Sukses

Terlalu Sering Pakai Cotton Buds, Telinga Wanita Ini Meradang Sampai Bernanah

Telinga wanita ini meradang hingga bernanah akibat terlalu sering memakai cotton bud

Liputan6.com, Jakarta Baru-baru ini, seorang warga Malaysia bernama Yen Nee menceritakan pengalamannya masuk rumah sakit akibat penggunaan cotton buds yang berlebihan. Dalam postingan Facebooknya, dia mengungkapkan bahwa telinga kanannya terasa sakit dan gatal sejak bulan lalu.

Yang lebih buruk adalah saluran telinganya mulai meradang parah dan menyebabkan dia merasakan sakit yang luar biasa di tenggorokannya, di wajah dan kepalanya.

“Sangat parah hingga terkadang nanah mengalir keluar dan pendengaran saya juga terpengaruh,” jelasnya kepada World of Buzz.

Yen Nee memutuskan untuk mengunjungi Rumah Sakit Amal Kek Lok Si dan dokter menyarankannya untuk menjalani operasi dengan anestesi umum.

“Ada benda keras yang tersangkut di telinga saya. Operasi bisa dilakukan dalam 15 menit tetapi butuh 2 jam.”

Yen Nee kemudian menjelaskan bahwa kondisinya serius karena dia sering membersihkan telinganya dengan cotton buds yang mendorong kotoran terlalu jauh ke dalam saluran telinga.

Ketika terakumulasi, terjadi peradangan pada telinga dan jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan ketulian.

Dokter yang melakukan operasi, Dr Ruth Ng, memiliki pesan ini untuk dibagikan:

“Dr Ruth mengatakan cara terbaik untuk merawat telinga adalah dengan membiarkannya saja dan tidak dengan sengaja membersihkannya, terutama dengan cotton buds,” tambah Yen Nee.

Dia mengakhiri postingannya dengan berterima kasih kepada Dr Ruth dan semua orang yang terlibat.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fungsi cotton bud selain untuk bersihkan telinga

Tak sekedar untuk membersihkan telinga loh, rupanya ada banyak fungsi lain dari cotton bud yang dapat mempermudah kehidupan Anda sehari-hari:

1.  Membersihkan alat elektronik

Apakah remot TV atau keyboard laptop Anda kotor? Jika ya, Anda bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkannya. Caranya rendam cotton bud dalam alkohol, kemudian gunakan untuk membersihkan sela-sela tombol pada remot dan juga keyboard Anda.

 

2. Memperbaiki resleting yang macet

Anda tentu pernah mengalami resleting yang macet atau tersangkut bukan? Rupanya Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan cotton bud. Caranya cukup mudah, yakni celupkan cotton bud ke baby oil, olive oil atau sampo. Setelah itu, gosoklah cotton bud tadi di bagian resleting yang macet atau tersangkut. Nantinya resleting akan berfungsi seperti semula.

 

3 dari 3 halaman

3. Membersihkan noda pada sepatu

Anda tentu sering mendapati noda pada sepatu yang dikenakan. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan cotton bud. Caranya cukup rendam ujung cotton bud pada cairan aseton dan gosok pada bagian noda tersebut secara lembut.

 

4. Membersihkan mascara yang berantakan

Untuk para wanita, cotton bud juga bisa dimanfaatkan untuk urusan makeup. Salah satunya bisa dimanfaatkan untuk membersihkan mascara yang berantakan.

 

5. Membersihkan perhiasan

Banyak yang bingung saat hendak membersihkan perhiasan sendiri di rumah. Padahal Anda bisa memanfaatkan cotton bud loh. Pasalnya bagian ujung cotton bud yang halus dapat membantu membersihkan perhiasan dan membuatnya seperti baru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.