Sukses

Anda Mungkin Sudah Terlindungi dari Varian Covid-19 Baru, Ini Alasannya

Berikut ini alasan Anda mungkin sudah terlindungi dari varian Covid-19 baru

Liputan6.com, Jakarta Setelah dua tahun hidup di bawah pandemi Covid-19, virus itu akhirnya tampak surut, setidaknya untuk saat ini. Kasus harian yang baru dilaporkan telah menurun selama dua pekan terakhir. Tetapi ketika infeksi terus menurun di Indonesia, negara-negara lain mulai melaporkan lonjakan yang disebabkan oleh subvarian Omicron BA.2.

Beberapa ahli memperingatkan bahwa virus mungkin akan kembali dengan lonjakan lain—tetapi beberapa dari kita mungkin dapat menghindari infeksi tersebut. Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

Beberapa orang yang terinfeksi Omicron mungkin terlindungi dari varian baru

Meskipun sulit untuk memperkirakan dengan tepat seberapa kuat lonjakan BA.2 akan melonjak, beberapa penelitian baru-baru ini memberikan gambaran yang layak tentang mengapa virus mungkin tidak datang kembali.

Dalam sebuah surat yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine pada 16 Maret, para ilmuwan melaporkan bahwa evaluasi antibodi pada 32 orang menemukan bahwa orang-orang tertentu yang telah terinfeksi selama gelombang Omicron masih dapat melihat tingkat kekebalan yang tinggi dari virus terbaru.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Temuan peneliti

"Pada orang yang divaksinasi yang diduga telah terinfeksi BA.1, titer antibodi penetralisir yang kuat terhadap BA.2 berkembang, yang menunjukkan tingkat kekebalan alami reaktif silang yang substansial," tulis para peneliti.

"Temuan ini memiliki implikasi kesehatan masyarakat yang penting dan menunjukkan bahwa peningkatan frekuensi BA.2 dalam konteks lonjakan BA.1 mungkin terkait dengan peningkatan penularan daripada peningkatan pelarian imunologis."

 

3 dari 5 halaman

Harus tetap waspada

Terlepas dari keinginan kuat untuk kembali normal ketika kasus COVID menurun, para ahli menekankan itu adalah keseimbangan yang rumit.

"Tanpa diragukan lagi, membiarkan orang berbaur di dalam ruangan jelas merupakan sesuatu yang menjadi kontributor [meningkatnya kasus di Eropa], serta melemahnya kekebalan secara keseluruhan, yang berarti kita benar-benar harus tetap waspada. Perhatikan polanya di sini," Anthony Fauci, MD, kepala penasihat COVID untuk Gedung Putih, mengatakan kepada CNN pada 15 Maret.

 

4 dari 5 halaman

Tetap pakai memakai masker dan divaksinasi booster

Lonjakan kasus di luar negeri juga telah memperbarui seruan dari para ahli untuk mempertahankan fokus agar lebih banyak populasi divaksinasi dan mendapat booster untuk melawan virus, serta tetap mengenakan masker.

"Kita tidak bisa lengah karena pesan yang diterima orang ketika mendengar 'kasus sudah turun' adalah pandemi sudah berakhir. Dan ternyata tidak," Deborah Fuller, PhD, seorang ahli mikrobiologi di University of Washington, mengatakan kepada CNN.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron

  • Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengumumkan nama-nama baru untuk varian virus corona SARS-CoV-2 yang terdeteksi di berbagai negara.

    Varian Covid

  • Gejala awal infeksi Covid-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.
    Gejala awal infeksi Covid-19 bisa berupa gejala flu, seperti demam, pilek, batuk kering, sakit tenggorokan, dan sakit kepala.

    covid update

  • COVID

  • Vaksinasi Booster