Sukses

CDC Rilis Rincian Klinis Terbaru Terkait Kasus Hepatitis Akut pada Anak-Anak

CDC terus menyelidiki kasus hepatitis akut dengan penyebab yang tidak diketahui di antara anak-anak dan merilis rincian klinis baru tentang beberapa kasus

Liputan6.com, Jakarta Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) terus menyelidiki kasus hepatitis akut dengan penyebab yang tidak diketahui di antara anak-anak dan merilis rincian klinis baru tentang beberapa kasus pada hari Jumat (6/5/2022).

Sejauh ini, setidaknya ada 18 kasus yang dilaporkan di setidaknya empat negara bagian dan puluhan lainnya di Eropa. Rincian klinis terbaru yang dibagikan oleh CDC pada hari Jumat datang dari Alabama, tempat kasus pertama ditemukan. 

Dilansir dari CNN, catatan klinis dianalisis untuk sembilan total pasien yang dirawat di rumah sakit anak-anak setelah 1 Oktober 2021. Para pasien berasal dari berbagai negara bagian tanpa hubungan epidemiologis. 

Semua dianggap secara umum sehat, tanpa penyakit penyerta yang signifikan dan tidak ada kelemahan sistem kekebalan. Usia rata-rata adalah sekitar tiga tahun, mulai dari yang lebih muda dari dua hingga lebih tua dari lima tahun.

Muntah dan diare adalah gejala yang paling umum di antara pasien sebelum masuk, dengan beberapa juga mengalami gejala saluran pernapasan atas. Saat masuk, sebagian besar mengalami pembesaran hati, disertai penyakit kuning dan mata menguning.

Semua pasien menerima hasil tes negatif untuk virus hepatitis A, B, dan C, dan beberapa penyebab hepatitis dan infeksi pediatrik lainnya disingkirkan. Tetapi adenovirus terdeteksi pada semua pasien.

CDC mengeluarkan nasihat kesehatan minggu lalu, memperingatkan penyedia layanan kesehatan dan otoritas kesehatan masyarakat untuk penyelidikan dan merekomendasikan penyedia mempertimbangkan pengujian adenovirus pada anak-anak dengan hepatitis ketika penyebabnya tidak diketahui, menambahkan bahwa pengujian darah secara keseluruhan bukan hanya plasma darah mungkin lebih sensitif.

 

 

**Pantau arus mudik dan balik Lebaran 2022 melalui CCTV Kemenhub dari berbagai titik secara realtime di tautan ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Adenovirus diakui sebagai penyebab hepatitis di antara anak-anak

Di antara sembilan pasien di Alabama, enam menerima hasil tes positif untuk virus Epstein-Barr yang dipastikan berasal dari infeksi sebelumnya. Virus lain yang terdeteksi termasuk enterovirus/rhinovirus, metapneumovirus, virus pernapasan syncytial, dan human coronavirus OC43.

Tidak ada pasien yang memiliki riwayat infeksi Covid-19 sebelumnya. Tiga pasien mengalami gagal hati akut, dua di antaranya menjalani transplantasi hati. CDC melaporkan semua pasien pulih atau pulih, termasuk penerima transplantasi.

Hepatitis adalah peradangan hati, organ vital yang memproses nutrisi, menyaring darah, dan membantu melawan infeksi. Ketika hati meradang atau rusak, fungsinya bisa terpengaruh.

Paling sering, hepatitis disebabkan oleh virus, dan adenovirus adalah jenis virus yang umum menyebar dari orang ke orang yang dapat menyebabkan berbagai penyakit ringan hingga lebih parah. Namun virus ini jarang dilaporkan sebagai penyebab hepatitis berat pada orang sehat.

Adenovirus diakui sebagai penyebab hepatitis di antara anak-anak dengan gangguan kekebalan, tetapi mungkin menjadi "kontributor cedera hati yang tidak diketahui di antara anak-anak yang sehat," menurut CDC. Ini terutama menyebar dari kotoran ke mulut.

Tidak ada vaksin untuk adenovirus pada anak-anak. Adenovirus cenderung menempel di permukaan dan pembersih tangan berbasis alkohol tidak bekerja dengan baik untuk melawannya, menurut Dr. Ashlesha Kaushik, juru bicara American Academy of Pediatrics.

"Mencuci tangan dengan sabun dan air adalah hal terbaik," kata Kaushik. 

"Menjaga jarak dari siapa pun yang sakit batuk dan bersin, dan ajari anak-anak Anda untuk batuk atau bersin di lengan baju mereka."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.