Sukses

Dianggap Bikin Gemuk, Ini 4 Dampak Baik Makan Sebelum Tidur

Meski banyak individu percaya bahwa makan sebelum tidur bisa menyebabkan tubuh bertambah gemuk, tapi kenyataannya sebaliknya.

Liputan6.com, Jakarta - Saat Anda ingin menurunkan berat badan, salah satu yang Anda hindari adalah mengkonsumsi camilan saat malam. 

Meski banyak individu percaya bahwa makan sebelum tidur bisa menyebabkan tubuh bertambah gemuk, tapi kenyataannya sebaliknya. 

Untuk itu, ketahui beberapa fakta yang terjadi saat Anda makan sebelum tidur, seperti melansir dari Bright Side, Kamis (3/3/2022).

1. Membantu menurunkan berat badan

Mengkonsumsi camilan yang sehat sebelum tidur ternyata membantu menurunkan berat badan.

Banyak individu percaya bahwa metabolisme yang lebih lambat saat tidur menyebabkanmu menambah berat badan. Tapi kenyataannya, metabolismemu sama tingginya di malam hari, dan tubuhmu membutuhkan banyak energi saat tidur. 

Padahal, ngemil setelah makan malam bisa membantumu menjinakkan rasa lapar dan menghindari makan berlebihan.

Penelitian telah menunjukkan bahwa hanya dengan mengkonsumsi satu mangkuk sereal dan susu 90 menit setelah makan malam bisa membantumu menurunkan rata-rata 1,85 pon.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

2. Tidur lebih nyenyak

Tidur dengan perut kosong bisa membuatmu tetap terjaga di malam hari, dan tidak cukup tidur bisa menyebabkan beberapa konsekuensi yang tidak menyenangkan, seperti penambahan berat badan dan penyakit jantung. 

Alih-alih membuat dirimu kelaparan, pilihlah camilan ringan dan sehat sebelum tidur untuk menikmati tidur nyenyak yang berkualitas.

 

3 dari 4 halaman

3. Membantu menjaga keseimbangan gula darah

Banyak individu tidak bisa memulai hari tanpa secangkir kopi panas karena penurunan kadar gula darah membuat individu merasa lelah, tidak peduli berapa jam mereka tidur. 

Orang dengan diabetes terbangun di pagi hari dengan gula darah tinggi, bahkan jika mereka belum makan apa pun sebelum tidur. Sementara itu, yang lainnya yang memiliki gula darah rendah di malah hari, itu akan mengganggu tidur mereka. 

Jika Anda terbiasa dengan gejala-gejala ini, cobalah makan camilan di malam hari untuk menyeimbangkan gula darahmu.

 

4 dari 4 halaman

4. Membantu mempertahankan massa otot

Anda rutin menghabiskan berjam-jam di gym, tapi jika Anda tidur dengan perut kosong, itu sebenarnya bisa menyabot semua upayamu. 

Jika Anda merasa lapar sebelum tidur, tubuhmu bisa membuatmu tetap waspada secara mental, yang pada gilirannya akan mempengaruhi metabolismemu dan memperlambat kemampuan tubuhmu untuk mengubah protein menjadi otot.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.