Sukses

Tak Banyak yang Tahu, 6 Manfaat Kakao Bagi Kesehatan Tubuh

Kakao adalah bubuk yang dibuat dari bijinya dengan cara dihancurkan dan dihilangkan lemaknya.

Liputan6.com, Jakarta - Cokelat menjadi salah satu camilan yang disukai hampir semua individu. Namun, hanya segelintir individu yang menyadari manfaat kakao bagi kesehatan tubuh.

Kakao adalah bubuk yang dibuat dari bijinya dengan cara dihancurkan dan dihilangkan lemaknya. Ini pertama kali digunakan oleh bangsa Maya dan kemudian diperkenalkan ke Eropa, di mana kakao digunakan sebagai obat pada masa itu. 

Untuk itu, sudah saatnya kita mencoba untuk menggunakan kakao sebagai obat. Berikut beberapa manfaat kakao bagi kesehatan tubuh, seperti melansir dari Bright Side, Senin (21/2/2022).

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Meredakan kram menstruasi

Untuk meredakan nyeri kram menstruasi secara alami, makan cokelat hitam adalah solusi yang tepat. Cokelat hitam mengandung kakao pereda ini, yang membawa nutrisi yang disebut magnesium. 

Tubuhmu membutuhkan magnesium agar tetap sehat. Jika Anda mengalami rasa sakit di area seperti pinggul, paha dan perut, magnesium dalam cokelat adalah solusi cepat untuk menenangkan otot-otot rahimmu.

 

3 dari 6 halaman

2. Menurunkan obesitas

Jika Anda mengira kakao menyebabkan kenaikan berat badan, itu ternyata tidak benar. Jika Anda makan cokelat dengan takaran yang benar sebenarnya bisa membantu mengendalikan berat badanmu. 

Kakao termasuk fitonutrien, yaitu zat yang berasal dari tumbuhan dan sangat menyehatkan. Kakao juga rendah lemak dan gula, dan sangat baik untuk meningkatkan tingkat energimu dan sekaligus membuatmu merasa kenyang.

Jadi, jika Anda menginginkan solusi penurunan berat badan yang sehat tanpa merasa lapar sepanjang waktu, bubuk kakao adalah obat alami untuk itu.

 

4 dari 6 halaman

3. Membantu pengidap asma dan alergi

Kakao mengandung dua senyawa khusus yang disebut theobromin dan theophyllin, yang keduanya dianggap anti asma. 

Yang pertama, theobromin, membantu meringankan saluran udara di paru-parumu dan melindungi dari kanker paru-paru karena menurunkan risiko alergi. Sementara teofilin membantu saluran udaramu rileks dan memiliki kualitas anti-inflamasi.

 

5 dari 6 halaman

4. Meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Kakao sangat bagus untuk meningkatkan kekebalanmu karena memiliki kualitas antioksidan yang meningkatkan aliran darah, membuat ususmu lebih sehat, dan menenangkan juga mengatasi stres. 

Ada juga kandungan flavonol dalam cokelat yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, mencegah pembekuan darah dan mengurangi peradangan.

 

6 dari 6 halaman

5. Bermanfaat untuk gigi dan kulit

Kakao sangat bagus untuk melindungi gusimu dari gigi berlubang dan kerusakan gigi. Ini mengandung polifenol yang membantu melawan asam yang menyerang email gigimu (zat putih yang menutupi gigi). 

Kakao tidak hanya membantu gigimu tetap sehat, tapi juga bagus untuk kulitmu. Banyak yang menganggap cokelat menyebabkan jerawat, tapi itu hanyalah mitos.

Faktanya, cokelat sangat bermanfaat untuk kulitmu. Ini dikhususkan untuk perlindungan dari matahari dan hidrasi keseluruhan kulitmu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.