikit daripada tidak sama sekali. Pastikan Anda melakukannya secara konsisten.

3. Makanan dan Minuman Manis

Pola makan yang tidak sehat tentunya juga menjadi salah satu faktor penyebab perut buncit dan bisa mempengaruhi kesehatan Anda. Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak gula, Anda berisiko memiliki lemak berlebih di perut. Hal ini dikarenakan makanan dan minuman manis adalah makanan karbohidrat olahan yang sulit dibakar yang pada akhirnya menjadi lemak di tubuh kita. 

Untuk mengurangi asupan makanan dan minuman manis, Anda bisa mengonsumsi makanan karbohidrat sehat dan makanan yang mengandung banyak air sehingga Anda merasa kenyang. Anda juga bisa mengonsumsi makanan dengan kalori negatif yang bisa bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan.

 

4 dari 4 halaman

4. Stres dan Kurang Tidur

Selain makanan, ternyata stres dan kurang tidur juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan perut buncit. Sebuah penelitian telah menemukan bahwa stres dan kecemasan bisa menyebabkan hormon dan kortisol dalam tubuh sehingga bisa memperlambat metabolisme Anda. 

Selain itu, kurangnya waktu tidur juga bisa menyebabkan kortisol Anda melonjak dan juga meningkatkan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan dengan tinggi kalori yang pada akhirnya menyebabkan kenaikan berat badan, terutama peningkatan lemak pada perut.

Untuk itu, jika Anda ingin menghilangkan lemak perut atau perut buncit dan mempertahankan berat badan yang sehat, penting untuk mengendalikan tingkat stres Anda dan setidaknya tidur selama 7-8 jam setiap harinya. 

5. Konsumsi Makanan Rendah Serat

Untuk mempertahankan berat badan yang sehat, konsumsi makanan dengan tinggi serat adalah sebuah keharusan. Jika tubuh Anda tidak memiliki cukup serat, kemungkinan Anda memiliki masalah pada sistem pencernaan Anda. Makanan rendah serat bisa menyebabkan lemak perut atau perut buncit.

Makanan yang tinggi serat bisa ditemukan pada makanan seperti biji-bijian, kacang-kacangan, gandum, sayuran hijau, dan buah-buahan yang menghidrasi. Dengan mengonsumsi makanan ini, akan membantu Anda merasa lebih kenyang dan bisa membatasi keinginan Anda untuk konsumsi makanan yang tidak sehat.