Sukses

Tanda Gejala Omicron yang Dialami Tidak Ringan, Dokter Sarankan Cari Bantuan Bila Alami Ini

Dokter menyarankan Anda untuk mencari bantuan profesional bila alami gejala Omicron yang tidak ringan seperti ini.

Liputan6.com, Jakarta Kasus Covid-19 di seluruh Inggris terus meningkat. Hal ini diperkirakan akibat varian Omicron yang menyebar dengan cepat. Dan, ketika Omicron terus melonjak, orang-orang memperhatikan gejala yang tidak biasa, sebelum dan sesudah dites positif terkena virus. 

Gejala baru yang aneh dari varian Omicron termasuk mata merah muda, konjungtivitis, rambut rontok dan kulit, bibir, dan kuku berwarna abu-abu pucat atau biru. Anda disarankan untuk melakukan tes segera setelah mulai merasakan salah satu gejala utama Covid, yaitu kehilangan atau perubahan indra penciuman atau perasa, suhu tinggi dan batuk baru atau terus-menerus.

Namun, dengan meningkatnya rawat inap, penting untuk mengetahui kapan harus mencari bantuan medis untuk gejala virus corona Anda. Seperti dilaporkan oleh Mirror, Dr Reena Virdi dan Dr Gareth Nye, dosen anatomi dan fisiologi di Fakultas Kedokteran Universitas Chester, memaparkan kapan tepatnya Anda harus berbicara dengan seorang profesional medis.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kapan Anda harus mencari bantuan medis untuk gejala Omicron dan Covid?

Meskipun Omicron secara luas diyakini lebih ringan daripada varian Delta, cara orang bereaksi terhadap virus bervariasi dalam tingkat keparahannya.

Dr Reena Virdi mengatakan kepada Mirror: "Penting untuk mencari nasihat medis jika gejala Anda memburuk dan menjadi tidak terkendali. Misalnya, merasa sesak napas, dada sesak, pusing atau pingsan, terutama saat aktivitas minimal atau saat istirahat."

"Dalam hal ini Anda harus menghubungi dokter umum Anda atau ke unit gawat darurat/panggil ambulans jika gejalanya sangat parah."

Dr Gareth Nye menggemakan ini dan memberi tahu Mirror bahwa tanda peringatan yang menandakan Anda mungkin memerlukan bantuan medis adalah: "Ketika Anda mengalami kesulitan bernapas saat bergerak".

"Ini berarti jumlah oksigen yang masuk ke dalam darah Anda tidak cukup dan dapat membuat Anda lelah, pusing, dan lemah. Jika Anda mencoba dan memaksakannya, pada dasarnya Anda mungkin kehabisan oksigen yang bisa digunakan dan Anda bisa pingsan," dia memperingatkan.

 

 

3 dari 5 halaman

Sulit bernapas hingga tak bisa duduk

Dr Nye menyarankan pasien Covid untuk pergi ke Unit Gawat Darurat ketika "kesulitan bernapas ini memengaruhi Anda saat duduk".

Dia menambahkan: "Tanda bahaya tambahan adalah adanya darah pada batuk, pernapasan Anda tiba-tiba memburuk atau Anda memiliki ruam yang mungkin terkait dengan meningitis."

Jika Anda memiliki oksimeter di rumah Anda, ia menyarankan untuk memeriksa apakah orang tingkat oksigennya turun di bawah 92. Jika ini masalahnya, Dr Nye merekomendasikan untuk mencari bantuan medis.

Dan, ketika datang ke seseorang yang sedang hamil dan dinyatakan positif Covid, ia menyarankan: “Ada baiknya untuk memberi tahu tim bidan Anda, tetapi tanda-tandanya seperti di atas atau tanda peringatan kehamilan normal Anda. Ini termasuk gerakan janin yang berkurang atau pendarahan vagina."

 

 

4 dari 5 halaman

Kapan Anda harus mencari bantuan medis dan bantuan untuk anak-anak dengan Omicron dan Covid?

Dr Gareth Nye mengatakan tanda-tanda darurat untuk bantuan medis pada anak-anak berbeda dengan orang dewasa dengan Covid.

Dia mengatakan untuk memperhatikan hal-hal berikut pada anak-anak dengan coronavirus:

  • Gejala meningitis
  • Berjuang untuk bernapas atau sesak napas
  • Leher kaku
  • Ruam
  • Ingin berada dalam kegelapan
  • Tangan/kaki yang sangat dingin
  • Kulit pucat
  • Mengantuk dan sulit dibangunkan

Bagaimana gejala Covid dapat bervariasi untuk orang yang divaksinasi dan tidak divaksinasi?

Ada berbagai alasan mengapa orang mungkin mengalami gejala yang berbeda untuk virus corona, mulai dari orang yang memiliki kondisi yang mendasarinya dan status vaksinasi mereka hingga mereka menangkap jenis virus yang berbeda.

5 dari 5 halaman

Infografis

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    Omicron

  • Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.
    Setelah Covid-19 varian Delta dan Delta Plus, kini varian Omicron menimbulkan kekhawatiran di berbagai negara.

    varian omicron