Sukses

Tanpa Disadari 5 Hal Sepele Ini Bisa Bikin Gigi Jadi Kuning

Berikut deretan hal yang bisa membuat gigi kuning tanpa disadari.

Liputan6.com, Jakarta Senyum Anda adalah salah satu hal pertama yang diperhatikan orang tentang Anda, tetapi jika gigi Anda tidak seputih yang Anda inginkan, Anda mungkin akan jarang tersenyum. 

Meskipun ada banyak cara untuk memutihkan gigi Anda, beberapa tindakan yang Anda lakukan setiap hari mungkin menyebabkan gigi Anda kehilangan luminositasnya.

Dan karena Anda tak mengetahui hal tersebut Anda lantas melakukannya berulang kali dan semakin membuat gigi Anda berwarna kuning. Hal itu tentu bisa mengganggu penampilan Anda. Dilansir dari Brightside, berikut deretan hal yang bisa membuat gigi kuning tanpa disadari. 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Anda minum minuman berkarbonasi

Meninggalkan minuman bersoda adalah keputusan yang pasti akan membuat gigi Anda berterima kasih, tetapi jika Anda beralih ke air berkarbonasi, itu masih dapat memengaruhi senyum Anda. Asam karbonat yang berkembang dalam air soda tidak akan merusak gigi Anda secara serius, tetapi jika airnya diberi rasa, kemungkinan mengandung zat aditif yang mempengaruhi tingkat keasamannya dan dapat meningkatkan korosi email.

3 dari 7 halaman

2. Anda sering minum minuman panas

Tidak ada yang bisa membangunkan Anda di pagi hari lebih cepat daripada secangkir kopi panas, tetapi jika Anda menikmatinya setiap hari, itu mungkin membuat senyum Anda kusam dan berubah warna. Kopi, teh, dan minuman kaya pigmen lainnya dapat menodai gigi Anda, dan jika Anda meminumnya panas, mereka dapat membuat email gigi Anda lebih rentan terhadap pewarnaan.

Dan jika Anda terbiasa minum kopi saat bepergian untuk menghangatkan diri di hari yang dingin, itu bahkan dapat menyebabkan retakan mikro pada email Anda dan membuat gigi Anda lebih sensitif.

4 dari 7 halaman

3. Anda menggunakan obat kumur yang salah

Meskipun obat kumur membuat napas Anda segar lebih lama, itu mungkin juga membuat senyum Anda kurang cerah jika Anda tidak mewaspadai bahan kimia keras di dalamnya. Misalnya, obat kumur yang ditujukan untuk mengobati penyakit gusi sering kali mengandung klorheksidin glukonat, yang dapat menyebabkan noda pada gigi yang mungkin tidak dapat dihilangkan tanpa bantuan dokter gigi.

5 dari 7 halaman

4. Anda menyikat terlalu keras

Meskipun menyikat dan membersihkan gigi sangat penting untuk menjaga senyum Anda tetap sehat, lebih banyak tidak selalu lebih baik dalam hal kebersihan mulut. Jika Anda menyikat terlalu keras hari demi hari, Anda dapat mengikis email secara perlahan, yang dapat membuat gigi Anda lebih sensitif dan meningkatkan risiko gigi berlubang.

6 dari 7 halaman

5. Anda tidak minum cukup air

Tetap terhidrasi adalah salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, dan minum cukup air sepanjang hari juga dapat membantu mencerahkan senyum Anda. Air membilas zat noda yang tertinggal di gigi Anda dan membuatnya tetap putih lebih lama.

7 dari 7 halaman

Infografis Ayo Jadikan 2022 Tahun Terakhir Indonesia dalam Masa Pandemi Covid-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.