Sukses

Sering Duduk Terlalu Lama Bisa Bikin Kamu Mudah Lupa, Ini Sebabnya

Ternyata terlalu banyak duduk dapat membuat kamu mudah lupa. Ini sebabnya

Liputan6.com, Jakarta Kita mungkin semua akrab dengan momen yang membuat frustrasi ketika Anda tidak dapat mengingat nama seseorang atau apakah Anda menjadwalkan janji temu dengan dokter gigi Anda atau tidak.

Stres, minum, dan kurang tidur adalah penyebab umum, tetapi ada alasan yang kurang diketahui untuk pelupa kronis, dan itu mungkin sesuatu yang Anda lakukan setiap hari—selama berjam-jam.

Duduk terlalu lama sebabkan kesulitan dengan memori dan fokus

Baik itu rapat Zoom tanpa akhir, menghabiskan berjam-jam terjebak kemacetan di perjalanan, duduk bekerja di depan laptop, atau meringkuk di sofa dan menikmati serial Netflix terbaru, kebanyakan dari kita melakukan banyak duduk setiap hari.

Semua duduk itu mungkin masuk akal untuk pekerjaan dan gaya hidup Anda (dan terasa tidak dapat dihindari), tetapi itu bukan hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan otak Anda.

"Gaya hidup yang tidak banyak bergerak sangat mempengaruhi otak Anda, baik dalam hal kesehatan emosional dan kognitif," kata Christine Celio, PhD, psikolog klinis dan ahli kesehatan emosional Calibrate.

"Ingatan dan fokus Anda terganggu."

Terlalu banyak waktu yang dihabiskan untuk duduk dapat merusak lebih dari sekadar fungsi otak Anda. Sebuah studi tahun 2016 menunjukkan bahwa ada hubungan antara perilaku menetap dan gejala depresi.

Duduk terlalu banyak juga telah dikaitkan dengan serangan jantung, diabetes tipe 2, dan kanker, serta peningkatan risiko kematian karena berbagai kondisi medis lainnya.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Bagaimana terlalu banyak duduk memengaruhi ingatan?

"Ada hubungan yang kuat antara gaya hidup menetap dan peningkatan risiko demensia," jelas Ceilo. Jadi apa yang terjadi di lobus temporal medial Anda (atau MTL—bagian dari otak Anda yang membentuk ingatan baru) ketika Anda menghabiskan banyak waktu untuk duduk?

Sebuah studi 2018 oleh para peneliti UCLA, yang diterbitkan dalam jurnal PLOS One, mewawancarai 35 orang berusia 45 hingga 75 tahun dan kemudian memberi mereka pemindaian MRI resolusi tinggi. Mereka menemukan bahwa waktu lama yang dihabiskan untuk duduk dikaitkan dengan penipisan MTL dan area di wilayah itu.

Selain itu, mungkin bahwa "perilaku menetap adalah prediktor yang lebih signifikan dari struktur otak, khususnya ketebalan [lobus temporal medial]," kata penulis penelitian.

Kabar baiknya adalah bahwa aktivitas fisik dapat melawan risiko terlalu banyak duduk—walaupun itu bukan satu-satunya hal yang perlu Anda lakukan untuk melawan potensi efek merusak pada otak.

 

3 dari 4 halaman

Mengurangi waktu duduk sama pentingnya dengan berolahraga

"Manfaat olahraga tidak cocok untuk otak Anda. Olahraga teratur menciptakan reseptor dopamin baru, dan dalam beberapa kasus, dapat memperbaiki kerusakan yang diakibatkan oleh penggunaan alkohol yang berlebihan," jelas Celio.

Dia menambahkan bahwa olahraga menyebabkan pelepasan apa yang oleh beberapa ahli saraf disebut reseptor "jangan khawatir, berbahagialah" (lebih ilmiah dikenal sebagai endocannabinoids). Selain membuat Anda bangun dan bergerak alih-alih duduk hampir sepanjang hari, reseptor ini dapat mengurangi pengalaman stres Anda, yang dapat menyebabkan hilangnya ingatan.

Namun, mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk duduk sangat penting. Studi UCLA mencatat bahwa bahkan aktivitas fisik yang intens "tidak cukup untuk mengimbangi efek berbahaya dari duduk untuk waktu yang lama." Studi lain menunjukkan bahwa hanya mengurangi perilaku menetap sebesar 25 persen menurunkan prevalensi Alzheimer sekitar satu juta kasus di seluruh dunia.

 

4 dari 4 halaman

Membuat perubahan gaya hidup yang tidak banyak bergerak

Jadi berapa banyak duduk yang terlalu banyak? Dan bagaimana Anda dapat membuat perubahan yang positif dan efektif pada gaya hidup yang tidak banyak bergerak?

The Mayo Clinic melaporkan bahwa "analisis dari 13 studi tentang waktu duduk dan tingkat aktivitas menemukan bahwa mereka yang duduk selama lebih dari delapan jam sehari tanpa aktivitas fisik memiliki risiko kematian yang serupa dengan risiko kematian yang disebabkan oleh obesitas dan merokok."

Tetapi ada cara sederhana untuk mengurangi waktu yang Anda habiskan untuk duduk. Ini termasuk istirahat untuk berjalan, mondar-mandir sambil menonton televisi, mendapatkan beberapa latihan fisik tambahan dengan parkir sedikit lebih jauh dari tujuan Anda, atau turun dari kereta atau bus berhenti lebih awal.

Perubahan gaya hidup ini mungkin memerlukan beberapa penyesuaian, tetapi bisa sangat membantu karena sejumlah alasan, termasuk menjaga kesehatan kognitif Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.