Sukses

Pengaruhi Kesuburan, Covid-19 Bisa Bikin Mandul dan Disfungsi Ereksi

Ternyata Covid-19 dapat memengaruhi kesuburan dengan membuat penderita mandul atau disfungsi ereksi

Liputan6.com, Jakarta Para peneliti masih mempelajari lebih lanjut tentang pasien yang mengalami gejala Covid-19 jangka panjang, dan beberapa dari apa yang mereka temukan sejauh ini mungkin mengejutkan Anda. Di luar gejala virus corona yang lebih dikenal seperti batuk, demam, kelelahan, dan kehilangan sensorik, beberapa pasien mengalami gejala yang jauh lebih intim, jarang dibicarakan.

Ternyata, baik pria maupun wanita telah melaporkan efek pada sistem seksual dan reproduksi mereka setelah infeksi Covid: khususnya, beberapa wanita dengan long Covid  telah mengalami perubahan menstruasi, dan pria telah melaporkan disfungsi ereksi (DE) lama setelah gejala lain mereda.

Tinjauan literatur yang diterbitkan dalam Journal of Endocrinological Investigation pada bulan Juli adalah salah satu yang paling awal untuk mengonfirmasi DE sebagai gejala virus corona. Para peneliti tersebut menemukan tren dalam literatur yang menunjukkan bahwa pasien COVID laki-laki lebih mungkin mengalami hipogonadisme—suatu kondisi di mana organ seks seseorang melepaskan sedikit atau tidak ada hormon seks—dibandingkan mereka yang tidak mengidap COVID.

"Apakah keadaan hipogonadisme ini permanen atau sementara adalah pertanyaan yang sejauh ini belum terjawab," jelas para peneliti.

Mereka juga mencatat jumlah sel Leydig yang lebih rendah, yang ditemukan di testis. Ini memelihara saluran reproduksi pria, membantu dalam produksi testosteron, dan bertanggung jawab untuk spermatogenesis, generasi sperma.

Para peneliti berhipotesis bahwa penekanan testosteron "mungkin menjadi salah satu alasan perbedaan besar dalam hal kematian dan tingkat rawat inap antara pria dan wanita dan mungkin juga menjelaskan mengapa SARS-CoV-2 paling sering menginfeksi pria tua."

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Wanita juga terpengaruh

Namun, wanita juga mengalami gejala seksual dan reproduksi yang menurut dokter terkait dengan hormon. Louise Newson, MD, seorang dokter umum dan spesialis menopause, baru-baru ini berbagi dengan Vox bahwa dia saat ini sedang melakukan survei percontohan tentang gejala-gejala tersebut pada pasien COVID-19.

Dengan 842 tanggapan pasien yang tercatat sejauh ini, dia mengatakan hasil "mengonfirmasi pemikiran [dia] bahwa long Covid kemungkinan terkait dengan kadar hormon yang rendah (estrogen dan testosteron), yang sejauh ini telah diabaikan dengan penelitian."

Untuk mendukung teorinya, Newson menambahkan bahwa banyak wanita memperhatikan gejala COVID yang memburuk tepat sebelum menstruasi dimulai—ketika kadar estrogen selalu rendah. Dia menduga itu tidak sepenuhnya kebetulan bahwa gejala long Covid tertentu. Namun kabut otak, kelelahan, pusing dan nyeri sendi juga merupakan gejala menopause.

Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menyempurnakan peran hormon dalam kasus COVID, ada beberapa kabar baik sementara itu. Menurut Vox, "Newson mengatakan bahwa secara anekdot, pasien dengan long Covid dari klinik menopausenya telah membaik dengan dosis dan jenis terapi penggantian hormon yang tepat."

Berikut ini beberapa hal terkait Covid-19 yang memengaruhi kesuburan:

 

3 dari 6 halaman

1. Testosteron rendah dapat meningkatkan risiko infeksi pernapasan

Menurut sebuah penelitian Turki yang diterbitkan dalam jurnal The Aging Male, "Testosteron dikaitkan dengan sistem kekebalan organ pernapasan, dan kadar testosteron yang rendah dapat meningkatkan risiko infeksi pernapasan," tulis Selahittin Cayan, MD, seorang profesor urologi dan penulis utama studi tersebut. "Dalam penelitian kami, rata-rata testosteron total menurun, seiring dengan meningkatnya keparahan COVID-19," tambah Cayan.

 

4 dari 6 halaman

2. Wanita dengan estrogen rendah lebih mungkin untuk memiliki COVID yang parah.

Sebuah penelitian di Wuhan, Cina menemukan bahwa wanita non-menopause dengan COVID parah mengalami masa rawat inap yang lebih pendek daripada wanita pada usia yang sama yang telah mulai menopause. 

 

5 dari 6 halaman

3. Covid-19 menyebabkan disfungsi ereksi pada pria.

BSSM juga mencatat bahwa COVID-19 merusak sel-sel endotel, yang melapisi permukaan bagian dalam pembuluh darah kita. Kondisi ini "sering terjadi pada pria dengan disfungsi ereksi dan defisiensi testosteron," mereka menjelaskan.

 

6 dari 6 halaman

4. COVID dapat memengaruhi jumlah sperma Anda.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Lancet, ada alasan untuk percaya bahwa COVID dapat mengganggu produksi sperma pria dalam jangka panjang. Vox melaporkan studi khusus ini, menjelaskan, "pada beberapa pasien, mereka juga menemukan orkitis auto-imun, atau peradangan testis dengan antibodi anti-sperma spesifik," suatu kondisi yang dapat menyebabkan infertilitas di masa depan. Para ahli mengatakan saat ini tidak ada cukup bukti untuk menentukan apakah efek ini permanen.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.