Sukses

Gajah Sumatera Ditemukan Mati di Aceh Utara, Apa Penyebabnya?

Seekor Gajah Sumatera ditemukan mati di sekitar hutan produksi Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara.

Liputan6.com, Jakarta - Seekor Gajah Sumatera ditemukan mati di sekitar hutan produksi Kecamatan Nisam Antara, Kabupaten Aceh Utara. Dikutip dari Merdeka.com, seusai dilakukan nekropsi (bedah bangkai), satwa liar itu diduga mati karena tertusuk gading gajah lainnya.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh, Agus Arianto menyatakan, ada luka di beberapa bagian tubuh gajah Sumatera itu. Luka-luka tersebut ditemukan di sekitar dada, perut, mata, dan pangkal paha. Luka tersebut diduga adalah bekas luka tusukan gading.

Hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) yang dilakukan personel Satreskrim Polres Lhokseumawe tidak ditemukan benda-benda mencurigakan.

"Jadi dugaan penyebab kematian gajah ini akibat perkelahian sesama gajah liar," kata Agus, Rabu (23/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mati Akibat Berkelahi

Penyebab kematian gajah itu diduga alamiah, meski telah dilakukan nekropsi serta olah TKP. BKSDA Aceh pun tetap akan mengambil sampel beberapa organ tubuh satwa dilindungi ini untuk dicek di laboratorium.

"Ini untuk memperkuat dugaan kita, apakah benar gajah itu mati karena berkelahi dengan sesama gajah liar lainnya," ujar Agus.

3 dari 4 halaman

Bangkai Sudah Membusuk

Agus menjelaskan, usia Gajah Sumatera yang mati itu diperkirakan 10 atau 12 tahun dan berkelamin jantan. Gajah itu diperkirakan telah mati sekitar sepekan lalu, sebab kondisi bangkai sudah mulai membusuk. Meski begitu, kedua gading gajah tersebut ditemukan masih utuh. 

"Sementara sepasang gading gajah itu masih utuh," ujarnya.

4 dari 4 halaman

Infografis Akhir Tragis Anak Gajah Usai Belalai Nyaris Putus Terkena Jerat

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.