Sukses

6 Kebiasaan Makan Seperti Ini Bantu Anda Menua Lebih Baik

Liputan6.com, Jakarta Anda adalah apa yang Anda makan. Apa pun yang masuk ke dalam tubuh akan dipamerkan. Jika Anda makan junk food yang sangat menarik selera maka tubuh Anda akan bereaksi terhadap lemak yang disimpan dan jika Anda makan buah musiman, itu akan memiliki efek positif pada kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa yang harus dimakan dan apa yang tidak boleh dimakan.

Penuaan dan kebiasaan makan berjalan beriringan, bertentangan dengan anggapan banyak orang. Penuaan dipengaruhi oleh kebiasaan makanan kita meskipun faktor lain juga memiliki peran yang berkontribusi.

Mengapa diet penting ketika Anda menua?

Sesuai studi penelitian tahun 2020 yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Pertanian Yunnan, Kunming, Cina, penuaan disebabkan oleh kombinasi faktor internal (seperti kadar hormon, genotipe, metabolisme endokrin, dll.), dan faktor eksternal (seperti ultraviolet radiasi, tingkat nutrisi, polusi kimia, dll).

Studi tentang penuaan kulit, mengatakan bahwa bahan fungsional anti-penuaan dalam makanan terutama mengurangi penuaan kulit melalui tiga cara: dengan penyerapan dan partisipasi dalam sintesis dan metabolisme komponen kulit; dengan meningkatkan aktivitas enzim antioksidan; serta dengan menghambat degradasi komponen kulit dan menjaga integritas struktur kulit.

Diet yang wajar dan nutrisi seimbang adalah langkah-langkah penting untuk menunda penuaan dan memperpanjang hidup.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

2 dari 4 halaman

Apa bahan anti-penuaan dalam makanan?

Unsur-unsur nutrisi umum yang memiliki kontrol atas penuaan adalah: vitamin, Peptida kolagen, polifenol, Polisakarida, Asam lemak, Probiotik diet.

Berikut adalah enam kebiasaan makanan yang tidak hanya sehat dan bergizi, tetapi juga akan membantu seseorang untuk menua lebih baik.

1. Piring makanan Anda harus sehat

Mulailah memiliki piring makanan sehat. Setengah dari piring makanan Anda harus berisi sayuran musiman, seperempatnya harus memiliki protein esensial tergantung pada praktik makanan Anda dan porsi sisanya harus berupa nasi atau gandum atau quinoa tergantung pada apa yang Anda sukai.Piring makanan yang proporsional adalah kunci untuk tubuh yang sehat.

2. ​Lemak harus dikonsumsi dalam jumlah sedang

Penting untuk memasukkan lemak ke dalam makanan; tetapi harus hati-hati dan harus dipastikan bahwa lemak dikonsumsi dalam jumlah sedang.Lemak sehat seperti kacang-kacangan, minyak zaitun harus dikonsumsi setiap hari. Hindari lemak tidak sehat.

 

3 dari 4 halaman

3. ​Kurangi konsumsi makanan olahan

Penuaan adalah yang terbaik dari makanan olahan. Jika Anda perlu membalikkan penuaan, Anda perlu mengucapkan selamat tinggal pada makanan seperti gula halus, biji-bijian, minuman manis, roti, dan sereal manis.

Untuk menghentikan penuaan, sangat penting untuk memiliki makanan dalam bentuk alaminya. Makanan yang mempertahankan nilai gizi aslinya jauh lebih aman dan sehat daripada makanan yang kandungan nutrisinya dirobek dan dilapisi dengan produk pemasaran.

4. ​Jangan terlalu membebani diri sendiri

Banyak orang memiliki kebiasaan membebani piring makanan mereka dan memakannya sekaligus. Ini adalah praktik yang buruk. Cara terbaik untuk makan, adalah makan sedikit hingga lebih dari setengahnya.

Ada beberapa manfaat di balik melakukan ini, salah satunya adalah makan lebih sedikit akan menghemat lebih banyak ruang untuk air minum.

 

4 dari 4 halaman

5. Minum lebih banyak air

Air adalah kunci kesehatan tubuh. Apa pun yang terjadi, jagalah agar diri Anda selalu terhidrasi. Jangan lupa minum air putih minimal 8-10 gelas setiap hari.

Jika Anda tidak ingin minum air putih, cobalah minum air detoks.

6. ​Makan makanan dalam bentuk aslinya

Jangan bergantung pada makanan kemasan karena berkali-kali nilai gizi makanan ini hancur.

Cobalah untuk memiliki makanan dalam bentuk aslinya. Makanan yang tumbuh secara alami dan musiman menyimpan jumlah nutrisi tertinggi daripada yang lain.