Sukses

Studi: Mencium Bau Badan Pasangan Dapat Menurunkan Stres

Ternyata mencium bau badan pasangan dapat menurunkan stres Anda

Liputan6.com, Jakarta Banyak perempuan suka mengambil pakaian dari pacar mereka dan menikmati baunya. Nah, jika Anda bukan penggemar mengenakan T-shirt pria Anda, maka Anda bisa mengendusnya.

Dan tindakan Anda tidak akan tampak aneh karena bau pasangan Anda adalah alat anti-stres yang sangat baik. Bagaimana mungkin? Berikut penjelasannya.

Penelitiannya

Penelitian ini melibatkan 96 wanita yang mengendus kemeja. Para pria diberikan terlebih dahulu dan diminta untuk memakainya selama 24 jam tanpa menggunakan deodoran, parfum, atau produk lain yang berbau. Mereka juga diminta untuk tidak makan apa pun yang dapat mengubah bau mereka dan tidak merokok.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tiga jenis kemeja

Ada 3 jenis kemeja: satu dikenakan oleh pasangannya, satu dikenakan oleh orang lain, dan kemeja netral yang tidak dikenakan. Dan setiap wanita diberikan dan mengendus hanya satu dari mereka. Kemudian mereka menjalani tes yang meningkatkan stres mereka.

Yakni, wawancara kerja tiruan dan tugas mental. Mereka juga memberikan sampel air liur untuk mengukur tingkat kortisol (hormon stres) dalam tubuh mereka dan mereka ditanyai tentang bagaimana stres yang mereka rasakan.

 

3 dari 5 halaman

Hasil penelitian

Hasilnya, ternyata wanita yang mengendus baju pasangannya mengalami lebih sedikit stres baik sebelum dan sesudah tes, dibandingkan mereka yang mengendus baju orang asing. Menariknya, terlepas dari peningkatan kortisol pada mereka yang mendapatkan baju orang asing itu, para wanita itu sendiri tidak mengatakan bahwa mereka merasa stres.

Pada saat yang sama, mereka yang mengenali bau pasangannya bahkan kurang stres. Ini memberi peneliti alasan untuk berpikir bahwa efek dari bau pacar Anda, bahkan saat dia tidak ada, akan lebih kuat jika Anda tahu bahwa pakaian atau barang itu miliknya.

 

4 dari 5 halaman

Kemungkinan alasan

Ini mungkin terjadi karena proses evolusi. Orang-orang dulu takut pada orang asing, terutama laki-laki. Dan bau orang asing dapat menyebabkan tingkat kortisol menjadi lebih tinggi dan reaksi "lawan-atau-lari", bahkan jika kita tidak menyadarinya.

 

5 dari 5 halaman

Apakah itu bekerja dua arah?

Diasumsikan bahwa wanita memiliki penciuman yang lebih baik dan lebih terpengaruh oleh bau. Dan saat ini, tidak ada penelitian yang dilakukan tentang apakah aroma pacar dapat menenangkan pria.

Tetapi ada alasan untuk berpikir bahwa ini mungkin benar. Ya, Anda mungkin tidak akan pernah melihat seorang pria mengenakan atasan atau kaos milik pacarnya. Namun, banyak pria suka mengendus rambut gadis mereka dan tidur di separuh tempat tidur mereka saat mereka pergi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.